Friday, December 8, 2017

Cara Mempercepat Loading Website Sendiri

Cara Mempercepat Loading Website Sendiri





Jumpa lagi dengan saya. Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana Cara Mempercepar Loading Pada Website Kita Masing-Masing.

Kecepatan Website - Sebagai seorang Developers Website kita dituntut untuk membuat website yang keren, kemudian fungsi yang menarik dan tidak kalah pentingnya adalah kecepatan dalam pengaksesan website tersebut juga mempunyai nilai tersendiri dimata pengunjung.

Terlebih lagi, Google mengganggap kecepatan website merupakan hal yang sangat diharuskan karena itu adalah sisi kenyamanan pembaca dalam mengunjungi website anda. pada zaman dahulu apabila seseorang mengunjungi website namun loading speed lebih dari 5 detik maka tak lama pun pengunjung tersebur kabur mencari referensi yang lain daripada punya anda.

Tetapi untung saja sekarang zaman menjadi lebih modern dan koneksi pada kafe, warnet, wifi.id, atau mall bahkan rumah anda sudah sangat cepat internetnya. tapi tak dapat dipungkiri selain berkembangnya telekomunikasi juga berkembangnya fitur yang besar dan bagus dan menjadikan website kita tetap lelet, yaitu video streaming, animasi, camera webcam, dan lainnya yang dulu tidak ada.
Berikut ini adalah cara yang tepat dalam menangani website agar menjadi cepat :

1. Target Visitor


Apabila Target anda adalah indonesia maka cukup dengan meletakan server di indonesia saja, karena anda tidak perlu merogoh kocek dalam untuk membeli server luar negeri padahal target pengunjung anda hanya orang indonesia karena konten anda adalah berbahasa indonesia. maka dari itu untuk menjadi developers yang cerdas bukan hanya memperhatikan kecepatan saja namun target yang tepat dan pemilihan jasa server juga dapat mempengaruhi biaya yang anda keluarkan, banyak kok diluaran sana server yang murah betebaran.

2. Webhosting


banyak sekali webhosting yang tersebar di dunia ini dan harganya relatif murah, bahkan ada yang 10ribu per bulan yang bahkan kalian memakai uang tersebut seminggu saja kurang untuk hidup dikota manapun yang ada di indonesia. Namun anda juga harus selektif dalam memilih karena tak semua jasa yang murah meriah mau bertanggung jawab akan kendala yang dihadapi usernya seperti serangan, dan tak tentu juga Webhosting mahal harganya juga selalu terbaik dan mau menangani saat ada masalah down server. makanya anda harus bijak dalam memilih server yang terbaik dan saya sarankan anda bertanya dahulu atau mencari info dengan sesama teman, kerabat, dll sebagainya untuk bertanya dimanakah jasa webcloud yang enak dan nyaman.

3. Gunakan Reverse Proxy Pada Website


Reverse proxy adalah sebuah proxy yang ditempatkan di depan website yang bertujuan untuk memperantarain user-server jadi terlihat lebih ringan dan tak sepenuhnya membutuhkan script terus saat mengunjungi, jadi website akan berjalan lebih cepat pada device yang sudah pernah mengunjungi website anda sebelumnya. dan berguna sebagai cache website dalam penyimpanan data yang pernah user akses.

4. Memperhatikan Berat Gambar


Sebelum kita mengupload gambar yang akan kita jadikan bahan materi ataupun lainnya itu, pastikan terlebih dahulu bahwa gambar yang anda punya tersebut adalah ringan, sekitar 50-500kb, karena percuma apabila website anda cepat tetapi dalam pemberian konten anda memasukan konten yang terbilang berat, jadi semula website anda kecepatannya berjalan 90% dalam presentase kecepatan dan setelah anda upload gambar dan konten-konten anda menjadi 50% dan sangat lelet adalah hal yang sangat buruk, jadi perhatikan terlebih dahulu apakah konten anda ringan atau berat terlebih dahulu sebelum anda masukan.

5. Letak File


Memang, untuk menghemat SpaceDisk adalah dengan meminjam konten orang lain contohnya gambar google, IG, atau website penyedia gambar lainnya. Memang membantu dalam penghematan DiskServer dengan cara cukup memasukan url gambar maka akan tampil, namun hal tersebut dapat menjadikan website anda tidak cepat dikarenakan website anda saat dikunjungi akan diminta url gambar dari gambar yang dimuat, maka semakin sering anda memasukan konten dar url website lain maka DNS anda akan terbebani karena setiap kunjungan akan selalu diminta alamat berkali-kali.

6. Pengkodean


Pengkodean merupakan hal yang paling penting, karena dengan adanya anda sebagai Developers website maka website anda terbangu, namun yang patut diperhatikan adalah bagaimana anda bisa membuatnya menjadi lebih cepat. berikut ini adalah contoh pengkodean yang buruk dan pengkodean yang baik :

Pengkodean Yang Buruk :
print "<h2> Database </h2>";
while($rows=mysql_fetch_object($result)){
echo '<tr>';
echo '<td>; $nomor ';
echo '</td>';
echo ' $rows ->; nama</td>';
echo '<td>; $rows ->; username</td>';
echo '</tr>';
$nomor++;
}

Pengkodean Yang Baik :
<h2>Database</h2>
<?
while($rows=mysql_fetch_object($result)){
?>
<tr>
  <td><?=$nomor ?></td>
  <td><?=$rows ->nama;?></td>
  <td><?=$rows ->username;?></td>
</tr>
<?
$nomor++;
}
?>

coba anda perhatikan kedua code diatas, sekilas adalah sama namun efek kepada kecepatan website adalah berbeda,
Keterangan : 

Merah Cerah adalah kode yang selalu diakses dan harus dijalankan oleh server karena merupakan code pengikat jadi kalau sudah tidak mengunjungi maka browser kita akan melupakan code yang diikat, kalau dikunjungi lagi maka akan tetap mengunduh konten tersebut kembali.
Merah Redup adalah kode yang diikat dan selalu diakses dengan cara mengunduhnya berulang-ulang, serta belum lagi ditambah dengan data sringnya.
Biru adalah kode dimana tidak selalu di minta, Contoh : kita sudah mengunjungi situs A dan 10 menit lagi kita mengunjungi situs A maka browser akan ingat tentang pengkodeannya menggunakan Biru sehingga yang dibutuhkan hanyalah Data String untuk kemudian ditampilkan, jadi lebih efisien.
Kuning merupakan sytax yang dibutuhkan saat mengunjungi site untuk mengakses data.
Hijau dan Highlight merupakan data.


Tips Untuk Yang Ingin Menjadi Desainer dan Developers Terbaik :
  • Jangan Menggunakan Table Layout pada website namun gunakanlah CSS Layout
  • Jangan Menampilkan konten yang tidak perlu walau kalian menganggapnya keren untuk dijadikan sebagai konten di Homepage, Tampilkan konten di homepage seperlunya saja.
  • Jangan terlalu banyak gambar yang berat
  • Selalu Optimasi/Awasi kecepatan website anda dengan Google Webmaster atau tools lainnya yang dapat membantu anda mengawasi kecepatan dan load website.


Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan dalam tutorial Cara Mempercepat Loading Website Sendiri. ini dapat kalian praktikkan untuk menjadi Developers dan Desainer website yang baik.
Semoga dengan artikel diatas dapat membantu kalian yang ingin sekali membuat website anda bergerak lebih cepat, tidak membuat pengunjung kabur dan juga menjadi lebih friendly interface user.
Sekian dan Terimakasih.



Kata Kunci Terkait :
  • Cara Mempercepat Loading Website
  • Cara Mempercepat Loading Blogger
  • Mempercepat Loading Website
  • Mempercepat Loading Blogger
  • Tips Mempercepat Loading Website
  • Tips Mempercepat Loading Blogger




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments