Monday, November 13, 2017

Pengertian Lengkap Istilah Piringan Disket Optik Disk

Pengertian Lengkap Istilah Piringan Disket Optik Disk





Optik Disk - Adalah penyimpanan yang menggunakan cakram sebagai media penyimpanannya baik itu Program, Foto, Video, Game dan lain sebagainya. Disk ini dipopulerkan pada sejak zaman dahulu sebagai media penyimpan lagu dan dapat diputar di media pemutar lagu dengan mudah. Selain harganya yang murah juga dapat dibawa kemanapun anda mau.
Berikut ini adalah jenis dari disk tersebut :
  • Compact Disk (CD)
CD merupakan cakram yang berguna untuk menyimpan data-data yang kecil seperti program kecil, musik, gambar dll sebagainya. ukuran umum dari CD biasany 128mb sampai dengan 2GB
  • Digital Video Disk (DVD)
DVD ini difungsikan fokus untuk data yang besar seperti multimedia yang memang membutuhkan tempat yang cukup ekstra, Namun cakram ini juga dapat digunakan untuk penyimpanan lainnya. ukuran umum dari Disk ini biasanya 3GB sampai dengan 8GB.
  • Read Write (RW)
Read Write adalah julukan hak akses dari Disk tersebut dan dilihat dari artinya maka kita dapat menyimpulkan bahwa hak akses Read dan Write yang artinya dapat dapat dilihat seperti video, gambar, lagu dll. sedangkan Write adalah hak dimana digunakan untuk menghapus ataukah memperbarui data, dan ini seperti fungsi memory pada umumnya yaitu mengedit isi disk. ini akan membuat anda lebih bebas.
  • Read (R)
Read adalah julukan untuk hak akses hanya melihat, maka dapat disimpulkan anda tidak boleh atau tidak berhak mengganti atau mengedit didalam CD dan hanya dapat melihatnya saja. hal ini menguntungkan anda juga merugikan anda di dalam keadaan, Keuntungannya adalah maka data didalam kaset cakram anda lebih aman dari orang yang jahil, namun Kekurangannya apabila anda gagal dalam memasukan data awal contoh data sebenarnya sudah korup sebelum dimasukan maka kaset anda dibilang gagal alias harus dibuang dan diganti yang baru. maka dari itu untuk proses pembakaran(memasukan data ke Disk) harus benar benar sukses dan data juga benar alias tidak korup karena data akan diputar atau dilihat. sekali anda memasukan data maka anda tidak bisa menghapus atau menggantinya dan ini bersifat permanent.

Selain pengertian diatas juga ada kelebihan dan kekurangannya lhoo,
Berikuti ini adalah kelebihan dan kekurangan dari Disk tersebut.

Kelebihan :

1. Penggunaannya yang mudah
Penggunanya mudah karena kita hanya dengan memutar disket maka kita akan dengan mudah menikmati konten yang ada baik itu konten video maupun musik.

2. Harganya Yang Murah
Harga disk yang beredar pada umumnya sangatlah mahal karena menggunakan chips yaitu Flash Disk Atau Memory Disk. dan harga disk paling murah adalah Optic Disk karena bisa dibilang Optic Disk adalah teknologi sebelum Flash Disk dan Memory disk ditemukan, jadi kesimpulan Optic adalah teknologi pendahulu/lama yang tidak terlalu modern dibanding teknologi chips. itulah yang menyebabkan harganya yang miring tersebut. namun masih ada lho pengguna dari Optik drive contohnya untuk data Operating System, Data pribadi, Data Kantor, Data Video Film, Data Game dll sebagainya. Disk ini biasanya dijual mulai harga 5ribu rupiah sampai dengan 25ribu rupiah per keping.

3. Terbebas Dari Virus
Hal ini karena daa yang ada didalam Optic Drive berbeda dengan data didalam Digital yang biasa digunakan oleh Chips, Optic hanya memanfaatkan disket cakram, maka virus untuk memasukinya sangatlah sulit karena berbeda alam hehe. maka apabila anda mempunyai data penting maka saya sarankan untuk mem-backup kedalam Kaset agar aman.

4. Cocok digunakan untuk bisnis data anda
Anda ingin menjual data Film? Game? atau Lagu Rekaman? maka dengan Disk ini sangatlah cocok untuk anda karena harganya yang murah dan semua orang sudah mengerti teknologi ini, ditambah lagi televisi semua mendukung hal ini karena terdapat port untuk CD/DVD kaset hardware.


Selain Kelebihan diatas, ternyaka terdapat kekurangannya lho,
Simak kekurangannya dibawah ini,

Kekurangannya :

1. Patah
Patah merupakan salah satu penyebab yang mengakibatkan kerusakan yang sangatlah fatal, karena data yang tersimpan adalah didalam cakram, apabila patah? maka tidak ada harapan lagi untuk kita, untuk itulah agar kaset data anda aman haruslah disimpan ditempat yang baik dengan media penyimpan yang baik untuk menyimpan kaset.

2. Tergores
Tergores merupakan masalah yang bisa dibilang ringan, namun apabila goresan lebih dari 3 bukan tidak mungkin apabila anda ingin memutar data akan menyebabkan kerusakan data di bagian disk yang tergores menjadi hilang, biasanya ngadat beberapa detik tepat di tempat goresan karena data rusak di bagian itu. apabila banyak? maka kaset tidak bisa digunakan karena data tidak sempurna lagi.

3. Merepotkan
Bentuknya yang besar ketimbang Disk tipe Digital yaitu memory, meka dengan bentuk yang dimiliki tersebut dapat menjadi beban anda dalam membawa barang-barang anda. karena akan memakan banyak tempat dikarenakan ukurannya yang ekstra besar.

4. Pembakaran Yang Lama
Berbeda dengan teknologi terbaru sekarang yaitu memori untuk memasukan data tinggal meng-copy data kedalam disk, Namun berbeda dengan Optic Disk. Optic Disk harus melewati tahap Burn(membakar data) agar data dapat masuk kedalam disk, karena code data akan dirubah kedalam code disk sendiri, apabila ukuran data anda 1GB lebih maka akan dapat dipastikan dalam proses Burn bisa memakan waktu 30menit lebih. Sedangkan Copy 1GB bisa memakan 10menit lebih bahkan kurang kalau teknologi sudah Hard Disk.



Itulah Pengertian Lengkap Piringan Disket Optik Drive Yang sudah saya sampaikan secara cukup lengkap diatas.
Saya harap anda bisa memahami, anda bisa lebih tahu, dan semoga hal yang saya berikan ini dapat memberikan manfaat untuk anda dilain waktu.

Jangan lupa Share dan Subscribe.
Sekian dan Terimakasih.



Kata Kunci Terkait :
  • Pengertian CD Lengkap
  • Pengertian DVD Lengkap
  • Pengertian CD RW Lengkap
  • Pengertian DVD RW Lengkap
  • Pengertian Optical Disk Lengkap
  • Kegunaan CD dan DVD
  • Istilah CD dan DVD
  • CD dan DVD
  • RW dan R
  • Pembakaran Disk
  • Burn CD dan DVD




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments