Sunday, December 24, 2017

Cara Merawat Mouse Komputer Supaya Awet

Cara Merawat Mouse Komputer Supaya Awet





Kali ini saya akan membahas tentang Mouse dan cara Merawat mouse agar Menjadi Awet.

Mouse - adalah alat yang digunakan di Operating System yang berbasis GUI (Ghrapically User Interface) dan bentuknya yang besar di bagian belakang dan semakin kedepan mengecil menjadikannya julukan imut yaitu tikus atau mouse, fungsi utama mouse adalah untuk menggerakan mouse yang ada dilayar sesuai perintah anda. selain itu apabila mouse bagus juga akan terasa enak apabila anda menggunakannya. namun apa jadinya apabila anda jarang sekali merawat bahkan membiarkannya berserakan. itu adalah tindakan yang didak baik untuk hardware tersebut.

apabila anda menjaganya dengan baik maka bisa dipastikan mouse anda akan selalu baik-baik saja.
berikut ini adalah tips dan cara merawat mouse komputer anda :

1. Cabutlah USB Mouse Saat Tidak Terpakai


Dengan cara mencabut maka tidak akan ada aliran listrik yang tetap masuk, karena adanya aliran tetap masuk menjadikan komponen mouse secara terus menerus dialiri 24 jam maka dapat menyebabkan rusak apabila dibiarkan sampai terus menerus.

2. Gunakan Alas Mouse Yang Baik


Selain itu Alas mouse juga mempengaruhi kinerja pada mouse, apabila tekstur dan lapisan dasar dari Alas tidak rata atau tidak halus maka saat menggerakan mouse anda akan merasa terganggu karena tidak lacar, selain itu ketidaklancaran dalam penyensoran juga mempengaruhi kinerja dan dapat merusak sensor apabila hal tersebut terus terjadi.

3. Gulung dengan baik kabel mouse


Penggulungan kabel pada mouse memang sangat sepele, namun apabila terjadi kerusakan pada kabel mouse anda maka anda akan merasakannya dan baru menyadari betapa pentingnya kabel itu. apabila anda menggulung seenaknya kabel maka jangan harap suatu saat kabel anda selalu baik-baik saja.

Karena penggulungan kabel yang salah dapat memutus dan merusak bagian wired didalam kabel apabila tertekuk terlalu tajam tekukannya, Cara penggulungan yang baik dan benar adalah membentuk huruf S maka dengan cara itu kabel anda akan terus dalam keadaan baik. penggulungan yang salah adalah dengan cara melingkar.

4. Jangan Menjadikan Pelampiasan Amarah Pada Mouse


Tak jarang dari anak muda dan remaja juga anak dibawah remaja saat mereka mengalami masalah selalu saja membanting dan menggebrakkan alat yang mereka bawa. bahkan HP pun bisa mereka banting kalau mereka merasa kesal. hal serupa juga berlaku untuk komponen yang berjeniskan elektronik. apapun yang dilakukan dengan cara membanting dan menggebrakkan atau memperlakukan dengan keras ke alat elektronik dapat menyebabkan disfunctional pada alat tersebut yang menjadikan macet bahkan kerusakan yang parah. jadi jangan labil yah sobat.

5. Bongkar Dan Bersihkan Mouse


Dengan cara membersihkan bagian dalam mouse maka akan menambah usia mouse dan juga menjadikan mouse seperti baru. apabila tidak ada kotoran maka harapan untuk terjadi error itu sangatlah kecil. karena apabila banyak sekali debu itu akan menjadikan komponen didalam mouse tertutupi debu dan kalau menumpuk akan mengganjal dan membuat komponen panas karena tertutupi.

6. Jangan Dekatkan Mouse Dengan Medan Magnet Dan Benda Cair


Karena medan magnet dan cairan merupakan musuh utama daripada komponen elektronik, Magnet dapat mengganggu kinerja komponen didalam mouse apabila berdekatan terlalu dekat dan bahkan bisa sampai tidak mau bergerak cursor mouse. sedangkan air dapat membuta konsleting dapa komponen bagian dalam dikarenakan alat elektronik memang membenci air.

7. Jangan Menekan Terlalu Keras


Menekan terlalu keras dapat menyebabkan rusaknya komponen tombol dari mouse. gunakan mouse biasa saja, apabila susah ditekan jangan dipaksakan dengan menekan dengan keras agar mau di klik. namun bukalah dan perbaiki agar saat di tekan biasa saja bisa masuk inputnya dengan baik, apabila anda tidak ahli dalam hal ini maka anda bisa menyervicekan pada ahlinya atau beli yang baru.



Itulah Tips untuk Merawat Mouse Agar Tetap Awet.
Semoga dengan artikel ini anda menjadi terbantu dalam merawat mouse anda agar tidak cepat rusak dan tidak bolak balik beli Mouse setiap minggu.
Sekian dan Terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments