Friday, December 1, 2017

Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Android Studio

Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Android Studio





Android - adalah salah satu Handphone yang sekarang ini dangat disukai anak-anak sampai remaja bahkan dewasa, karena kecanggihannya membuat semua orang merasa terbantu olehnya.
Sebelumnya HP ini belum terkenal dan mulai diperkenalkan di awal tahun 2014.
Sebelumnya pesaingnya adalah merk-merk ternama seperti Nokia, Siemens, Motorola, Samsung, dll merk lainnya.
Namun setelah Android merebut hati para pengguna barunya maka semua merk berbondong-bondong untuk mengganti produk unggulnya masing-masing dengan OS Android tersebut. Bahkan windows ikut serta didalamnya tahun lalu dengan produknya.

Android studio merupakan aplikasi yang diperuntukan dalam pembuatan khusus aplikasi android. dan fitur didalamnya juga tak kalah banyak daripada lainnya, selain itu juga aplikasi ini sangat memudahkan penggunanya yang ingin belajar membuat android tersebut menjadi tidak terlalu ribet karena fiturnya yang dapat dimengerti dan difahami terlebih lagi klik sana klik sini dapat menghasilkan aplikasi yang terbilang kalau dikerjakan manual pasti capek. tapi tidak dengan Android Studio mempermudah penggunanya.

Selain itu terdapat fitur yang unik yaitu saat pertama membuat ingin blank ? atau ingin ada setting? atau ingin ada menu bar ? atau ingin dikhususkan untuk iklan kalian? atau masih banyak yang lainnya.

Ada juga fitur apabila ada coding kesalahan dalam penulisan maka akan diberitahu pada baris dan syntax nomor line berapakah yang error.
Terlebih lagi dalam compilenya kalian tidak usah repot-repot menggunakan aplikasi lain untum merecodenya menjadi signed APK, karena aplikasi ini sudah di desain setelah project anda rampung maka akan dengan cepat anda mengcompile dengan waktu yang tidak terbilang lama, cukup 10 detik untuk 200kb dan cukup 1 menit untuk file lebih dari 30mb.

oke langsung saja saya menjelaskan bagaimana cara membuat aplikasi menggunakan aplikasi ini,


Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Android Studio


Pertama,
Kalian harus download Android Studio beserta JDKnya.
Perlu diingat juga bahwa hardisk kalian harus kosong sekitar 100-200 GB. dikarenakan aplikasi ini projectnya sangat besar namun tenang APK yang dihasilkan bukan seperti project kok, karena project berisi builder gambar logo dan coding kalian makanya ukurannya sangat besar.

Kedua,
Buka dan Pilih File > New Project




Setelah itu kalian akan menjumpai tampilan sebagai berikut :



Untuk aplication Name : isikan sesuai keinginan kalian mau buat aplikasi apa
Company name juga bebas terserah kalian kemudian klik next

Lalu akan tampil sebagai berikut :


1). Apabila target kalian Android Handphone Dan Tablet maka centang bagian seperti gambar diatas, kemudian pilih System Operasi apa yang akan menjad patokan minimum,
Contoh :
Gingerbread adalah versi 2.3
Ice Cream sandwitch adalah 4.0

maka, apabila sobat memilih Ice Cream Sandwitch sebagai minimum maka apabila ada pengguna yang menginstall aplikasi sobat yaitu OS dia adalah Gingerbread maka aplikasi otomatis tidak mau jalan karena kalian sudah menetapkan minimum adalah ICS (versi 4.0) jadi yang dapat membuka aplikasi kalian adalah 4.0 keatas.

2). Untuk Wear Saya belum seberapa Faham (Kalian bisa memberi saran di komentar, akan saya cantumkan)

3). TV adalah diperuntukan untuk TV yang bersystem operasikan android.

Jika kalian hanya menargetkan Handphone dan teblet maka saya sarankan saja satu sudah cukup. agar file project tidak terlalu besar.

jika sudah klik next


Kemudian akan tampil seperti berikut ini :


Untuk pemula saya sarankan empty activity saja yang nantinya kalian akan memasukan apa saja terserah, atau juga boleh basic activity agar tidak monoton.

kemudian klik next

Lalu akan tampil tampilan seperti dibawah ini :


untuk ini biarkan saja karena ini file utama, karena main activity.
kalau kalian sudah ahli saya rasa boleh, tapi kalau ada error berarti kesalahan kalian karena kalian yang merubahnya.
dan sampai disini klik finish maka, semua sudah selesai dalam persiapan untuk pembuatan aplikasi kalian, setelah ini tergantung kreatifitas dan seni kalian dalam membuat aplikasi berawal. tetap semangat untuk bisa membuat aplikasi keren meski sesulit apapun kita tidak boleh menyerah begitu saja. Tetap Semangat Sobat !!..

Setelah kalian klik finish kemudian tunggu sekitar 2 menit biarkan aplikasinya membuat builder aplikasi untuk sobat, terbilang lama memang karena buildernya tidak main main, empety activity saja berukuran 30mb..

maka jika selesai akan terlihat seperti gambar dibawah ini :


maka kalian tinggal mengubah sesuai selera dan kreatifitasnya harus bermunculan hehe. untuk pemula error adalah wajar nantinya akan bisa sendiri kalau sudah menguasai,
saya sarankan apabila kalian ingin sekali ahli dalam membuat aplikasi android kalian harus memahami dan belajar dasar-dasar dari pemrograman java terlebih dahulu.

Tambahan : Sebenarnya saya juga ingin kuliah suatu saat ambil jurusan pembuatan program android, karena apa ? android bisa dijadikan ladang uang dengan dipasangi iklan kita.
maka apabila lulus dari universitas, tidak perlu berfikir mau kemana dan kerja dimana.
dengan membuat aplikasi edukasi dan permainan ataupun tools sudah dapat mengantongi uang apabila aplikasi kita digunakan secara otomatis iklan kita bermunculan dan uang pun datang.

Tapi entah, sampai kapan saya juga tidak tahu habisnya tren android itu sampai kapan ? dan kapan-kapan digantikan oleh teknologi seperti apa ?
Teknologi adalah misteri :D



Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan.
Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang pada saat ini ingin sekali membuat dan belajar tentang cara membuat aplikasi android sendiri sesuai selera.
Apabila ada kekurangan dalam saya menyampaikan isi artikel saya mohon maaf dan tolong di benarkan di bawah ini.
Sekian dan Terimakasih.



Kata Kunci Terkait :
  • Cara Membuat Aplikasi Android
  • Cara Menggunakan Android Studio
  • Cara Membuat Aplikasi Di Android Studio
  • Awal Menggunakan Android Studio
  • Android Studio Tutorial
  • Cara File Android Studio
  • Android Studio Tutor Membuat Aplikasi
  • Cara Simpel Membuat Aplikasi Android
  • Cara Mudah Buat Aplikasi Andorid
  • Cara Membuat Aplikasi Di Android Studio




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments