Monday, January 1, 2018

Pengertian Dan Struktur Cache Memory Pada Komputer

Pengertian Dan Struktur Cache Memory Pada Komputer





Tahukah sobat dengan yang dinamakan cache pada memory?
Cache merupakan hal yang penting untuk menentukan kecepatan loading pada komputer. karena selain hardware dengan type yang tinggi apabila cache banyak maka kemungkinan menjadi lemot adalah sangat besar.
Berikut ini merupakan pengertian dari cache tersebut :

Pengertian Memory Cache


Cache Memory - merupakan tempat untuk menyimpan sementara dari cache data suatu komputer. Cara ini dimaksudkan dengan tujuan untuk meningkatkan kecepatan sebuah transfer data pada komputer dengan cara menyimpan data yang pernah diakses sebelumnya oleh komputer kemudian disimpanlah pada ruang cache tersebut, sehingga apabila user ingin mengakses data yang sebelumnya sudah pernah tersimpan maka dengan cara memanggil data tersebut kembali menurut data yang diinginkan untuk diakses maka dengan cara tersebut tidak akan memberatkan kinerja system untuk mencari data yang pernah dibuka sebelumnya yang hiilang karena tidak adanya cache.

Cache memori ini adalah memori mempunyai tipe SDRAM yang memiliki kapasitas terbatas namun memiliki kecepatan yang terbilang sangat tinggi dan juga harganya yang lebih mahal daripada memory utama. Cache dengan menggunakan memori ini terletak diantara RAM dan juga Register sehingga pemrosesan data tidak langsung membebankan memori utama.

Struktur Memory Cache


Memori utama dari cache juga terdiri dari 1N sampai dengan 2N Word alamat, masing-masing dari word mempunyai N-bit alamat yang sangat unik.
Adapun dalam keperluan pemetaan, memori ini terdiri dari beberapa jumlah blok yang mempunyai panjang istilahnya adalah K word dari setiap masing-masing bloknya. Maka demikian, ada M = 2n Word/K Word blok. Cache sendiri terdiri dari C baris yang masing-masing mengandung K word, adapun banyaknya baris tersebut jauh lebih sedikit ketimbang dengan banyaknya blok pada memori utama (RAM).



Mungkin cukup sekian penyampaian dari artikel saya yang berjudul Pengertian Dan Struktur Cache Memory Pada Komputer.


Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah ilmu dan inspirasi yang bermanfaat dari saya yang diharapkan bisa membantu anda kelak dalam menjawab tentang masalah anda mengenai Cache.
Apabila ada kekurangan atau kesalahan harap cantumkan di kolom komentar atau beri masukan dengan baik dan sopan.
Sekian dan Terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments