Thursday, December 28, 2017

Mengenal Mode Jaringan Pada VirtualBox

Mengenal Mode Jaringan Pada VirtualBox





Virtualbox - adalah suatu aplikasi yang bisa digunakan sebagai mediator menjalankan Operating system didalam Operating System, VirtualBox sendiri mempunyai beberapa fitur diantaranya RAM, Harddisk, dan Jaringan.

adapun didalam jaringan tersebut memiliki jalur yang berbeda-beda.
pada kesempatan kali ini saya akan membahas macam-macam jenis atau juga disebut dengan mode jaringan yang ada pada mesin virtualbox yang mempunyai mode jaringan sebanyak 5 mode namun, saya disini hanya menjelaskan hanya 4 mode jaringan, kenapa ? karena mode jaringan yang satunya lagi tersebut jarang sekali untuk digunakan oleh para pengguna dari virtualbox sendiri dan menurut saya mode tersebut hampir bisa dikatakan tidak begitu diperlukan oleh para pengguna virtual.

Lalu apa sajakah mode jaringan yang dibahas 4 itu?
  • NAT
  • Bridge Adapter
  • Internal Network
  • Host-Only Adapter

Mungkin setelah kalian membaca 4 perbedaan dari mode jaringan di virtualbox di bawah ini, maka kalian akan mengetahui perbedaan dari dari NAT, Bridge Adapter,Internal Network, dan juga Host-only Adapter. Dan mungkin juga kalian juga dapat mengetahui kekurangan dan juga kelebihanya dari masing-masing tersebut, oke langsung saja ya kita bahas ke-4 mode jaringan tersebut.

Nat (Network Address Translation)


NAT sering disebut juga (Network Address Translation ) adalah sebuah tipe Virtual network default pada virtualbox, maksudnya adalah mode NAT akan  secara otomatis menjadi tipe jaringan dari settingan Virtual Machine yang baru anda buat.

adapun fungsi dari NAT yaitu, dapat terhubung langsung kepada OS host, dan memungkinkan bila OS host memiliki koneksi internet maka OS guest secara langsung akan mendapat koneksi internet juga dari host tanpa harus melakukan settingan yang ribet terlebih dahulu. Dan NAT juga bisa menghubungi atau ping ke OS host tetapi tidak sebaliknya.

Internal Network


Internal Network adalah mode dari Virtualbox dan jaringan ini dapat memungkinkan untuk kita membuat beberapa virtual machine/OS guest yang baru dan saling terhubung secara internal network, dan pengertian secara internal ini yang dimaksud adalah sesama virtual machine yang tersambung/menggunakan suatu mode Internal Network.

sehingga bisa saling menghubungi satu sama lain melalu jaringan bolak-balik. Tapi mode jaringan ini sifatnya terisolasi dari jaringan dunia luar.

Bridged Adapter


Dalam mode Bridge Adapter ini pada kinerjanya dapat memungkinkan OS guest untuk merima data maupun mengirimkan data ke jaringan fisik dari host. Jadi artinya OS guest dan OS host adalah dua computer berbeda yang terhubung ke dalam jaringan yang sama.

Apabila OS host memiliki lebih dari satu Ethernet maka kita harus memilih/menyetting ke jaringan mana virtual machine/OS guest akan disambungkan dengan host. Dan IP yang diberikan ke Vitual machine harus dari subnet yang sama dengan jaringan yang sedang di pakai oleh OS host.

Host-Only Adapter


Dalam mode Host-only adapter ini kita dapat di artikan atau dianggap sebagai gabungan dari mode Bridged dan juga mode Internal network. Dalam mode ini OS guest dapat dengan mudah mengakses OS host dan juga sebaliknya OS host juga dapat mengakes OS guest. OS host dan guest yang menggunakan mode jaringan host-only adapter maka secara langsung mereka berdua akan berada dalam satu jaringan yang sama dengan menggunakan Ethernet berbasis software dari Virtualbox.



Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan dalam pembahasan Mengenal Mode Jaringan Pada VirtualBox.
Apabila ada kekurangan bisa anda beri masukan di kolom komentar dibawah ini dengan baik dan sopan.
Semoga dengan apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian semua. dan berguna kelak dimasa mendatang.
Sekian dan Terimakasih




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments