Wednesday, December 13, 2017

Kelebihan Dan Kekurangan Youtuber Vs Blogger Di Semua Aspek

Kelebihan Dan Kekurangan Youtuber Vs Blogger Di Semua Aspek





Blogger Vs Youtuber - Merupakan dua hal yang paling fenomenal di media internet, karena keduanya dapat kita jadikan untuk media penghasilan dari internet. keduanya mempunyai keunikan tersendiri tentunya didalam konten maupun tingkat kesulitannya. karena kita pada umumnya tidak tahu proses apa yang didapat oleh pembuat demi mempublikasikan sebuah karya miliknya agar dapat di publikasikan(Ditonton) semua kalangan.

Nah, untuk mendapatkan sebuah jalur uang yang mengalir tentunya sangat membingungkan, dan kebanyakan orang bertanya.
" Dari manakah uang dapat kita terima sedangkan tidak ada kerja nyata dari kita, kita hanya duduk dan membuat konten menarik, Siapa yang akan membayar kita? apa mesin komputer? lalu mencairkannya pakai apa? ".
Itulah yang sering diajukan para orang awam yang ingin tahu tentang kebenaran hal ini. karena memang banyak yang tidak menyadari, karena manusia pada umumnya suka bekerja real di dunia dan menerimanya secara langsung. maka tak heran mereka tidak tertarik untuk kiat mendapatkan uang melalui internet.

Namun saya tidak akan membahas dan menjawab pertanyaan tersebut. Namun yang jelas seperti berikut ini adalah penjelasan singkat dari saya.
Wirausaha(Pengusaha) Mengiklankan Usahanya ke google >>> Membayar >>> Google Menerima Pembayaran >>> Google Mencari Sebuah Service untuk Mempublikasikan Iklan Pengusaha >>> Blogger/Youtube siap membantu google dengan syarat mereka di upah sesuai peraturan >>> Iklan dipasarkan oleh Blogger memalui Website, Youtube melalui Video >>> Uang Google yang dari pengusaha otomatis terbagi sesuai peraturan bagi hasil (Revenue>>> Blogger/Youtuber mendapatkan Uang bagiannya, dan Google demikian selesai tugasnya untuk Mengiklankan iklan pelanggannya yaitu pengusaha >>> Selesai.
Untuk Pencairan dana yang masuk ke akun mereka masing-masing, Google menyediakan sistem Pencairan via ATM, dan melalui Wastern Union (Kantor POS) untuk akun yang diterima dibawah/kurang dari tahun 2015.

Itulah jawaban singkat untuk pengetahuan orang awam yang tidak mengetahui bahkan salah kaprah menilai pekerjaan serta hobby tersebut.

Berikut juga adalah pertanyaan seseorang yang ingin memulai sebuah penghasilan dari Hobby mereka.
"Bagusan jadi Youtuber ataukah Blogger? Enakan mana? Besaran mana Penghasilannya? Sulitan mana?".

Pertanyaan tersebut sangatlah lumrah karena mereka adalah bisa dikatakan seseorang yang baru didalam masalah tersebut, maka dari itu mereka pastinya membutuhkan sebuah penjelasan yang spesifikasi agar meraka lebih tahu dan faham tentunya tentang apa yang akan mereka jalani kedepannya.
Berikut ini adalah perbedaan Youtuber Vs Blogger pada aspek yang akan saya bahas dibawah ini :

Kelebihan Youtuber


  • Proses Persetujuan/Penerimaan/Aproved
Proses persetujuan adalah untuk pensortiran pekerja, karena google tidak mau mengambil resiko dengan menerima orang yang benar-benar tidak berminat untuk menjadi pekerja Google, maka untuk memilah siapa saja yang ingin bekerja, maka dilakukan penyeleksi. dan tentunya seleksi ada syarat tertentu yang harus dipenuhi calon dari Advertisert Google.

Pada Youtube proses persetujuan untuk diterimanya tidaklah membutuhkan syarat yang banyak, pada tahun kurang dari 2015 untuk mendapatkan akun Adsense(Pengiklan) hampir tidak ada syarat sama sekali untuk penerimaan anggota Google adsense jadi " Sekali daftar langsung ketrima ", dan pada tahun 2017 berhubung banyak akun yang ingin bekerja di google dari youtube, maka google merubah persyaratan menjadi 10ribu visitor awal untuk dapat diterima oleh google. masih sangat mudah bukan hanya 10ribu?

Pada Blogger proses persetujuan membutuhkan banyak syarat untuk menjadi atau diterimanya sebagai pengiklan google. sudah banyak seseorang yang hampir putus asa karena pada tahun ini peraturan semakin ketat. yaitu untuk mendapatkan akun disetujui sepenuhnya maka anda harus menyediakan konten yang memiliki tingkat keilmuan yang bermanfaat dan tentunya tidak hanya paragraf sederhana(Lebih dari 500 kata) dan juga anda dituntut untuk meringankan loading website anda agar nantinya pengunjung tidak keberatan saat pengaksesan, anda dituntut pula untuk menempatkan navigasi atau pembantu pengunjung untuk menjelajahi website anda. dan ini tentunya apabila anda sangat awam maka untuk keterima sangatlah sulit. saya sendiri sudah ada 20x tolakan dan akhirnya diterima itu sungguh sebuah hadiah terbesar bagi saya hehe.

  • Tempat Hosting
Hosting merupakan salah satu fungsi yang dapat membuat sebuah website dapat berdiri dan dapat dikunjungi semua orang. Harga dari Hosting bervariasi mulai dari termurah sampai termahal untuk paket yang anda butuhkan.

Pada Youtube Hosting tidak diperlukan untuk anda miliki, karena anda sudah ditanggung dalam hal pempublikasian, penyimpanan video dll tentunya youtube tidak menarik anda untuk membayar bukan, untuk menjadi youtuber anda tidak perlu memikirkan biaya hosting dan jasa domain.

Pada Blogger Hosting merupakan hal yang sangat penting, untuk menampung artikel/tulisan mereka maka mereka setidaknya membeli domain atau hosting sendiri bagi mereka untuk mempublikasikan tulisan mereka, selain tulisan apabila mereka ingin mengunggah sebuah file maka dibutuhkan tempat penyimpanan khusus file mereka maupun video, dan anda pastinya dituntut untuk membeli disk space server. memang ada yang gratis yaitu domain Blogger.com dan penyimpanan file atau video lainnya kalian bisa mencari yang free. Namun orang yang profesional tentunya akan memilih yang mempunyai biaya supaya terkesan profesional dan tidak main-main.

  • Trending
Trending merupakan tujuan paling diimpikan semua Advertisert, karena dengan cara trending tersebut konten anda akan dibanjiri pengunjung, dan uang tentunya akan semakin cepat didapatkan karena iklan anda banyak di kunjungi dan dilihat maka kemungkinan di klik akan semakin tinggi, tentunya bayaran klik lebih besar daripada bayaran hanya melihat. Namun kedua pesaing ini dapat memiliki trending, namun hanya saja Youtuber cepat, dan Blogger bertahap.

Pada Youtuber konten anda akan memiliki pemilik yang banyak apabila trending. pada youtube anda akan memiliki kesempatan trending karena sistem youtube adalah menyarankan orang lain untuk melihat channel lain maka hal ini sama saja dengan memberi kesempatan channel lain untuk memperoleh penonton secara random. apabila video anda unik maka bukan mustahi ada salah seorang yang tersarankan untuk melihat channel anda dan membagikannya maka video anda secara mendadak akan viral dengan cepat.

Pada Blogger untuk mendapatkan trending tersebut memanglah bisa, namun untuk mendapatkannya bukanlah hal yang sangat mudah, karena ada banyak persaingan yang memanfaatkan keyword yang menjadi kunci utamanya. apabila kunci anda cocok dengan pengunjung maka kesempatan anda untuk mendapatkan trending akan ada, dan untuk mencari keyword dan apa saja yang di atur untuk menjadi trending tersebut bukanlah hal yang mudah. perlu ilmu khusus, perlu pencarian keyword, perlu riset pembahasan dll sebagainya aspek yang dibutuhkan.

  • SEO (Search Engine Optimizaton)
SEO Merupakan salah satu teknik yang paling penting yang harus dimiliki oleh blogger untuk bersaing di pencarian internet agar website mereka dapat diunjungi banyak orang yang membutuhkan informasi yang dimaksud.

Pada Youtube sendiri tidak ada teknik khusus untuk mendapatkan bersaing di Youtube, anda hanya dituntut untuk membuat video yang unik dan membuat orang lain suka video anda maka anda dapat menunggu sampai konten anda dilihat banyak orang.

Pada Blogger teknik SEO digunakan untuk persaingan di internet guna mendapatkan peringkat pertama di sistem pencarian online seperti Bing, Google search dan Yahoo. sangat sulit dan Ribet untuk menentukan teknik SEO supaya konten anda menjadi nomor satu.

  • Tingkat Kesulitan Pembuatan Konten
Pembuatan konten pada keduanya sangat berbeda, dan hal ini penting untuk dijadikan bahan materi didalam hobby anda.

Pada Youtube memiliki kelebihan dalam pembuatan konten tidaklah sulit karena anda dapat mengedit dan membuat video yang menarik tanpa memperhatikan kosa kata, pemikiran, dll yang tentunya tidak serumit merangkai kata kata, anda akan mudah apabila channel yang anda miliki adalah Vlog, Daily, Gaming, Unboxing dan Review

Pada Blogger tentunya anda akan dihadapkan tata letak, pembahasan yang menarik, kata-kata yang tidak rumit dan dapat dipahami, kata kunci(keyword), Hierarki penulisan dll yang sangat menguras pikiran anda apabila anda tidak pengalaman dalam hal ini.

Kelebihan Blogger


  • Pendapatan
Pendapatan merupakan upah yang dapat diterima pada kinerjanya yang telah ia lakukan, sedangkan pendapatan online keduannya berbeda. karena google sendiri juga sudah memikir matang-matang dari semua aspek keduanya sebelum menetapkan presentase pendapatan.

Pada Blogger pendapatan lebih unggul ketimbang youtube, karen sebanding dengan konten, cara mendapatkan pengunjung(SEO),Penyedia layanan Hosting tidak gratis, dan tingkat kesulitan pembuatan konten. pada presentase Revenue(Bagi hasil dengan google) Blogger mendapatkan presentase 68% untuk pengiklan Blogger dan 32% untuk pihak google dari total belanja pengusaha yang mengiklankan iklannya.

Pada Youtube memiliki pendapatan yang lebih rendah ketimbang Blogger karena google meninjau bahwa Anda dalam mempublikasikan konten anda sudah di sokong oleh Youtube secara gratis bebas upload video berapa saja dan berapa ukuran video anda. Sehingga untuk pendapatan lebih rendah tersebut juga sejalan dengan perkiraan pengeluaran anda yang minim. selain itu dalam pembuatan konten terbilang mudah dan tidak memakan banyak pembahasan, tidak memperhatikan kosa kata, dan terlebih tidak bersaing secara lebih dengan menggunakan teknik khusus seperti SEO. adapun presentase Revenue(Bagi hasil dengan google) Youtuber mendapatkan presentase 55% untuk pengiklan Youtuber dan 45% untuk pihak google dari total belanja pengusaha yang mengiklankan iklannya mungkin akan ada pembagian Google dengan Youtube dari total pendapatan 45% google karena ada kerjasama antara Google dengan Youtube.

  • Kuota
Kuota merupakan hal yang harus dimiliki oleh anda, karena sitem kerja bekerja secara online karena anda bekerja pada server Youtube atau Blogger/Website anda. apabila anda tidak mempunyai kuota maka mustahil anda bisa mempublikasikan konten anda ke halayak umum.

Pada Blogger sendiri mengenai masalah kuota adalah keunggulannya sangat hemat, karena anda bertugas pada saat itu hanya mengolah kata dan mempublikasikannya, untuk mempublikasikannya tidak membutuhkan banyak kuota, untuk gambar juga tidak memakan banyak kuota hanya beberapa, dan mencari referensi sedikit menguras namun tidak akan menguras sampai puluhan MB tentunya apabila anda mencarinya ke website pula.

Pada Youtube anda dituntut untuk mempunyai kuota ekstra, ini tidak masalah bagi anda yang langganan wifi unlimited, namun perlu di ketahui untuk mengupload konten yang 3 s/d 5 menit video yang mempunyai kualitas bagus bisa mencapai 40 MB sampai dengan 100 MB apabila HD.

  • Alat Khusus
Alat untuk mendukung anda didalam pembuatan konten juga merupakan salah satu hal yang penting untuk pembentukan sebuah konten yang relevan, bagus, berbobot dan juga bermanfaat tentunya, pada keduanya mempunyai keunikan tersendiri, namun kelebihan berpihak pada blogger.

Pada Blogger anda tidak membutuhkan alat khusus yang tentunya mahal, alat yang digunakan biasanya murah meriah sampai yang sedang yaitu tools untuk mengetahui keyword, tools untuk mengetahui kecepatan website dll sebagainya yang kebanyakan adalah gratis. selain itu alat yang digunakan tidak perlu mempunyai spesifikasi yang tinggi, hanya saja harus mempunyai keyboard yang dalam kondisi baik.

Pada Youtube untuk menjadi seorang yang profesional dalam kinerjanya memerlukan perangkat yang memadai guna mendukung kontennya agar lebih bagus, baik dan enak ditonton. maka anda membutuhkan kamera yang semakin mahal semakin bagus guna kenyamanan penonton anda. selain itu dibutuhkan sebuah hardware komputer yang bagus guna merender(memproses pembuatan video) maka semakin bagus semakin cepat pula. bahan yang lain pula yang ikut serta adalah tempat juga property yang digunakan selama perekaman video berlangsung.



Itulah beberapa kelebihan dari masing-masing apabila Anda menjadi pengiklan google melalui Youtuber atau anda pengiklan Google melalui Blogger(Website) anda.
Saran dari saya :
Apapun keunggulan serta kekurangannya, semua akan dikerjakan dengan suka cita apabila anda Hobby dalam hal yang anda inginkan,
Contoh :
Apabila anda suka membuat Video maka anda cocok sebagai Seorang Youtuber.
Apabila anda suka Menulis maka anda cocok untuk menjadi Seorang Blogger
Maka resiko dari keduanya akan tidak terasa di pikul apabila anda senang dalam menjalaninya :)


Kesimpulan


Kelebihan Youtuber
  • Proses Penerimaan
  • Tidak membutuhkan Tempat Hosting, Trending secara instant
  • Tidak Membutuhkan teknik SEO
  • Tidak sulit membuat konten
  • Anda TERKENAL

Kelebihan Blogger
  • Pendapatan lebih besar
  • Kuota Hemat
  • Tidak dibutuhkan alat khusus
  • Website Anda TERKENAL



Itulah yang dapat saya sampaikan, semoga dapat menutup ketidak tahuan anda sehingga anda lebih mengetahui dan berwawasan yang tinggi.
Tetap semangat untuk menghadapi pesaingmu apabila anda menggeluti salah satu dari kedua pembahasan diatas.
Sekian dan Terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments