Saturday, January 27, 2018

Bahaya Dan Tips Menghindari Isu Hoax Di Sosial Media

Bahaya Dan Tips Menghindari Isu Hoax Di Sosial Media




Bahaya Dan Tips Menghindari Isu Hoax Di Sosial Media - JOKAM INFORMATIKA

Hoax - Adalah salah satu hal yang paling banyak di perbincangkan pada media sosial utamanya adalah facebook dan juga sosial media lainnya, hoax ini bersifat memberikan rasa penasaran seseorang atas berita yang dimuat ataupun suatu pengetahuan namun isi dari pengetahuan atau berita tersebut jauh dari sifat yang sebenarnya atau bisa dikatakan berita/pengetahuan yang palsu. hal ini biasanya dimanfaatkan seseorang untuk menggapai suatu pengunjung atau pembaca internet yang banyak, karena selain dapat membuat seseorang bertanya-tanya akan konten tersebut juga dapat membuat seseorang berniat untuk ingin mengetahui semuanya yang dimuat, namun pembaca sendiri tidak mengetahui hal tersebut benar adanya atau hanya fiktif belaka.

Hoax sendiri di negara indonesia sudah memasuki ranah hukum pada tahun 2014 dengan adanya pembaruan bahwa media sosial atau internet tidak boleh digunakan dengan menyalahgunakannya dan salah satunya adalah memuat konten bersifat Hoax, dikarenakan berkembangnya teknologi tersebut dan banyaknya penyebar berita hoax tersebut pun pemerintah membuat sebuah peraturan yang didalamnya memberi tindak pidana pada pelaku pemuat konten palsu atau hoax.

Hoax juga dapat mengacu pada suatu kasus atau suatu berita pencemaran nama baik seseorang, maka apabila anda adalah pembaca berita yang cerdas maka anda tidak dapat terus percaya begitu saja atas semua berita yang sudah anda baca, karena penyebar juga dapat lho terkena dampak pidana tersebut.

Berikut ini adalah beberapa saran dari saya agar anda tidak terpengaruh dengan isu atau berita yang hoax sehingga anda tidak share atau percaya begitu saja dengan apa yang sudah anda baca, berikut adalah caranya :

1. Kenali Situs Terpercaya


Situs yang terpercaya merupakan syarat modal dasar yang harus anda pahami, karena situs yang sudah besar tentu akan memikirkan konten yang akan dimuatnya demi memuaskan para pembacanya dan juga dampak juga sebab akibat setelah mereka mempublikasikan konten mereka, maka dari itu kualitas tentu sudah mereka uji kebenarannya dan juga nilai-nilai lain yang terkandung didalamnya sehingga situs mereka lebih berhati-hati dan lebih terpercaya tentunya.

2. Pahami Kata Yang Ada


Kata merupakan hal yang dipakai manusia untuk menyampaikan suatu pesan atau suatu berita, maka dari itu anda haruslah mengetahui dan memahami maksud dari perkataan dan berita yang ada, karena hoax sendiri dapat timbul karena pemahaman dari pembaca yang tidak sejalan dengan maksud dari website penyampai suatu berita, dengan demikian hal yang sudah dibaca bisa menjadi berbelok kebenaranya karena pendapat atau pemikiran dari pembaca yang tidak sejalan dengan si website.

3. Tanyakan Kebenaran Pada Orang Lain


Dengan bertanya maka anda dapat mengetahui beberapa pengetahuan yang tentunya lebih lengkap ketimbang hanya membaca sendirian, karena semua orang apabila pendapat mereka di kelompokkan menjadi satu(musyawarah) akan menjadikan pengetahuan yang baku. dan pengetahuan yang baku biasanya memiliki kebenaran yang nyata apabila anda menanyakan ke banyak orang yang memiliki pemikiran yang tinggi atau minimal mengetahui pembahasan atau berita yang sedang anda cari atau sedang anda baca.

4. Jangan Gampang Share Atau Menyebarluaskan


Karena salah satu hukum di indonesia mengatakan bahwa penyebar juga tidak luput dari hukuman apabila berita yang mengandung hoax disebarluaskan, maka pelaku tentunya akan mendapatkan suatu hukuman yang sudah diatur didalam undang-undang ITE tentang isu yang palsu. maka untuk menghindarinya tersebut janganlah gampang menyebarkannya apabila anda tidak memiliki pemahaman yang sangat atau bagus(tidak mengetahui kebenaranya) maka akan lebih baiknya anda cukup membacanya, dan apabila anda masih ingin mengetahui maka anda dapat melakukan hal No.3 diatas atau cukup tidak peduli(cuek) dengan berita yang ada.

5. Melaporkan Apabila Menjumpai


Apabila anda memiliki pemahaman(mengetahui) tentang kebenaran berita namun anda menjumpai berita hoax tersebut di sebuah internet maka anda dapat melaporkan kepalsuan tersebut supaya tidak banyak orang yang tertipu atau terpengaruh tentang isu yang sudah beredar tersebut. namun apabila anda tidak ingin juga tidak masalah bagi anda, maka anda cukup diam itu lebih baik daripada terpengaruh.



Itulah yang dapat saya sampaikan dari Bahaya Dan Tips Menghindari Isu Hoax Di Sosial Media.
Semoga semua orang tidak gampang terpengaruh dari muatan konten yang dibuat oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab atas kualitas mutu konten yang dimuat.
Sekian dan Terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments