Tuesday, January 2, 2018

Pengertian Bahasan Pemrograman C++

Pengertian Bahasan Pemrograman C++





Di dunia pengkodingan banyak sekali jenis-jenis koding, salah satunya adalah jensi C++ disini memiliki keunikan tersendiri. C++ sendiri banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi komputer.

Sejarah C++


C++ - merupakan bahasa pemrograman komputer yang di buat dan diprakarsai oleh Bjarne Stroustrup. C++ sendiri merupakan perkembangan dari bahasa sebelumnya yaitu C yang dikembangkan di Bell Labs oleh Dennis Ritchie pada awal tahun 1970-an, Bahasa pemrograman itu diturunkan dari bahasa sebelumnya yaitu BCL, Sebenarnya pada awalnya, bahasa tersebut memang dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi pemrograman ANSI atau dikenal dengan (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi yang dominan, Meskipun versi C tersebut sekarang jarang sekali untuk dipakai dalam pengembangan sistem dan sebuah jaringan maupun untuk sistem embedded namun hal tersebut masih berlaku, Bjarne Stroustrup sendiri pertama kali dalam pengembangkan C++ dimulai pada awal 1980-an, demi mendukung dari semua itur-fitur yang ada pada C++, dibangunlah efisiensi dan sistem support yang diperuntukan untuk pemrograman C++ tingkat rendah (low level coding).

Didalam C++ sendiri juga ditambahkan beberapa konsep-konsep dan gagasan baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan juga overloading. Salah satu dari perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi pada objek (Object Oriented Programming).

Perbedaan Antara Bahasa pemrograman C dan C++ 


Meskipun bahasa pemrograman tersebut menggunakan sintaks atau baris perintah yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan,
  • Bahasa C adalah sebuah bahasa dasar tingkat tinggi yang sifatnya kompleks dan membangun logika atau algoritma. C merupakan bahasa pemrograman yang bertypekan prosedural, yang mana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan cara membagi-bagi masalah tersebut kedalam kelompok submasalah yang lebih kecil,
  • Sedangkan Bahasa C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi pada objek, Untuk dapat menyelesaikan sebuah masalah, C++ akan melakukan langkah pertama dengan menjelaskan atribut-atribut class yang merupakan anak class yang sudah dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik induk, Class tersebut berisi beberapa keadaan sebuah object, anggota-anggota dari object dan juga kemampuan dari object tersebut, Setelah beberapa Class telah dibuat kemudian masalah tersebut akan dipecahkan dengan Class lainnya.

Kedua bahasa diatas merupakan bahasa tingkat tinggi.
Bahasa Tingkat Tinggi merupakan bahasa yang mudah untuk dipahami oleh manusia dikarenakan bahasa ini hampir berlandaskan kosakata sehari-hari manusia yaitu bahasa inggris, Contoh lain dari bahasa tingkat tinggi selain C dan C++ adalah Pascal , Perl, Java, dan lain sebagainya. Sedangkan bahasa pemrograman tingkat rendah merupakan bahasa mesin atau bahasa assembly.

Secara sederhana sebuah komputer hanya dapat mengeksekusi program yang sudah ditulis dalam bahasa mesin itu sendiri. Oleh karena itu, apabila suatu program ditulis dalam bahasa tingkat tinggi, maka program yang berjalan tersebut harus diproses dahulu sebelum bisa dijalankan dan dieksekusi oleh komputer dengan baik.

Proses untuk mengubah atau men-translate dari bahasa tinkat tinggi ke bahasa tingkat yang rendah dalam bahasa pemrograman ada 2 tipe yaitu Intrepenter dan Compiler.



Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan pada pembahasan dalam artikel yang berjudulkan Pengertian Bahasan Pemrograman C++.


Semoga dengan adanya artikel saya ini dapat bermanfaat untuk anda pada suatu saat apabila ada kendala yang sama berkaitan dengan artikel ini.
Apabila ada kekurangan dan kesalahan harap beri masukan di kolom komentar dengan baik dan sopan.
Sekian dan Terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments