Friday, January 19, 2018

Pengertian Jaringan TOR (the onion router)

Pengertian Jaringan TOR (the onion router)




Pengertian Jaringan TOR (the onion router)

Jaringan TOR (the onion router) - Atau bisa disebut jaringan bawang adalah server yang membuat pengguna menjadi anonim di internet.
Tor bekerja dengan cara mengarahkan lalu lintas internet anda ke lebih dari 3 relay sebelum sampai ke tujuan. Pengertian sederhananya komputer anda akan melalui komputer komputer lain secara acak minimal hingga 3 dari 4000 lebih komputer sukarelawan di dalam jaringan TOR untuk dapat mengakses sebuah situs.

Karena keamanan berlapis tersebutlah jaringan ini disebut sebagai jaringan bawang.
Identitas kita tidak dapat di ketahui sehingga bisa dipastikan kita tidak terlacak ketika memakainya. namun begitu data yang kita kirimkan tetap tidak terjaga keamanannya karena Jaringan TOR hanya melakukan Enkripsi data sampai ke pintu masuk ‘exit relay’.

Jaringan TOR juga di ceritakan kedalam Film MR.Robot Episode 1.
Elliot berhasil membuka kedok seorang pengedar konten sex dibawah umur dengan cara mengontrol Exit Node/relay dari jaringan TOR.

Mungkin anda penasaran kenapa DeepWeb (Dark Web) itu ada ?
Situs berdomain dot onion hadir sebagai bentuk perwujudan terkumpulnya situs-situs yang berlawanan dengan hukum namun tetap bisa bebas di akses melalui jalur khusus.
Pemilik site berdomain onion pastilah orang orang yang identitasnya tidak ingin di ketahui. Jika mereka buka cabang di Internet biasa maka habislah mereka karena gampang terdeteksi.

Cara mengakses Deep Web (Dark Web) tersebut adalah dengan menggunakan TOR Browser yang bisa di download di internet.

Ketika menggunakan Tor Browser anda bisa membuat identitas sendiri dengan membuat virtual IP Address sehingga IP sebenarnya tetap dirahasiakan.
Jika merasa belum aman anda juga bisa membuat tor browser terkoneksi ke proxy / vpn anda terlebih dahulu. dengan demikian tidak hanya ip address kita yang di sembunyikan namun juga fakta bahwa anda yang sedang memakai jaringan TOR.
Beberapa tips ini mungkin bisa menghindarkan anda dari masalah :
  • Jangan mendaftarkan username dan password anda secara sembarangan , apalagi jika password tersebut sama dengan yang anda gunakan pada email anda atau Facebook anda.
  • Sebaiknya jangan Mendownlod konten di dalam Deep Web. tidak ada jaminan file yang akan anda ambil aman dari virus. browser Tor hanya mengamankan identitas anda, tidak mengamankan data konten.
  • Pasang dan selalu perhatikan Indikator trafik Internet, Jaga-jaga siapa tau ada trafik yang mencurigakan.
  • Jangan berlebihan seperti Menutup Kamera Laptop Anda segala saat memasuki Dark Web. Untuk mengakses laptop anda Hacker memerlukan IP Address (IP anda sudah disembunyikan oleh TOR), Lalu dia masih harus membobol password login anda di OS masing masing atau menunggu anda mengijinkan jalan masuk yang lain. Berapa waktu dan tenaga yang terbuang untuk melihat wajah kita yang tidak begitu penting ? . keamanan kita sudah berlapis lapis.
  • Deep Web tidak sengeri yang anda bayangkan, kontennya memang tidak normal tapi jika anda beranggapan dengan mengaksesnya anda dalam bahaya. anda tidak sepenuhnya benar, cukup berhati hati saja.
  • Sering melihat hal-hal yang aneh akan mengubah anda secara Psikologis.



Itulah beberapa pengertian tentang Pengertian Jaringan TOR (the onion router).
Semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda maupun orang lain yang mencari tentang hal ini.
Sekian dan Terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments