Tuesday, December 26, 2017

Tips Dan Cara Memilih Konektor RJ45 Yang Berkualitas

Tips Dan Cara Memilih Konektor RJ45 Yang Berkualitas





Kali ini saya akan membahas salah satu komponen yang biasa digunakan untuk menyalurkan jaringan dari Lan card komputer ke device yang lain agar dapat terhubung dengan baik adalah menggunakan Kabel UTP dan Konektor RJ45.

Konektor RJ45 - didesain memang untuk menyalurkan jaringan, adapun kabel yang dipakai antara lain UTP(umum) dan Kabel Coaxial, untuk sekarang ini namun saya juga tidak tahu dengan perkembangan zaman yang akan datang mungkin akan ada kabel lain yang jauh lebih cepat dalam pengiriman data dan harganya jauh lebih murah.
Kabel UTP memiliki 8 kabel kecil di dalamnya yang mempunyai warna berbeda-beda seperti gambar dibawah ini :


Warna : 

1. Orange
2. Putih Orange
3. Biru
4. Putih Biru
5. Hijau
6. Putih Hijau
7. Coklat
8. Putih Coklat


Warna yang berbeda adalah bertujuan karena dari perbedaan masing-masing tersebut mempunyai tugas masing-masing dan sudah ditentukan tebal dari tembaga dan juga hambatan maupun kekuatan hantaran. jadi kalau kalian tidak memenuhi prosedur yang baik dalam pemasangan maka akan menjadikan konektor tersebut tidak berfungsi dengan baik sehingga apa yang anda kerjakan sebelumnya yaitu pemasangan kabel kedalam konektor menjadi sangat sia-sia dan anda harus memotong kabel dan membuat baru sampai benar-benar sudah sesuai dengan prosedur sehingga device yang anda masuki konektor mau menerima dan berhasil.

Namun terlepas dari semua itu supaya apa yang sudah anda kerjakan sebelumnya belum tentu dapat bertahan lama karena kualitas dari kabel da konektor juga memperngaruhi hal tersebut menjadi awet atau hanya bertahan beberapa hari bahkan bulan saja.

disini saya akan memberi tips dan juga cara untuk memilih disaat anda ingin membeli komponen tersebut di toko komputer.
Berikut cara dan tipsnya :

1. Pastikan Terkemas Dengan Baik


Kemasan yang baik dan bermutu merupakan hal terpenting untuk mengetahui bahwa Konektor tersebut di pasok dari perusahaan benar-benar sudah lulus pengemasan dan pemasaran.

2. Pastikan Ada Tulisan SNI


SNI merupakan tanda legalitas dalam penjualan hardware maupun barang di indonesia yang menandakan bahwa barang tersebut sudah lulus uji dari badan pemeriksa barang dan kelayakan.
itu adalah apabila anda ingin mencari kabel dari Indonesia, apabila anda tidak menemukan dari indonesia maka saya sarankan anda untuk membeli kabel UTP Belden saja.

3. Pastikan Didalam UTP Kabel Kecil Berisi Tembaga Bukan Besi


Pada langkah ini kalian bisa menggunakan media magnet yang kecil, apabila magnet menempel maka dipastikan bahwa didalam UTP itu bukan tembaga aseli melainkan campuran tembaga besi bahkan bisa seluruhnya besi. karena UTP yang benar-benar aseli adalah dengan kawat tembaga dan tembaga apabila ditempelkan ke magnet maka tidak akan menempel.
Seperti Contoh dibawah ini apabila Kabel UTP ASPAL (Aseli Tapi Palsu) :


dengan demikian karena bahan dasar besi maka magnet pun akan mudah sekali menempel dengan erat.

Tahap 1 ini :
Apabila Menempel = 0% Aseli
Apabila Tidak menempel = 50% Aseli

Namun apabila tidak menempel namun kalian masih ingin mengetahui tingkat keasliannya adalah dengan cara berikut :


Tahap 2 ini :
Apabila menempel maka + 0% Aseli
Apabila Tidak Menempel + 50% Aseli

Mapa penghitungan akhir menjadi : Tahap 1 + Tahap 2 = Hasil
Apabila menghasilkan 0% Aseli maka, sudah dipastikan adalah Palsu
Apabila menghasilkan 50% Aseli maka, kemungkinan aseli adalah separuh (Oplosan kawat)
Apabila menghasilkan 100% Aseli maka, Kawat tersebut benar-benar aseli.

Mengapa harus seperti demikian, karena semakin palsu suatu komponen tersebut maka dapat merusak jaringan dan juga device, terlebih lagi sudah susah payah setting jaringan malah error kan gak enak.



Itulah 3 Tips Dan Cara Memilih Konektor RJ45 Dan Kabel Yang Berkualitas.

Semoga dengan artikel ini dapat membantu anda menemukan komponen yang aseli dan terhindar dari kepalsuan yang dapat mengakibatkan error bahkan kerusakan pada hardware anda yang lain.
Apabila ada kekurangan harap bantuk saya untuk memperbaiki dan mencantumkan kesalahan atau tambahan pada artikel ini di kolom komentar dengan baik dan sopan.
Sekian dan Terimakasih.


Artikel terkait :
  • Tips Kabel UTP Dan RJ45
  • Kabel UTP Dan RJ45 Konektor
  • Tips Membeli UTP dan RJ45 Berkualitas
  • Kabel UTP dan RJ45 Berkualitas
  • RJ45 Konektor Dan UTP
  • Memilih RJ45 Konektor
  • Kabel RJ45
  • Memilih Kabel UTP




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments