Tuesday, February 6, 2018

10 Cara Penulisan Konten Pada Blogger Atau Website Yang Baik Dan Benar

10 Cara Penulisan Konten Pada Blogger Atau Website Yang Baik Dan Benar




10 Cara Penulisan Konten Pada Blogger Atau Website Yang Baik Dan Benar - JOKAM INFORMATIKA

Penulisan Konten - Konten merupakan salah satu hal yang penting didalam penulisan sebuah website agar memberikan sebuah pengalaman ataupun keilmuan yang bermanfaat bagi semua pengunjungnya ataupun para pembacanya, kualitas dari konten sendiri dapat ditinjau dari kerapian, penyampaian, isi konten, tata bahasa dan tata letak dari huruf yang dimuat. semuanya memang penting bagi pembaca agar pembaca dapat mengerti dan faham serta dapat betah membaca artikel kita. selain itu konten yang bagus juga mempengaruhi trafik pada website anda, sedangkan apabila konten jelek maka dapat dipastikan trafik anda tidak menanjak atau bahkan bisa longsor menurun secara drastis. Selain itu dengan adanya penulisan yang tepat maka pengunjung akan mengira bahwa website anda sangatlah profesional adanya, maka bukan mustahil mereka akan menjadikan website anda sebagai salah satu acuan bagi mereka apabila mereka menjumpai masalah yang berhubungan dengan jenis konten anda seperti kesehatan, teknologi dan resep ataupun lain sebagainya.

Dengan cara anda mempelajari cara penulisan yang baik maka anda dapat menjadikan website anda semakin disegani dan tentunya lebih jelas akan pemberian pengetahuan yang disampaikan. Pada dasar seseorang yang tidak ahli dalam penulisan akan menjadi mahir apabila mereka menginginkan untuk menjadi penulis yang handal dan baik didalam penulisan kontennya, karena cara untuk menulis yang baik dapat anda pelajari sejak dini dengan cara melihat berbagai banyak konten sebuah atau lebih website sebagai tolak ukur atau acuan anda. selain itu anda dapat membaca tentang bagaimana cara membuat konten dan penulisan yang baik contohnya ini adalah artikel saya ini yang memberikan wawasan tentang hal itu. Untuk melakukannya tidaklah terlalu sulit apabila anda sudah bisa melakukannya, karena hal ini hanya membutuhkan insting dan nalar seorang pembaca sekaligus penulis dengan mengedepankan kenyamanan pembaca saat membaca penulis.

Berikut ini adalah berbagai cara yang dapat anda jadikan cara untuk anda apabila anda seorang penulis sebuah website atau blogger :
Kita akan membahasnya dari Atas(Awal Artikel) sampai bawah(habisnya artikel).

1. Judul Heading dan Largest


Kenapa hal ini perlu dilakukan ? karena judul merupakan hal yang perlu ditekankan dan diutamakan untuk dibaca sebelum pembaca membaca semua pokok isi ataupun konten dari artikel anda, dan apabila didalam penulisan saja anda beri ukuran kecil dan tidak menonjol daripada tulisan yang lain maka dapat dinilai artikel anda berikutnya tidaklah sempurna atau buruk meskipun konten lainnya baik dan tepat, hal ini karena disebabkan salahnya penulisan judul pada artikel anda. dan ini tidak bisa ditawar atau dihindari.

2. Gambar Utama Ekstra Large dan Bagus


Gambar utama hampir sama dengan judul yaitu harus di lebih tonjolkan daripada gambar lain, maka untuk penembatan gambar dibawah judul dengan memberikan 3 enter barulah gambar utama berada. Gambar utama dari konten anda haruslah sinkron atau mendukung fakta dari artikel, contoh sederhananya adalah apabila konten anda membahas jam dinding maka gambar utama haruslah berhubungan dengan gambaran jam dinding, hal yang salah kaprah adalah memberikan gambar selain dari hubungan jam dinding yaitu gambar bakso. mungkin bagi anda pembaca akan tertawa dan mungkin akan kebingungan tentang hal yang disampaikan sebenarnya apa ?.

Selaian itu, gambar utama adalah acuan(mewakili) dari konten anda maka gunakanlah gambar yang menurut anda terbaik dari yang terbaik karena pengunjung akan merasa nyaman sebelum mereka membaca artikel anda lebih lanjut.

3. Pokok Pembahasan


Pokok pembahasan bisa dikatakan inti dari pembahasan, atau bisa dikatakan isi pokok, ide pokok, gagasan dan lain sebagainya. dalam penulisannya anda harus menggunakan tulisan yang "Large" dan dikombinasikan dengan style "Bold", anda dapat melihat tulisan diatas didalam artike ini tepat dibawah gambar utama yang bertuliskan "Penulisan Konten -". hal ini berguna agar pengunjung tahu tentang pembahasan serta pokok isi yang akan anda bahas sebelumnya.

4. Pengertian


Pengertian merupakan kumpulan kalimat pemerjelas dan pendukung dari kalimat inti pokok pembahasan, hal ini sangat wajib anda jelaskan secara penuh sehingga pengunjung akan mengerti, namun apabila anda lebih memilih memperjelaskannya di bagian isi juga tidak apa-apa, asalkan pengertian dapat mendukung istilah isi pokok dari pembahasan meski tidak lengkap.

5. Isi Konten


Isi konten mungkin kalian sudah memahami dan tidak perlu saya jelaskan, alangkah baiknya anda membuat konten dengan isi konten lebih dari 300 kata agar pengunjung lebih memahami dan mengerti secara menyeluruh.

6. Jarak Satu Enter Setiap Paragraf


Didalam sebuah kalimat mungkin mengandung banyak paragraf apabila pembahasan konten yang anda bahas sangat padat dan memiliki banyak paragraf, namun anda perlu mengetahui bahwa pengunjung akan sangat pusing dan tidak nyaman ketika membaca paragraf yang bersatu, menempel, panjang dll sebagainya. maka untuk memberi kenyamanan pada pengunjung maka anda dapat memberikan jarak satu baris kosong(enter) kepada paragraf yang berbeda. sedangkan paragraf yang baik dan bagus adalah paragraf yang memiliki baris tidak lebih dari 10 baris. karena manusia akan sangat lelah membaca paragraf yang memiliki banyak kata, mata manusia akan beristirahat ketika melihat tanda baca (`,."'/ ataupun enter) maka anda dapat menggunakan tanda paba tersebut ketika pernyataan anda sudah terbilang cukup.

7. Style Khusus


Style khusus diperuntukan bagi kelimat yang memiliki fungsi penting, ilmiah dan perlu untuk dibaca ulang. seperti kata penting yang perlu di bold, kata ilmiah yang perlu di italic dan kata penting namun tidak pantas di bold akan tetapi perlu ditekankan maka dapat diberi style underline seperti : Alamat sudah tidak tersedia, Fitur tidak ada, Peringatan dan lain sebagainya.

8. Tidak Bertele-tele


Kata yang sering membuat bingung adalah kata yang tidak baku, tidak memiliki kejelasan yang pasti dan terlalu berputar-putar didalam penyampainnya. biasanya hal ini disebabkan karena terlalu berlebihannya penggunaan kata bantu seperti (dan, karena, disebabkan, atau, oleh, ke, yang, pada dan lain sebagainya). Apabila anda terlalu sering menggunakan kata tersebut didalam paragraf yang sama sehingga membuat apa yang anda sampaikan bertele-tele biasanya pengunjung merasa bingung dan ini merupakan kesalahan anda yang sangat fatal dan perlu untuk diperbaiki.

9. Menggunakan Subheading dan Large untuk kalimat Sub Pembahasan


Sub pembahasan juga tidak luput dari pengawasan kita, karena biasanya pengunjung akan langsung mencari tulisan yang besar atau pokok sub pembahasan yang ia ingin cari, pada artikel saya ini sub pembahasan adalah (1. Judul Heading dan Ekstra Large, 2. Gambar Utama Ekstra Large dan Bagus, 3. Pokok Pembahasan dan lain sebagainya sampai ke.9 pembahasan ini). kata sub pembahasan tersebut perlu di istimewakan daripada tulisan lainnya layaknya judul dan isi pokok karena sub heading merupakan pembahasan yang biasanya dicari oleh pengunjung sebelum membaca isi dari sub pembahasan. namun apabila didalam artikel anda tidak memiliki sub pembahasan maka anda dapat melewati hal ini karena memang di kontn anda tak memilikinya.

10. Kesimpulan Dan Ucapan Terimakasih


Untuk kesimpulan anda dapat membuat sesuai selera, namun anda harus memberinya jarak dari 3 sampai 5 enter dari akhir pembahasan guna memberi kesempatan mata pengunjung agar tidak terlalu lelah sebelum membaca kesimpulan yang akan anda sampaikan beserta ucapan modifikasi anda yang baik dan sopan guna mengakhiri pembahasan konten anda. maka hal ini akan membuat pengunjung tidak terlalu cepat, sehingga santai saat membaca kesimpulan juga ucapan terimakasih serta modifikasi kata anda yang mendukung kenyamanan pembaca artikel anda.


- Bagi anda yang sudah sangat mahir didalam pembuatan artikel mungkin sudah tidak memerlukan hal ini, akan tetapi apa yang sudah saya sampaikan ini mungkin bisa memberikan masukan beberapa atau lebih kepada anda.
- Untuk anda yang masih awam mungkin akan mengalami beberapa atau banyak kendala yang akan memberatkan anda pada saat pembuatan artikel anda, namun anda janganlah menyerah untuk terus belajar mengedepankan kenyamanan pembaca baik dari segi tulisan maupun kosa kata yang kita gunakan.
- Untuk urusan SEO, ini sangatlah tidak mendukung hal itu namun bagi anda yang mengedepankan mutu artikel anda maka hal ini sangat penting bagi anda demi kenyamanan pembaca.



Mungkin cukup sekian apa yang sudah saya sampaikan didalam artikel yang berjudulkan 10 Cara Penulisan Konten Pada Blogger Atau Website Yang Baik Dan Benar.
Semoga dapat bermanfaat bagi anda baik yang sudah mahir ataupun masih awam tentang kiat penulisan artikel yang baik dan enak dibaca.
Sekian dan Terimakasih




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments