Thursday, December 21, 2017

Tips Memilih RAM Yang Baik Dan Benar

Tips Memilih RAM Yang Baik Dan Benar





Kali ini saya akan membahas satu komponen yang sangat penting pada komputer, komponen ini bernama RAM atau singkatannya adalah Random Access Memory. Komponen ini sebagai pemeran dalam penyimpanan data cache utama yang bersifat sementara pada sistem komputer. pada dasarnya komponen ini digunakan untuk MultiTasking, namun sekarang berkembang menjadi banyak sekali kegunaan didalam system contohnya penyimpan data sementara dan membantu dalam perhitungan dan algoritma, selain itu juga dapat menjadikan media utama faktor kecepatan suatu komputer.

Adapun jenis-jenis RAM ada banyak yaitu :
  • RAM DDR1
  • RAM DDR2
  • RAM DDR3
  • RAM DDR5

Adapun kapasitas dari RAM adalah sebagai berikut ini :
  • 128 MB
  • 256 MB
  • 512 MB
  • 1 GB
  • 2 GB
  • 4 GB
  • 16 GB
  • dan hingga 32 GB

Untuk mendapatkan RAM yang bagus maka kita harus pintar-pintar dalam memilih RAM dengan kualitas yang baik karena RAM adalah komponen yang sangat sensitif dan mudah sekali rusak apabila anda salah dalam memilih sebuah ram, dan apabila ram yang anda pakai rusak maka komputer anda juga tidak akan bisa menyala karena komputer adalah mustahil untuk menyala, komputer dirancang dapat menyala apabila dalam keadaan lengkap.

Tips Apabila Ram anda tidak terdeteksi :
  1. Copot RAM kemudian bersihkan tempat untuk RAM tersebut dengan menggunakan kuas atau Lap kering. 
  2. Kemudian bersihkan bagian kaki RAM dengan menggunakan penghapus pensil.
  3. Cobalah Pasang kembali dan Copot lagi apabila masih tidak bisa cobalah untuk membeli RAM yang baru.

Berikut ini adalah Cara Memilih Ram yang bagus :
  1. Memilih jenis memory RAM yang cocok dengan spesifikasi komputer anda adalah hal yang penting agar tidak terjadi error saat menjalankannya.
  2. Apabila anda menginginkan Ram 8GB maka sebagiknya membeli 4GB ram dan satu lagi 4GB apabila slot Motherboard bagian RAM anda mempunyai 2 slot.
  3. Pilih merk RAM yang sudah ternama seperti (Vgen, Kingmax, Kingston, Samsung, Visipro, dll) karena apabila anda memilih merk yang aneh-aneh maka harapan untuk awet adalah sangat kecil.
  4. Belilah memory RAM yang dalam keadaan terkemas, karena dengan adanya kemasan maka produk tersebut adalah layak untuk dijual, dan apabila telanjang tanpa bungkus itu dapat dikatakan second atau habis terpakai, hati-hati bisa rusak.
  5. Apabila anda berniat untuk penggunaan pada komputer warnet yang selalu digunakan setiap saat. maka ram yang paling cocok adalah RAM yang memiliki Heat Spreader yaitu pembungkus untuk menjaga suhu RAM tetap stabil, dan biasanya RAM ini lebih sedikit mahal ketimbang RAM pada umumnya.
  6. Pilih RAM yang sama dengan pin slot Ram yang ada pada Motherboard Komputer atau Laptop anda.
  7. Pilihlah RAM yang memiliki angka Latency yang Rendah
  8. Anda harus mengetahui Kapasitas maksimal RAM pada Komputer anda.



Itulah cara dan juga Tips dalam mebenahi RAM yang error beserta Cara Memilih RAM yang baik dan benar.
Semoga dengan artikel diatas dapat membantu kalian dalam mencari RAM yang cocok, Terbaik, Sesuai Kebutuhan anda agar anda nyaman dengan Komputer untuk melakukan apapun pekerjaan, hiburan, dan apapun maka anda tidak jengkel yang biasanya lelet menjadi cepat.
Sekian dan Terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments