Wednesday, January 24, 2018

Apa itu Virus WannaCrypt dan RansomeWare

Apa itu Virus WannaCrypt dan RansomeWare




Apa itu Virus WannaCrypt dan RansomeWare - JOKAM INFORMATIKA

sekarang lagi dihebohkan serangan ransomeware yang bernama WannaCrypt.
dimana pelaku menanamkan file dan mengeksekusi kemudian komputer korban yaitu data komputer semua data menjadi ektensi .WCry
dan akan di gerakan secara massal di internet oleh attacker dari 12 Mei 2017 - 20 Mei 2017

disini saya akan membahas apa sih Ransomeware dan gimana sih bentuknya?

APA SIH ITU RANSOMWARE

Ransomware adalah perangkat lunak perusak dari attacker yang mengenkripsi file pada komputer atau perangkat seluler yang sudah terinfeksi olehnya. Virus ini mengunci komputer dan mencegah pengguna mengakses semua file didalam komputer, dokumen dan gambar kemudian meminta korban agar pembayaran dilakukan supaya infeksi dapat dilepaskan.

Komputer biasanya terinfeksi pada jaringan saat pengguna sedang membuka dari tautan atau lampiran email dari pesan email berbahaya attacker. atau dikenal sebagai email phishing, pesan ini sering dikirim dari akun email attcker yang disamarkan biasanya fake atau palsu. Tujuannya, agar terlihat seperti aseli berasal dari entitas yang sudah dikenal atau sudah dipercaya. Hacker juga dapat menanam malware ini di situs website.

LOCK SCREEN

beberapa kecil pengguna mungkin tidak langsung menyadari bahwa komputer miliknya telah terinfeksi. Beberapa jenis ransomware juga menunjukkan “layar kunci” yang memberitahukan penggunanya bahwa file mereka telah dienkripsi oleh attacker. Lock Screen tersebut menuntut agar korban membayar agar dapat membuka kunci file.

Meskipun demikan, instansi dan penegak hukum menyarankan para korban agar tidak membayarkan uang tebusan. Mereka telah mengatakan bahwa setelah pembayaran mendorong hacker lebih kriminal lagi suatu saat. Ditegaskan pula bahwa tidak ada jaminan setelah pembayaran ke attacker akses ke file akan dipulihkan atau tidak.

Oleh karena itu, Anda harus jauh lebih berhati-hati sebelum mengklik link email dari sumber yang tidak diketahui ataupun alamat website yang tidak umum. Sobat juga diharuskan untuk menginstal pembaruan keamanan pada komputer agar proteksi bertambah dan membuat cadangan file pada penyimpanan selain komputer anda , contohnya Flashdisk anda dan lebih disarankan agar di upload di penyimpanan awan online apabila terjadi serangan yang tidak diketahui.

VIRUS WANNA CRYPT

Serangan online pada hari Jumat kemarin menargetkan semua kerentanan yang dapat diketahui pada sistem operasi Windows. Microsoft mengatakan bahwa mereka telah merilis update terbaru pada Windows untuk melindungi pengguna windows terhadap serangan virus. Namun ternyata, tidak semua orang telah memasangnya.
Virus ini awalnya berektensi EXE, maka dari itu anda diharapkan dapat berhati-hati terhadap file asing, dan jangan tergiur oleh nama dan kegunaanya kalau anda belum mengetahui sumber aseli file tersebut.

Untuk mengatasinya coba bacalah : Cara Memperbaiki Registry EXE Error Pada Windows 7
Setelah ektensi .exe anda kembali pulih,
maka bukalah CMD kemudian ketik perintah :
Assoc.bat=batfile [enter]
Assoc.jpg=jpegfile [enter]
Assoc.txt=txtfile [enter]
Assoc.html=Htmlfile [enter]
Assoc.REG=regfile [enter]
Assoc.doc=Word.Document.8 [enter]
Assoc.mp3=Winamp.File [enter]


Dengan begitu semua file anda akan kembali normal,
jangan lupa untuk mencari file virus tersebut pada temp dan system sobat kemudian hapus.



Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan,
terus berhati-hati dan terus waspada akan semua tingkahlaku didunia ini, kenali dan antisipasi.
semoga artikel saya dapat membantu anda.
harap subscribe untuk mengikuti berita dan trik terbaru.
Sekian dan Terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments