Wednesday, January 3, 2018

Apa Arti Dari Disclaimer - Pengertian Dan Juga Fungsinya

Apa Arti Dari Disclaimer - Pengertian Dan Juga Fungsinya




Mungkin kalian sering sekali mengunjungi sebuah website, kemudian kalian mengetahui bagian Terms of Service, Privacy Policy dan Disclaimer pada website.
Namun saya disini akan membahas Disclaimer saja pada pembahasan kali ini.
Setelah kalian membaca Disclaimer pada suatu website mungkin bahasa inggriss dan mungkin bahasa indonesia. Namun, kesemuanya mempunyai tujuan yang sama lho sebenarnya sobat,

Berikut ini merupakan pengertian dan kegunaan dari Discaimer itu sendiri :

Pengertian Disclaimer


Disclaimer merupakan kalimat yang berisikan sebuah peringatan kepada pengunjung publik mengenai kualitas prodak barang reall, fungsi artikel, sebuah anjuran, ramalan dan benda abstrak lainnya.
Contoh : Saya menulis sebuah artikel analisa dari perekonomian, seharusnya memakai disclaimer yang isinya menyatakan bahwa semua apapun baik itu kerugian akibat mengikuti tulisan-tulisan saya ini maupun lainnya yang berada pada artikel saya ini adalah tanggung jawab dari masing-masing individu, bukan tanggung jawab dari penulis pada saat itu adalah saya.

Fungsi Disclaimer


Jadi, disimpulkan bahwa disclaimer adalah pernyataan untuk melepaskan semua tanggung jawab terhadap konten tersebut. Isinya yang berintikan sebagai pemindahkan tanggung jawab dari Originator atau Sumber kepada pemakai atau pengunjung.

Jika Disclaimer itu memang bermakna seperti demikian yang dijelaskan diatas, maka pertanyaan yang sering timbul adalah Bagaimana status hukum dari Disclaimer itu sendiri ?

Dalam sebuah situs Hukum Online sudah dijelaskan panjang lebar tentang makna dari Disclaimer itu sendiri yang intinya adalah bahwasannya disclaimer atau sebuah pernyataan penyangkalan diberikan dengan tujuan untuk mendapat perlindungan bagi pemilik website atau situs pemuat konten sebagai sarana pemberi informasi tentang tanggung jawab pengguna. Pembaca dari suatu situs sudah dianggap secara otomatis menerima syarat dan juga pernyataan yang berlaku pada situs tersebut, termasuk yang termuat dalam halaman disclaimer itu sendiri.

Namun, ternyata tidak begitu saja bisa semudah itu lepas dari tanggung jawab. hal ini sebagaimana dikatakan oleh Jaksa tinggi pada Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

Disclaimer tidak secara otomatis dapat melepaskan tanggung jawab hukum seseorang. Jaksa tinggi akan melihat profil dari seorang tersangka pemilik website, terutama untuk dapat mengetahui apakah yang bersangkutan mempunyai banyak catatan kejahatan. Pada umumnya, sah-sah saja memang menempatkan semacam barrier peringatan kedalam website (disclaimer) di sebuah sistem elektronik, tapi orang yang bersangkutan harus wajib untuk tetap mengawasi dan mengatur lalu lintas dari sebuah website miliknya dengan memuat informasi yang tidak buruk dan melanggar hukum yang berlaku.



Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan dalam pembahasan Apa Arti Dari Disclaimer - Pengertian Dan Juga Fungsinya.


Semoga dengan adanya artikel saya ini dapat bermanfaat untuk anda sekarang maupun untuk masa yang akan datang dalam membantu permasalahan anda hadapi seperti yang ada pada topik diatas.
Apabila ada kesalahan maupun kekurangan harap beri saran dan kritik di kolom komentar dibawah artikel ini.
Jangan lupa subscribe agar tidak ketinggalan artikel terbaru dari saya.
Sekian dan Terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments