Wednesday, January 3, 2018

Pengertian, Fungsi, Sejarah Dan Kelebihan CSS (Cascading Style Sheets)

Pengertian, Fungsi, Sejarah Dan Kelebihan CSS (Cascading Style Sheets)





CSS - adalah kepanjangan dari Cascading Style Sheets. Didalam CSS sendiri Berisi semua rangkaian atau instruksi yang dapat menentukan tentang bagiamana suatu text yang akan ditampilkan di halaman web menjadi lebih beragam. Perancangan dari desain teks tersebut dapat dilakukan dengan cara mendefinisikan bentuk fonts(huruf), colors(warna), margins(batas ukuran), background(tema), font size(ukuran huruf) dan lain-lain sebagainya.

Selain pada bentuk memperindah teks pada website, CSS juga mampu merancang tampilan bentuk dan aneka kreasi yang lebih berwarna dan juga menarik, Cascading Style Sheets juga bisa diartikan untuk meletakkan styles yang berbeda pada layers(lapisan) yang berbeda pada website.
CSS terdiri dari elemen-elemen yang akan memberitahukan kepada browser dan melakukan eksekusi tentang bagaimana suatu dokumen didalam website akan disajikan dengan gaya yang lebih menarik. Beberapa fitur lama akan digantikan dengan tampilan yang mengagumkan dari Style Sheet.

Saat anda sudah mendeklarasikan suatu fungsi font maupun tampilan class dengan menggunakan CSS, Maka anda tidak perlu repot-repot untuk menulis kembali font seperti deklarasi anda, namun hanya dengan menggiring font anda ke class maka font anda akan mengikuti fungsi induk yang berada pada CSS anda implementasikan sebelumnya. Bahkan color atau size pada setiap tulisan website anda tidak perlu mengulang-ulang penulisan apabila banyak font yang akan dibutuhkan pada setiap dokumen anda.

Setelah anda membuat sebuah style sheet, simpan dengan baik kode tersebut apabila anda ingin memakai fungsi tertentu maka anda hanya perlu memanggil fungsi yang sudah anda implementasikan didalam CSS sebelumnya.

Fungsi Pemrograman CSS


Fungsi Utama CSS adalah merancang, merubah, mendisain, membentuk halaman wesite(blog juga website). dan isi dari halaman website adalah tag-tag html, logikanya css itu dapat merubah tag-tag html(yang sederhana) sehingga menjadi lebih fungsional dan menarik..

Sejarah Pemrograman CSS


Pemrograman CSS didapat dari beberapa fakta bahwa setiap deklarasi dari beberapa fungsi style yang berbeda untuk mengatur tampilan dan juga huruf dapat diletakkan secara berurutan menjadi satu file bernama CSS, kemudian membentuk Induk dari CSS dan cabang pada setiap pemanggil style didalam sebuah website. CSS sendiri merupakan sebuah gagasan teknologi perkembangan dari internet dan sangat direkomendasikan oleh badan World Wide Web Consortium atau W3C pada tahun 1996.

Setelah pemrograman CSS distandardisasikan, Internet Explorer dan juga Netscape meluncurkan sebuah browser terbaru dari mereka yang dapat bekerja dibawah kinerja CSS pada website kemudian disusul banyak sekali pengembang-pengembang browser ikut dalam penyambutan CSS di dunia internet tersebut. 

Kelebihan Pemrograman CSS

  • Telah didukung oleh semua browser pada zaman ini, namun tidak didukung dan tidak bisa dioperasikan oleh browser-browser yang sangat lama.
  • Lebih fleksibel dalam penempatan posisi dan layout bentuk. Didalam layout CSS, kita mengenal Z-Index yang berfungsi untuk menempatkan objek agar tetap dalam posisi yang sama.
  • Menjaga kehematan coding file HTML maupun PHP dalam penggunaan tag berulang-ulang, maka dengan adanya CSS hanya dengan beberapa deklarasi berkait dengan CSS menjadikan lebih hemat coding, hal ini dapat berpengaruh terhadap ukuran dari berkas dan kecepatan akses website, pengunduhan maupun upload.
  • lebih mengutamakan konten tulisan karena selain ringan dapat menjaga kestabilan pageload pada website, sementara gambar maupun video atau berkas lainnya yang berat akan ditampilkan sesudah konten tulisan dan bentuk selesai dimuat.
  • CSS adalah fungsi layouting pada website dengan penggabungan antara HTML dengan CSS menjadikan XHTML.



Saya kira cukup sekian penjelasan dari saya tentang Pengertian, Fungsi, Sejarah Dan Kelebihan CSS (Cascading Style Sheets).


Semoga dengan adanya artikel saya ini memberikan anda ilmu yang bermanfaat dan saya harapkan dapat menambah wawasan anda lebih banyak.
Apabila ada kekurangan dalam saya menyampaikan dimohon untuk memberi kritik dan saran di kolom komentar dibawah artikel, dan jangan lupa subscribe di bagian kolom subscribe dibawah dengan menggunakan Email untuk mendapatkan artikel Informatika bermanfaat terbaru setiap harinya.
Sekian dan Terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments