Wednesday, November 22, 2017

Warna Kabel Konektor RJ45 Straight Dan Cross

Warna Kabel Konektor RJ45 Straight Dan Cross





Kabel Konektor RJ45 - Merupakan salah satu media yang digunakan didalam jaringan untuk menyampaikan suatu arus jaringan, sedangkan RJ45 sendiri bertugas untuk jembatan antara keduanya yaitu port dan juga kabel UTP(Unshielded Twisted Pair),

Namun anda tidak serta merta didalam memasang konektor tersebut kepada kabel UTP, karena ada dua macam cara yang dapat anda tempuh sebelum anda mengupas kabel dan menjodohkannya dengan konektor yaitu pemasangan secara Cross (Menyilang) dan secara Straight (Lurus), adapun kedua cara tersebut bukan serta-merta juga dijadikan standard pemasangan komponen RJ45 karena kedua hal tersebut berguna sesuai kebutuhan yang anda inginkan,

Apabila anda berkeinginan untun keperluan berbeda device maka anda lebih cocok untuk menggunakan Straight Pengkabelan,

Namun apabila anda mempunyai keinginan untuk menggabungkan jaringan yang sama antara router satu dengan router sama lainnya maka anda dapat menggonakan Cross Pengkabelan.

Karena pada dasarnya perbedaan warna dari kabel UTP mempengaruhi arus, karena perbedaan warna tersebut juga memiliki ketebalan tembaga yang berbeda-beda, ada yang mempunyai hambatan kecil dan ada yang mempunyai hambatan sedang dan ada pula mempunyai hambatan tertinggi, maka dari itu pewarnaan dari kabel tersebut agar manusia bisa mengategorikan sebagai Cross atau Straight, karena apabila asal-asalan maka yang tejadi adalah miss-installation alias gagal total harus memotong bagian leher dari kepala konektor untuk diganti dengan konektor lain.

Apabila anda mempunyai permasalahan didalam penglihatan maka anda dapat menanyakan warna apa saja yang sedang terlihat ditangan saya ini maaf karena saya buta warna, maka niscaya orang tersebut akan membantu anda menyebutkan warnanya.

Selain itu dialam installasi, banyak syarat yang harus dipenuhi agar didalam pengkabelan menjadi sangat baik dan menjadikan kabel lebih awet adalah pada saat memasukan kabel kedalam UTP harap check apakah warna sudah benar, apabila sudah maka hal selanjutnya adalah penyelundupan( hal ini agar ujung dari kabel mentok ke ujung konektor RJ45 supaya tidak terjadi permasalahan kelak apabila kabel sering di torak-tarik oleh seseorang, maka apabila anda tidak memaksimalkan sampai menyentuh ujung dari konektor maka dapat dipastikan akan tercopot tanpa sepengetahuan anda.
Selain itu anda harus menekan dengan keras Tang Crimping supaya pengkabelan kuat dan tidak mudah tergoyahkan.

Apabila anda sudah memasangnya dengan baik maka kabel yang sudah anda pasang tersebut dapat segera digunakan untuk dapat beroperasi secara langsung pada hardware yang dimaksud melalui port RJ45.

Untuk penempatan kabel harap di lewatkan tembok baik ditengah tembok atau di tembok bagian atas, ini bertujuan karena tikus dapat memakan dan merusak pada bagian tengah kabel UTP yang anda miliki, hal ini dapat tejadi karena UTP(Unshilded Twisted Pair) mempunyai pelindung yang terbilang tipis dan dapat dengan mudah terkelupas hanya karena gigitan tikus, selain itu apabila kabel sudah terkelupas, bukan hal sepele lagi untuk anda karena apabila air dapat masuk kedalam kabel maka hal tersebut dapat merusak kabel yang mempunyai warna bahkan membuat arus data memburuk atau bahkan terjadi Disfungsional pada kabel.

Anda bisa membeli peralatan untuk melindungi kabel UTP di toko komputer, hal ini akan melindunginya namun harus tetap ditempatkan di tembok satu meter dari atas tanah agar tikus tidak dapat menjangkaunya.
Adapun warna dari pengkabelan baik Cross maupun Straight adalah sebagai berikut ini :

Berikut Warna Dari Pengkabelan RJ45 Cross

Ujung A :                                    Ujung B :
1. Putih-Orange                           1. Putih-Hijau
2. Orange                                     2. Hijau
3. Putih-Hijau                              3. Putih-Orange
4. Biru                                          4. Biru
5. Putih-Biru                                5. Putih Biru
6. Hijau                                        6. Orange
7. Putih-Coklat                            7. Putih-Coklat
8. Coklat                                      8. Coklat


Berikut Warna Dari Pengkabelan RJ45 Straight

Ujung A :                                    Ujung B :
1. Putih-Orange                           1. Putih-Orange
2. Orange                                     2. Orange
3. Putih-Hijau                              3. Putih-Hijau
4. Biru                                          4. Biru
5. Putih-Biru                                5. Putih Biru
6. Hijau                                        6. Hijau
7. Putih-Coklat                            7. Putih-Coklat
8. Coklat                                      8. Coklat


Itulah warna standard yang digunakan didalam penginstallan jaringan menggunakan konektor RJ45 sebagai perantara penghantarnya,
Apabila anda mengalami banyak kesalahan didalam pemasangan konektor kepada UTP maka dapat dihitung berapa kesalahan anda dan berapa perbiji harga konektor maka akan terlihat kerugian yang anda alami.

Demikian yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat untuk anda,
Sekian dan Terimakasih.



Kata Kunci Terkait :
  • Warna Pengkabelan RJ45
  • Warna RJ45 Cross
  • Warna RJ45 Straight
  • Warna Konektor RJ45 UTP
  • Warna Konektor UTP RJ45
  • Cara Menggunakan RJ45
  • Cara Memasang RJ45
  • Cara Krimping Kabel RJ45
  • Cara Crimping Kabel RJ45
  • Crimping RJ45
  • Cara Mudah Crimping RJ45




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments