Friday, December 29, 2017

Pengertian, Fungsi Dan Manfaat Dari VPN (Virtual Private Network)

Pengertian, Fungsi Dan Manfaat Dari VPN (Virtual Private Network)





VPN (Virtual Private Network) - adalah suatu metode yang digunakan untuk melindungi data sebelum sampai ke website, selain keamanan juga dapat berguna untuk anda dalam memonitoring kegiatan CCTV dirumah dengan lebih aman.


Pengertian VPN - atau yang kita kenas sebagai Virtual Private Network, merupakan suatu jaringan koneksi diantara satu jaringan dengan server jaringan lain secara private melalui dan untuk menjalankannya dengan melalui jaringan Internet (Publik). Dijuluki dengan nama Virtual karena VPN ini menggunakan jaringan Internet sebagai media perantaranya alias koneksinya.

Dan disebut Private Network karena VPN sendiri bersifatnya private yaitu hanya orang tertentu saja yang dapat mengakses. Namun VPN sangat berbeda dengan VPS (Virtual Private Server), sedangkan Virtual Private Server menyewa hardware dan sedangkan VPN hanya menyewa sebuah jaringan.

Data yang dikirimkan oleh penggunanya melalui VPN akan terenkripsi dengan baik sehingga cukup aman dalam kerahasianya juga tetap terjaga dengan baik, meskipun dikirimkannya melalui jaringan internet bukan berarti tidak aman,

Fungsi VPN


1. Rahasia
VPN adalah sebuah teknologi terbaru yang menggunakan jaringan internet atau jaringan publik yang tentunya sangat rawan sekali terhadap pencurian informasi atau data pemilik. Maka dengan cara memakai VPN yang menggunakan metode enkripsi untuk mengacak data yang lewat menjadikan data penggunanya jadi lebih aman, dengan menggunakan metode enskripsi dari VPN tersebut, dengan demikian keamanan dari data akan cukup terjamin dari pencurian data dari orang yang tidak dikenal.

Walau ada pihak tertentu yang bisa menyadap data-data orang lain yang melewati jaringan internet maupun jalur dari VPN sendiri, akan tetapi belum tentu penyadap dapat membaca data tersebut, sebab data tersebut sebelumnya telah teracak atau terenkripsi dengan baik.

2. Authentikasi
VPN mempunyai sebuah kemampuan untuk melakukan kinerja autentifikasi terhadap sumber pengiriman data yang akan dijalankannya. VPN dapat melakukan pemeriksaan keakuratan data kepada penggunanya yang akan masuk dan mengakses informasi dari sumber tersebut, lalu alamat dari sumber data tersebut yang kemudian akan di setujui jika proses autentifikasi benar dan berhasil, dan membatalkannya apabila salah dalam Authentikasi untuk menjaga keamanan dari data.

Maka VPN dapat menjamin data yang di kirimkan dari pengguna maupun server yang berasal dari sumber yang sudah terverifikasi sebelumnya jadi tidak ada penyadapan dan manipulasi data, maka tidak ada informasi sejumlah data yang dikirimkan oleh pihak lain sebagai tindakan penggandaan data ataupun memanipulasi tanpa seizin pemiliknya.

3. Keutuhan Sebuah Data
VPN menggunakan teknologi yang dapat menjaga keutuhan data informasi atau data mulai dari data tersebut dikirim hingga data tersebut sampai pada tempat yang di tuju. Sehingga saat di perjalanan maka dapat data dapat terhindar dari berbagai macam ancaman atau gangguan seperti data hilang, rusak, atau dimanipulasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Manfaat VPN


Beberapa manfaat VPN, diantaranya adalah seperti berikut ini:
  • Remote Access - menggunakan VPN bisa digunakan untuk mengakses komputer ataupun jaringan kantor dari rumah atau sebaliknya, dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet atau publik.
  • Keamanan - menggunakan koneksi VPN saat kita browsing menjadi lebih aman, searching dengan aman, ataupun mengakses jaringan internet publik misalnya seperti hotspot atau internet yang ada di tempat umum,cafe-cafe ataupun kantor.
  • Menghemat Biaya - VPN dapat dijadikan solusi sebagai cara alternatif untuk dapat menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan lain yang lebih luas dan tentunya lebih aman dengan biaya yang lebih rendah. Karena transmisi pengiriman data yang digunakan VPN adalah dengan memakai sebuah media jaringan internet atau jaringan publik yang sebelumnya sudah dibangun di negara lain tanpa perlu membangun jaringan sendiri yang pastinya membutuhkan banyak biaya.



Mungkin cukup sekian penjelasan saya tentang Pengertian, Fungsi Dan Manfaat Dari VPN (Virtual Private Network).
Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat dan ilmu yang cukup bagi kalian dan semoga dapat bermanfaat untuk kalian di lain waktu.
Sekian dan Terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments