Sunday, December 24, 2017

Pengertian,Fungsi Dan Jenis Router Lengkap

Pengertian,Fungsi Dan Jenis Router Lengkap

Siapakah diantara kalian yang tidak mengetahui alat yang satu ini ?
Ini merupakan alat hardware jaringan. yang sering dipakai untuk menyatukan dua jaringan yang berbeda. dan alat ini juga sangat berfungsi memperbanyak IP didalam jaringan dengan membuat beberapa jaringan lokal.
hardware ini juga berguna untuk mengatur jaringan agar data yang dikirim dapat sampai ke device yang lain. selain itu Router dapat berguna sebagai Wifi apabila anda membeli yang ada fitur Wlan nya. dan pengiriman itu memasuki 3 elemen Layer yaitu Network.

Pengertian Router Pada Jaringan Komputer


Router - adalah suatu perangkat luar komputer atau alat yang mengirimkan paket data melalui jaringan internet menuju perangkat lain atau tujuannya menggunakan proses yang dinamakan routing.

Routing - adalah proses yang terjadi saat pengiriman paket data dari jaringan satu ke jaringan yang lainnya yang terjadi melalui 3 lapisan(jaringan internet protocol) dari stack protokol 7-lapis OSI.

Fungsi Router Pada Jaringan Komputer


Fungsi Router - adalah menghubungkan 2 jaringan atau lebih untuk menyalurkan data informasi dari jaringan satu ke jaringan lainnya. Dalam proses penyaluran sinyal data informasi tadi, perangkat baik yang menerima atau yang mengirim harus terkoneksi dengan internet.

Fungsi utama dari router sendiri yakni sebagai pembagi atau penyalur IP address secara stastis atau memakai DHCP kepada seluruh perangkat komputer atau laptop yang terhubung pada perangkat router tadi. Setelah fungsi dari router tadi berjalan, maka setiap komputer yang terhubung memiliki IP address yang unik sehingga dapat digunakan untuk melakukan browsing, setting LAN dan internetan.

Penggunaan router sendiri paling sering kita temui pada warnet, perkantoran, administrasi sekolah, perhotelan dan berbagai usaha atau tempat yang menggunakan fasilitas layanan internet. Teknologi router sendiri sekarang ini sudah lebih modern dan canggih dengan adanya fungsi wireless. Dengan kelebihan ini, setiap perangkat atau gadget yang mampu menangkap sinyal gelombang radio, dapat menerima gelombang radio yang dipancarkan router sehingga anda bisa langsung terhubung dengan internet.

Jenis Router


Secara umum Router terbagi menjadi dua jenis Router
Router Statis adalah Router yang kinerjanya diatur secara Statik pada tabelnya dan membuat jaringan secara Statik
Router Dynamik adalah Router yang dalam kinerjanya diatur oleh administrator secara otomatis dan biasanya juga membantu kinerja Router yang digandengnya. type ini dapat membuat banyak jaringan apabila saling membantu.

Adapun Router yang ada didunia ini adalah :

1. Operating System Router


untuk Router yang satu ini sudah terbilang sudah cukup lengka fiturnya diantara lain adalah system login dengan user management, Limit Bandwidth, Mati otomatis saat jam tertentu, Blokir situs atau file yang dilarang dan masih banyak yang lainnya. untuk Router ini masih di pegang Mikrotik/Cisco

2. Hardware Router


Hardware router merupakan alat utama yang biasa digunakan dalam jaringan Router, adapun merk yang banyak beredar dipasaran adalah : Huawei, Prolink, TP-Link, D-Link, Cisco Dan Mikrotik.

3. Aplikasi Router Tool


ini adalah cara routing menggunakan software, dan biasanya ini digunakan pada hostpot ke semua device pada laptop. banyak sekali di google tentang aplikasi ini yang beredar.



Adapun cara dari kinerja dalam jaringan apabila berkomunikasi, maka dari client 1 akan ping ke client 2 yang satu jaringan maka harus melalui host pada perangkat router tersebut. apabila tidak maka tidak akan terjadi sambungan.

dan apabila IP client 1 akan ping pada jaringan IP 99 yang berbeda jaringan tetapi dalam penerapan jaringan menggunakan router maka IP 1 akan mengirim data lewat router kemudian Router akan menyampaikan kepada IP 99 yang berbeda jaringan tersebut.



Demikian yang dapat saya sampaikan didalam artikel Pengertian,Fungsi Dan Jenis Router Lengkap,
Semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan kalian tentang Router baik anda belajar ataupun ingin membuat jaringan tersebut dirumah maupun di dalam pekerjaan IT anda.
Sekian dan Terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments