Saturday, December 30, 2017

Mengenal Istilah Apa Itu POP3 Dan IMAP Secara Lengkap

Mengenal Istilah Apa Itu POP3 Dan IMAP Secara Lengkap





Tahukah kalian dengan ketiga istilah diatas ?
Ketiga istilah diatas adalah fungsi yang digunakan pada Mail Server. yang berguna sebagai pemroses Email online. Email online sendiri adalah perkembangan dari pengiriman kertas menggunakan burung agar sampai ke orang yang dituju pada zaman dahulu sekarang bisa dengan lebih modern dan memanfaatkan server sebagai media pengiriman dan client sebagai receiver ataupun sender sebagai pengirim.

Namun tahukah kalian protokol apa saja yang dipakai tersebut?
Berikut ini adalah daftar protokol Mail Server yang dipakai :


POP3 (Post Office Protocol Version 3)

Protokol ini dugunakan sebagai media penampung dan menerima Email dari Email server. Protokol POP3 ini berfungsi sebagai layanan email yang memberikan jasa pengiriman email dan hanya menerima sementara di satu device saja, Protokol ini biasanya digunakan oleh website Temp Email. dan hanya untuk satu device dan itupun random protokol yang digunakan.

Protokol ini dapat memudahkan pengguna yang membutuhkan banyak sekali Email atau Email yang dipakai untuk sementara saat waktu itu saja. jadi saat anda menginginkan alamat lain maka anda dengan mudah membuang alamat email lama dengan yang baru dan bersifat sementara. tidak perlu repot-repot verifikasi seperti layaknya email permanen atau disebut dengan (IMAP).

Contoh : anda membuka website Temp mail di Handphone anda dan anda mendapatkan sebuah pesan. namun apabila anda mencoba di device lain jangan berharap mendapatkan pesan seperti device sebelumnya karena setiap device berbeda alamat protokol POP3


IMAP (Internet Message Access Protocol)

IMAP sendiri adalah jenis protokol yang dapat membuat anda membaca, mengirim, dan menerima kapan saja dan dimana saja dengan device apapun asal dengan memasukan alamat Email anda dengan benar maka anda dapat sepenuhnya memiliki Email yang permanen dan berfungsi sebagai penerima, Pengirim dengan Akses yang penuh tanpa batasan waktu dan tidak akan terhapus seperti layaknya Email sementara (POP3) yang setiap Menit, Jam ataupun setiap hari berganti protokol secara random. maka dengan IMAP anda akan mudah membukanya kapan saja dan mengirim dengan leluasa seperti Google Mail, Yahoo Mail ataupun layanan Email lainnya.


SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)

Adalah port yang digunakan untuk pengiriman baik itu pengiriman menggunakan protokol IMAP maupun protokol POP3 maupun POP atau versi email lainnya. tidak akan terlepas oleh port SMTP yang berfungsi sebagai jembatan atau media pengiriman antara pengirim dan penerima email.



Antara IMAP dan POP3 tidak ada kejelekan atau kelebihan, semuanya berjalan sesuai kebutuhan penggunanya. apabila anda membutuhkan email secara mendadak dan tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk membuat dan verifikasi maka POP3 lah pilihannya dan apabila anda membutuhkan Jasa email seumur hidup anda maka IMAP lah yang seharusnya anda gunakan agar anda tetap bisa menikmati email kapanpun dan dimanapun dengan alamat email yang sama.



Mungkin cukup sekian pembahasan dari saya ini yang berisikan Mengenal Istilah Apa Itu POP3, IMAP Dan SMTP Secara Lengkap.
Semoga dapat bermanfaat untuk anda yang sebelumnya tidak tahu menjadi lebih tahu dan semoga akan berguna kelak dimasa mendatang dari pengetahuan anda.
apabila ada kekurangan dalam saya menyampaikan diatas maka anda dapat memberi saran dan masukan dikolom komentar dibawah postingan artikel dibawah ini.
Sekian dan Terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments