Tuesday, December 5, 2017

Cara Merawat Komputer Dan Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Komputer Dan Laptop Agar Tidak Cepat Rusak





Kali ini saya akan membahas tentang cara bagaimana untuk merawat Komputer kita baik itu laptop atau PC.
Siapa yang tidak tahu komputer?
Pasti tahu semua lah yah..

Komputer adalah perangkat hardware yang dibuat sebelumnya untuk membantu pekerjaan manusia, komputer adalah perkembangan dari kalkulator. Selain alat ini pintar juga dapat bermanfaat sekali dalam membantu kegiatan sehari-hari oleh seorang pengusaha dapat menjajakan dagangannya melalui sosial media ataupun situs pengiklan seperti Google adsense. lalu ada ibu rumah tangga juga selain memanfaatkan untuk mencari resep juga kerap sekali membeli dari media online shooping karena lebih mudah juga hemat waktu kalian dan tenaga. lalu ada lagi oleh remaja yang memanfaatkan komputer untuk mencari pasangan di media sosial wah waah.. hati-hati yah sobat.
Dan juga digunakan anak-anak untuk sebagai media edukasi dan pembelajaran sekaligus hiburan untuk semua kalangan.
Terlebih lagi komputer sangat di butuhkan oleh pegawai bank, perusahaan, instansi pemerintah, dan juga rumahsakit ataupun lainnya.

maka dari itu komputer merupakan alat mesin yang sangat canggih dan digemari masyarakat seluruh dunia tak terkecuali masyarakat indonesia.
selain mudah untuk digunakan juga bisa dijadikan sebagai lahan penghasil uang apabila anda mempunyai bakat tersendiri di dalam komputer sebagai jasa apapun itu.

Selain spesifikasi dan kapasitas yang dimiliki komputer tersebut juga sangat penting untuk kelancaran dalam penggunaannya. karena apabila kapasitas yang dimiliki kecil maka apabila file yang kalian unduh atau salin ke komputer saat komputer dalam keadaan penuh maka komputer tersebut akan menolak file anda. pasti kalian geram bukan atau tidak kecewa dan bete padahal mau selesai unduh.

Selain kapasitas dari drive juga harus diimbangi dengan kapasitas RAM agar saat dalam penggunaan tidak terjadi " Not responding " yang disebabkan oleh ram juga yang dalam keadaan full lalu ditolaklah dari Threath atau Cache kalian.
Lalu VGA juga tak kalah berperan penting agar saat kalian sedang menonton video maka kalian akan merasakan kelancaran dalam menjalankannya dan juga Grafik yang cerah, terlebih lagi yang suka main game.

Kemudian ada Speaker yang sangat penting sebagai alat sound, apa jadinya apabila dalam satu bulan kalian tak mendengarkan alat elektronik mengeluarkan suara?
Contoh: Laptop/PC, HP, MP3, TV, dll.

maka dari itu sound juga sangat penting pada komponen komputer.
Lalu Hardware lainnya yang sangat banyak dan tidak mungkin saya bahas disini.
Namun yang menjadi masalah adalah?
Lalu, Bagaimana apabila salah satu dari mereka Rusak? atau Error?

Maka dari itu saya akan membahas agar kalian dapat meminimalisir salah satu itu dapat menjadi rusak. berikut ini adalah cara agar Komputer atau Laptop kita menjadi tahan lama dan tidak mudah error :

Cara Merawat Komputer Agar Tidak Cepat Rusak

berikut merupakan beberapa tips yang saya ketahui untuk merawat komputer agar tidak cepat rusak dan awet dalam jangka waktu yang lama. Namun perlu kalian sadari, cara dibawah ini tidak 100% membuat komputer kalian tidak pernah error sekali pun. karena tidak ada system yang benar-benar sempurna. hanya kitalah yang dapat berusaha menjaganya dengan cara meminimalisir kerusakan tersebut.

1. Jangan Tekan Tombol Shutdown Langsung



Jangan pernah mematikan komputer dengan cara menekan tombol shutdown dengan cara ditahan, dan juga jangan pernah mematikan komputer dengan cara langsung mencabut stop kontak dari steeker atau langsung mencabut konektor cash laptop. karena selain mesin masih berjalan juga masih banyak program yang berjalan, meski kita tidak membuka apa-apa namun pada taskmanager komputer kita sedang membuka lebih dari 10 program yaitu booting, jaringan dan diantaranya adalah system. apabila kalian langsung melepaskan power dengan cara mematikan dengan tombol power/langsung mencabut stop kontak. maka dapat membahayakan system 75% dan 25% hardware kalian. Cara paling benar adalah dengan cara Start (Pojok Kiri Bawah) > Shutdown.

2. Awas Benda Cair



Jangan Menaruh benda yang mudah mencair seperti ES atau Minuman Cair di dekat komputer atau laptop anda. agar hal yang tidak kita inginkan bisa terhindari seperti tumpah dan mrembes ke dalam komponen cairannya.

3. Awas Benda Magnetik



Jangan Menaruh benda yang mengandung Magnetik seperti Handphone, Radio, TV, Headset, dll jaga jarak minimal paling dekat adalah satu jengkal dari komponen komputer tersebut.

4. Gunakan Anti Virus



Gunakan Antivirus agar drive kalian terhindar dari kerusakan karena terserang terinfeksi virus. dan scan secara rutin setiap hari karena virus internet dapat masuk dan menyerang kapan saja dan dimana saja. Makin sering makin bagus untuk hardisk dan system komputer kalian.

5. Pembersihan



Bersihkan bagian dalam dari komponen komputer kalian dengan menggunakan kain yang halus dan juga menggunaakan Kuas cat berukuran kecil. yaitu RAM, Headsing, Motherboard, dll
untuk bagian luar kalian bisa dengan menggunakan kain yang dibasahi cairan pembersih khusus elektronik dan pastikan air tidak terlalu banyak, kemudian lapkan pada Monitor atau keyboard dan bagian lainnya yang diluar daripada komponen.

6. Checking Data



Lakukan pengecekan data installasi aplikasi, pastikan tidak ada aplikasi asing yang terinstall, karena sekarang internet klik sana klik sini sudah dapat langsung menginstall aplikasi meski kita tidak menginginkannya. apabila ada maka hapuslah aplikasi asing tersebut agar komputer kalian saat sedang pengoperasian menjadi tidak lemot dan terasa lancar. itu bertujuan dalam memperingankan kinerja RAM komputer kita.

7. Checking Disket



Tinjau isi dalam hardisk kalian, karena apabila ada file asing yang masuk setiap hari dan menumpuk itu akan menjadikan hardisk kalian menjadi berkurang kapasitas yang kosong, dan kalian akan merasakan apabila kalian sedang ingin mendownload file besar dan kalian baru sadar saat sudah 99% hardisk kalian tidak mencukupi, hayo.. gimana perasaan dari kalian hehe ada yang kesel pasti juga ada yang bingung.

8. Bekukan System



Agar tidak terjadi data system yang korupt atau hilang karena suatu aktivitas, maka saya sarankan kalian menggunakan program yang dapat membekukan file system. jadi meski kalian menghapus secara sengaja file system atau karena suatu aktivitas kalian atau karena memang dari aplikasi yang berbahaya dapat menghapus file system, maka apabila kalian sebelumnya sudah memasang aplikasi pembeku file system diapa-apain file system kalian saat sesudah kalian restart kembali maka akan kembali pula data file system kalian menjadi seperti semula waktu dipasang aplikasi tersebut.

9. Awas Program Berbahaya Bagi Komputer



Jangan pernah sering membuka aplikasi yang tidak kalian tahu asalnya dan keamanannya untuk system anda, masalnya banyak sekali file yang tersebar seperti crack atau apapun yang bersifat unik, membantu, menggiurkan, namun didalam berisi file trojan yang dapat membahayakan system anda.

10. Bijak Dalam Pengoperasian



Selalu berhati-hati dalam mengoperasikan komputer karena brainware(pengguna) yang baik adalah pengguna yang memperlakukan Hardware Dengan baik. Apabila sedang tidak menggunakan atau bepergian harap matikan sekring dan jangan nyalakan komputer agar tidak terjadi hal yang memicu kebakaran. Anda juga harus menggunakannya dengan bijak dan tidak digunakan sebagai media kejahatan, dan salah satu saran yang paling baik adalah dapat anda gunakan sebagai media infomasi yang anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup anda seperti belajar.


Itulah Tips dari saya tentang Bagaimana Cara Merawat Komputer Dengan Baik Agar Awet, Tidak Lemot Dan Tidak Cepat Rusak.
Semoga dengan artikel yang saya tulis ini dapat membantu kalian untuk menjadi pengguna yang cerdas,hemat dan juga bijak dalam memperlakukan komputer agar tidak bolak balik ke toko untuk service dan paling penting hemat biaya.
Sekian dari saya dan Terimakasih.



Kata Kunci Terkait :
  • Cara Merawat Komputer
  • Merawat Komputer Dengan Bijak
  • Cara Merawat Komputer Secara Baik
  • Cara Tepat Merawat Komputer
  • Cara Merawat Laptop
  • Merawat Laptop Dengan Bijak
  • Merawat Laptop Dengan Baik
  • Merawat Laptop Supaya Tidak Rusak
  • Cara Merawat Leptop Supaya Tidak Cepat Rusak
  • Tips Merawat Laptop
  • Tips Merawat Komputer
  • Cara Perawatan Laptop
  • Cara Perawatan Komputer
  • Perawatan Hardware dan Software Komputer
  • Perawatan Hardware dan Software Laptop




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments