Thursday, December 21, 2017

Tips Merawat Hardisk External Maupun Internal Komputer Dan Laptop

Tips Merawat Hardisk External Maupun Internal Komputer Dan Laptop





Harddisk - merupakan salah satu komponen komputer yang berperan penting dalam media penyimpanan pada komputer. harddisk terbagi menjadi 2 type yaitu Harddisk SATA dan Hardisk ATA. dan kapasitas harddisk juga bervariasi mulai dari 500GB, 1TB, 1,5TB dan sampai dengan 2TB. namun, dalam perawatanya tidaklah mudah untuk dilakukan jika anda tidak menjaga dan memperlakukan dengan baik. lalu bagaimanakah cara untuk merawat harddisk kita dengan baik dan benar ?

berikut merupakan cara yang dapat digunakan untuk merawat hardware tersebut :

1. Pilihlah Type Harddisk Sesuai Kebutuhan


dengan memilih harddisk sesuai kebutuhan merupakan cara untuk mengatasi sering rusaknya komponen Harddisk dan komponen lainnya. apabila anda adalah pekerja kantoran atau pakar yang sangat membutuhkan Harddisk dibidangnya maka pakailah Hardisk dengan kapasitas 1TB dan dengan kecepatan 7200 RPM.

Namun apabila anda memakai hardisk dengan tujuan hiburan seperti menonton, memutar musik, data browsing, atau foto maka yang anda butuhkan hanyalah hardisk minimal 500GB dengan kecepatan minimal 5400 RPM. maka dengan itu anda sudah bijak dalam memilih Harddisk.

2. Jangan Menginstall Dua Boot Atau Lebih


Dual boot merupaka metode installasi system operasi ganda yang mana kita dapat mengakses operasi system 1 dan kemudian kita dapat mengakses sistem operasi kedua apabila kita menghendaki. nah, kedua system ini bukanlah kecil untuk hardisk kita, karena apabila kita menginstall dua atau lebih system operasi maka kapasitas harddisk kita pun juga termakan.

3. Gunakan Penyimpanan Cloud


Penyipanan Cloud merupakan cara untuk menangkap suatu kejadian kehilangan data pada harddisk apabila harddisk anda telah mengalami kerusakan dan itu tidak memungkinkan untuk kembali. maka dengan adanya penyimpanan Online dapat membantu kita meringankan kinerja harddisk anda sehingga anda tidak perlu terpaku oleh penyimpanan media hardware anda yaitu harddisk, dan apabila harddisk telah rusak maka anda tidak perlu khawatir tentang data yang anda miliki karena anda masih bisa mengunduhnya di penyimpanan online karena sebelumnya anda telah menyimpannya disana.

4. Jangan Sering Install Ulang


Karena install ulang merupakan kegiatan read dan write yang sangat keras untuk membentuk suatu data dan dilengkapi system maka apabila anda sering installasi System Operasi maka itu sama saja anda memacu Hardware untuk terus bekerja keras sebanyak yang anda lakukan untuk install ulang.

5. Gunakan Stabilizer Atau Stavolt


Komponen Stabilizer atau Stavolt ini bertujuan untuk menstabilkan arus listrik. karena apabila arus listrik tidak stabil dapat memperngaruhi kinerja komputer kita dan semua komponen komputer dapat terancam bukan dikatakan tidak untuk harddisk. dan data dari harddisk pun juga bisa terancam apabila arus listrik tidak stabil atau lebih parahnya langsung mati listrik.

6. Gunakan Laptop Pada Media Yang Datar


Karena pada kenyataanya Harddisk menggunakan media penyimpanan disk yang berasal dari piringan magnetik, dan kinerjanya saat membaca data adalah dengan cara memutarkan disk maka data didalamnya dapat dibaca. namun apabila posisi laptop anda tidak stabil maka perputaran disk dapat menggores daerah lainnya didalam casing hardisk karena seringnya terjadi goncangan pada laptop anda, hal tersebut bukan semata hanya goncangan karena apabila hal tersebut terjadi maka dapat menjadikan piringan tergoren dan itu dapat mengakibatkan harddisk akan menjadi rusak.

7. Defragment Harddisk


Dengan cara ini maka anda membantu harddisk dalam menata dan mengurangi file yang tidak perlu untuk digunakan, yaitu misal file berformat alien atau tidak dikenal. dan anda juga menata tata letak sehingga hardisk dalam mengakses file anda menjadi lebih mudah dan harddisk anda pun minimalis dari yang namanya gangguan pada hardisk. umur hardisk pun lebih awet..

8. Memasang Antivirus Pada Komputer


Virus juga merupakan penyebab harddisk cepat rusak karena virus dapat merusak data anda didalam komputer sehingga yang semulanya isi dalam harddisk normal maka akan menjadi ektensi yang tidak karuan karena terinfeksi virus, bahkan virus Ransomeware dapat mengalihkan hak akses anda sebagai pemiliknya menjadi anda yang tak punya hak mengakses komputer sendiri.

9. Simpan Baik-Baik Harddisk


Apabila anda mempunyai hardisk portable maka hal utama dalam merawatnya adalah dengan cara menyimpan di tempat yang aman, jangan sampai hilang dan tertindih, apalagi terkena air. itu dapat mengurangi keawetan harddisk anda.

10. Jangan Sampai Jatuh


Jatuh pada semua alat elektronik dapat menjadikan hal yang tidak baik untuk komponen salah satunya adalah harddisk, selain dapat menjadikan rusak karena piringan atau komponen lain terganggu akibat jatuh dari ketinggian juga data yang ada didalamnya juga ikut terancam. jadi tips dari saya jangan sampai jatuh dan simpan jangan di tempat tinggi yang tidak aman. apabila tinggi namun aman itu tidak apa-apa.



Itulah yang dapat saya sampaikan untuk " Tips Cara Merawat Hardisk External Maupun Internal Kompoter Dan Laptop".
Semoga dengan cara diatas dapat membantu anda untuk menjaga dan merawat Harddisk dengan baik dan benar sehingga usia harddisk anda menjadi awet dan tidak selalu membeli yang baru atau kejadian kehilangan data karena kerusakan harddisk yang anda alami.
Sekian dan Terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments