Saturday, February 3, 2018

7 Kebiasaan Buruk Manusia Tentang Gadget

7 Kebiasaan Buruk Manusia Tentang Gadget




7 Kebiasaan Buruk Manusia Tentang Gadget - JOKAM INFORMATIKA

Kebiasan Buruk - Memang salah satu sifat negatif yang dimiliki manusia, hal ini memang alami dimiliki dari lahir maupun memang terbentuk pada saat zaman tersebut. sedangkan kebiasaan buruk juga dapat terjadi pada saat manusia tersebut menggunakan gadget mereka, dilain sisi juga dapat menimbulkan bahaya bagi orang lain juga dapat menyebabkan bahaya kepada dirinya. Sifat bahaya dari kebiasaan buruk dapat menimbulkan bahaya yang bervariasi yang dimulai dari radiasi sampai merenggut nyawa diri sendiri maupun nyawa orang lain. hal ini terjadi karena teknologi yang dipakai tersebut disalah gunakan oleh pemakai baik secara disengaja ataupun tidak, terlebih lagi didalam penggunaan teknologi komunikasi tersebut siapa saja dapat dengan bebas menggunakannya tanpa pengawasan. maka hal ini tentu akan mendukung hal negatif dapat muncul.

Gadget memang sangat diperlukan di era yang modern ini karena manusia akan sangat terbantu dengan adanya trobosan teknologi dibidang komunikasi, yang dahulu seseorang yang ingin menghubungi seseorang yang lain menggunakan surat kertas yang dikirimkan oleh burung pengantar surat namun hal ini dapat dimudahkan dengan adanya teknologi komunikasi berupa gadget, kelebihan gadget adalah dapat mengirim pesan kepada orang lain yang menggunakan perangkat yang serupa yaitu gadget dan menggunakan sim card untuk dapat dijadikan media perantara dan penyimpan pesan. selain itu pengguna juga dapat mengirim gambar ataupun video melalui multimedia dan tentu dikenakan tarif tergantung ukuran file yang dikirim. lebih menariknya lagi, anda dapat mengirim apapun itu(bebas) secara gratis tanpa acuan Sim card kepada semua orang hanya dengan menggunakan media internet dan media sosial.

Namun dari berbagai kemudahan tersebut, masih ada beberapa pihak yang menyalahgunakan dan tidak memikirkan dampak yang akan terjadi apabila mereka menggunakannya dengan tidak cerdas.

Berikut ini adalah beberapa Kebiasaan buruk Manusia tentang penggunaan Gadget :

1. Menyebar Berita Hoax


Berita hoax pada tahun-tahun sebelumnya tidak terlalu menjadi momok bagi semua masyarakat maupun pemerintah, selain itu pemberantasan para penyebar berita hoax juga masih minim pada saat itu dikarenakan bisa terbilang jarang banyak orang yang menyebarkan berita hoax. namun pada era sekarang ini, banyak oknum yang tidak bertanggung jawab menyebar berita hoax dan berita yang disampaikan juga menyinggung kehidupan para pejabat, artis, pemerintah dan tokoh penting lainnya. maka dengan adanya hal yang merisaukan tersebut pemerintah sangat serius untuk memberantas para penyebar berita hoax dengan menggerakan polisi cyber, dengan keahlian mereka melacak seseorang penyebar berita hoax tersebut diinternet maka pelaku bisa dicari dengan mudah. sedangkan media yang biasa digunakan para penyebar berita hoax biasanya adalah email, media sosial dan website pribadi mereka yang minim identitas diri mereka.

2. Malas Berhitung Dan Membaca


Salah satu keunggulan dari teknologi komunikasi adalah dengan adanya ribuan informasi dan berbagai alat memudahkan manusia untuk berhitung, namun dengan adanya informasi tersebut maka manusia dengan sangat mudah mengentengkan diri untuk tidak membaca buku sekolahan dan lebih memilih untuk mencarinya di google, memang sangat lengkap namun hal ini dapat membuat manusia(siswa) malas untuk mengerjakan PR(Pekerjaan rumah) karena mereka akan terperosok kedalam situs yang dilarang, atau bersenang-senang didalam media sosial(pacaran). sedangkan kelebihan teknologi gadget salah satunya lagi yaitu mampu menghitung bilangan yang dimaksud oleh pengguna dan menghitungnya dengan akurat, namun sisi negatifnya adalah pengguna menjadi ketergantungan kepada gadget dan menjadi bodoh apabila mereka hidup tanpa gadget karena mereka tidak sering melatih otak mereka sendiri untuk berfikir sendiri.

3. Menggunakan Gadget Saat Pengisian Daya


Ini merupakan kebiasaan yang umum di kalangan remaja dan anak-anak, mereka yang tidak ingin terlepas dari gamenya atau komunikasi dengan pacarnya maka mereka akan memilih tetap mengoperasikan gadget mereka walau sedang dalam keadaan daya tidak mencukupi, maka alternatif agar gadget hanphone tetap dapat digunakan adalah dengan cara mengecash(charging). akan tetapi cara ini sungguh tidak efektif bagi pengguna, karena mengingat perangkat handphone memiliki sirkoit yang memang bertujuan dicash dan menyimpan akan tetapi mesin lain masih beraktivitas maka bukan mustahil mesin akan menjadi panas dan mengurangi masa kinerja handphone.

Pada suatu berita yang pernah saya lihat ada seseorang remaja luar negeri mengoperasikan hanphone untuk menelvon pacarnya namun kondisi handphone dalam keadaan di charging, alhasil ia mendapati luka pada rahang, telinga dan pelipis karena ledakan smartphonenya. gadgetnya pun tidaklah kuno, bahkan memiliki layar besar juga spesifikasi yang baik. ledakan itu memang pantas didapatkannya karena semua pabrik handphone tidak menganjurkan perlakuan penggunaan handphone dengan seperti itu.

maka dari itu, apabila anda sayang diri anda maka gunakan handphone dengan cara yang bijak.

4. Melihat Konten Terlarang


Konten terlarang merupakan salah satu sisi gelap dan negatif dari teknologi telekomunikasi, dengan adanya kebebasan mengakses dan berinteraksi tersebut maka siapapun dapat dengan mudah menemukan konten ilegal atau mempublikasikan konten ilegal mereka seperti konten terlarang contohnya adalah pornografi, situs perjudian, situs terorisme, situs adu domba suatu kaum/ras dan lain sebagainya. adapun korban yang bersangkutan adalah semua umur baik itu dari kalangan pelajar sampai kalangan yang sudah tua sekalipun.

5. Mengoperasikan Gadget Saat Perjalanan


Ini mungkin akan sedikit memiliki kesamaan dengan " Menggunakan Gadget Saat Pengisian Daya " namun perbedaan dari dampak bahaya semakin meluas, karena dampak bahaya dari perlakuan gadget ini dapat menimbulkan sebuah kecelakaan yang tentunya akan melukai atau bahkan menyebabkan kematian orang lain tak hanya penggunanya saja. karena pengguna ketika berkendara tidak akan bisa fokus untuk mengemudi atau menyetir karena ia sedang asyik menggunakan gadgetnya.

6. Selingkuh


Salah satu keunggulan teknologi adalah dibidang komunikasi, semua orang dibebaskan berinteraksi dengan semua orang, tak membedakan jenis kelamin, status dan darah kelahiran. namun kelebihan ini dapat dimanfaatkan oleh seseorang yang sudah cukup umur untuk selingkuh dari pasangannya karena nafsu yang dimilikinya tidak dibarengi oleh ikatan keimanan maka kerusaka hubungan akan semakin dekat bagi para pelaku perselingkuhan.

7. Menipu


Manusia pada umumnya menggunakan media internet dan komunikasi untuk melakukan jual beli, penyimpanan uang dan bisnis lainnya yang tentunya akan menguntungkan seseorang yang cerdas didalam keuangan di internet, namun hal ini dimanfaatkan seseorang yang jahat untuk menipu para pembeli, pengguna internet atau bahkan nasabah bank-bank melalui media komunikasi internet. maka anda kalau memiliki uang dimanapun tidak hanya internet karena penipu bisa berada dimana-mana tak hanya media intenet.



Itulah 7 Kebiasaan Buruk Manusia Tentang Gadget yang dapat menjadikan bahaya untuk semua orang atau pengguna tersebut sendiri.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat untuk anda maupun orang lain.
Sekian dan Terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments