Monday, January 1, 2018

Apa Itu Root Android Dan Apa Fungsinya?

Apa Itu Root Android Dan Apa Fungsinya?





Hai sobat,
Mungkin bagi beberapa diantara kalian banyak yang belum memahami apa sih itu Root bagi android ? Semakin lama pengguna dari system android semakin banyak, maka tak heran semakin banyaknya pengguna juga sejalan dengan keingin tahuan apa uniknya system operasi seluler ini. salah satu keuninakan dari system operasi ini adalah hampir sama dengan linux, yaitu systemnya yang dapat dikembangkan siapapun yang ingin mengembangkan OS tersebut atau dikenal dengan Open Source. dan fungsi dari Root adalah untuk menerobos System lebih jauh dan lebih dalam agar penggunaan lebih bebas tidak terikat halangan dan tentunya apabila ada kegiatan yang membutuhkan hak system maka dengan fungsi tersebut maka aplikasi yang meminta mengakses ke system akan jauh lebih leluasa merembet ke system untuk kepentingannya.

Berikut ini adalah pengertia ROOT yang mudah dimengerti :

ROOT atau Hak Akses Administrator


Root dan HAA adalah kedua fungsi yang hampir sama persis bahkan dibilang persis sih, dimana fungsi tersebut membebaskan user yang ingin mengubah, menghapus, memodifikasi tampilan, atau apapun yang menyentuh system dari OS dengan bebas itu adalah bernama Akses Root atau Hak Akses Administrator.
namun bukan berarti tidak beresiko. karena Handphone yang sudah mempunyai Hak akses ROOT dengan tidak mempunyai Akses Root adalah berbeda.

apabila Root dan salah dalam pengoperasian atau memodifikasi maka akan menyebabkan Botloop namun kalau anda sudah ahli dalam bidangnya maka menganggap botloop adalah hal yang biasa bagi para modifikator OS karena sudah santapan penelitian ini hehe. Namun, apabila anda pengguna awam dan tidak ingin bersusah karena masalah tersebut maka cara efektif mencegah hal tersebut adalah dengan tidak ROOT handphone anda. karena, banyak juga dari teman saya tidak mengetahui dampaknya dan dia hanya memikirkan fungsinya saja yaitu kebebasan penggunaan. meski anda bukan berniat memodifikasi atau otak-atik system namun apabila anda menginstall aplikasi yang berbahaya atau sedang menjalankan aplikasi kemudian malfunction/tiba-tiba berhenti atau salah penggunaan aplikasi maka akan berdampak pada system karena kode fatal setelah masalah tersebut akan masuk ke system kemudian merusak system. beda kalau belum di root jadi kalau ada masalah menjadikan system anda terlindungi dari modifikasi oleh luar system.

NB: kesalahan yang tak anda duga yang dapat menimbulkan fatal code bisa dari hal kecil seperti (handphone panas, aplikasi berhenti,dll)

Ibaratnya itu :


Sudah Root seperti Firewall terbuka maka anda bebas tanpa terhalang tembok ke tempat yang mudah terbakar namun apabila ada pemantik entah itu dari anda atau gesekan dari sepatu anda yang tidak anda ketahui maka anda harus siap untuk terbakar.



Tidak Root seperti Firewall aktif melindungi anda dari ancaman benda yang mudah terbakar dibalik tembok, namun anda harus siap menerima apa saja yang ada di daerah anda pijaki walau disisi balik tembok lain tersebut tersimpan banyak sekali yang belum anda ketahui dari yang bisa dimakan sampai benda yang mudah terbakar.

sangat unik bukan ?

lalu fungsi dari Rooting sendiri apa ?
banyak sekali keuntungan dan beberapa kekurangan dari fungsi diatas, berikut adalah keuntungan dan kekurangannya :

Keuntungan ROOT

  • Akses tanpa batas
  • Dapat memodifikasi isi System
  • Fitur lebih lengkap
  • Dapat mempercantik tampilan dengan cara mereplace atau memodifikasi system yang dinamakan Customize ROM
  • Dapat mengupgrade fungsi dan system
  • Mengendalikan penuh system dan hardware lainnya seperti RAM, CPU dan GPU 

Kekurangan ROOT

  • Membatalkan Garansi pada produk Android
  • Apabila terjadi kesalahan akan berdampak Botloop dan masalah lainnya.
  • Tweaking yang berlebihan akan menurunkan efektifitas kinerja System dan Hardware.


Sudah paham bukan?
Maka bagi kalian yang sudah siap akan konsekuensi kerusakan system demi mendapatkan banyak pengalaman tersebut disarankan untuk ROOT Android anda untuk mendapatkan pengalaman yang banyak dan menabjubkan.
Bagi kalian yang Awam, Tidak bisa mengatasi Botloop dan hanya menggunakan aplikasi umum saja maka saya sarankan untuk Tidak ROOT android yang dapat membahayakan system anda.



Semoga dengan artikel saya yang membahas Apa Itu Root Android Dan Apa Fungsinya?.
Saya harap bisa memberi anda pemahaman juga tidak salah kaprah dalam memilih pilihan sesuai keinginan dan kebutuhan anda.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau saran dan kritik bisa anda sertakan di kolom komentar di bawah artikel ini dengan baik dan sopan.
Sekian dan Terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments