Thursday, February 15, 2018

Cara Mengatasi Failure [INSTALL_FAILED_USER_RESTRICTED: Install canceled by user] Pada Android Studio

Cara Mengatasi Failure [INSTALL_FAILED_USER_RESTRICTED: Install canceled by user] Pada Android Studio




Cara Mengatasi Failure [INSTALL_FAILED_USER_RESTRICTED: Install canceled by user] Pada Android Studio - JOKAM INFORMATIKA

INSTALL_FAILED_USER_RESTRICTED - Adalah suatu kendala yang terjadi pada developer website yang ingin mentesting aplikasinya dengan melalui USB dan ditampilkan kedalam handphone yang tertancap pada USB tersebut, sedangkan aplikasi yang digunakan untuk membuat aplikasi android yang saya bahas pada kesempatan ini merupakan Android Studio. Seorang pencipta aplikasi yang belum mengetahui hal ini mungkin akan menjadikan mereka sangat kebingungan, bahkan ada yang sampai mencoba Custom ROM mereka dengan dalih agar hal tersebut terselesaikan. Namun percuma, karena pokok masalah dari hal tersebut bukan berasal dari ROM melainkan dari pengaturan anda.

Pada kondisi ini Handphone android anda menolak untuk mengizinkan pemasangan aplikasi dari sumber USB meskipun anda menyalakan Developers dan USB debuging. Kedua fungsi memang tidak masalah bagi anda yang memiliki handphone semacam Samsung dan Nokia, namun berbeda dengan Handphone yang bertypekan China seperti punya saya. kegagalan ini saya dapatkan karena saya tidak mengaktifkan opsi "Install Via USB".

Setelah saya menyalakan akhirnya bisa dengan baik, bagi anda yang mengalami hal serupa maka saya akan membantu anda. Akan tetapi di akhir tutorial ini saya juga akan bertanya kepada kalian semua tentang keanehan fitur ini dan mohon dijawab bagi kalian yang mengetahuinya.

Berikut ini adalah Masalah yang terjadi :
  • Pertama, Inilah notifikasi yang didapat dari Android Studio yang mendeteksi bahwa Device yang akan dijadikan testing menolak untuk penginstallasian.

Untuk Log dari kegagalan tersebut adalah seperti gambar berikut ini :


Dapat dilihat dari gambar diatas bahwa Android studio sudah berhasil memasuki device anda dan tinggal menginstallasi dengan command "$ adb shell pm install -r /#dir_temp_project" lalu disusul tepat dibawahnya laporan bahwa Sistem Android yang dipakai enggan untuk menginstall aplikasi dari USB tersebut,

Maka pilihan satu-satunya Android studio setelah kondisi tersebut adalah mencabutnya kembali dengan command "$ adb shell pm install #Name_Project". sehinga kemudian disusul tidak diketahui kesalahannya namun yang jelas berada pada java bin, yaiyalah pertama saja sudah ditolak yakan gaes jadi selanjutnya bakalan error. dan kondisi error ini karena sudah diuninstall sama aplikasi Android Studionya.

Kesimpulan dari kedua masalah diatas adalah pembatalan installasi karena penolakan installer device.
Setelah saya cari dan menemukan solusi dengan cara menonaktifkan MIUI Optimization, Mengaktifkan USB Debuging dan dan Install Via USB.
Pertama, saya menonaktifkan MIUI Optimization, hp saya pun Reboot.
Kedua, saya mengaktifkan USB Debuging dan Install Via USB(Required Internet data or wifi).
Setelah saya coba memang berhasil namun saya bertanya sebenarnya memang fitur mana yang seharusnya dibutuhkan, saya mencoba menonaktifkan semuanya dan mencoba satu-satu sehingga memberikan hasil bahwa yang dibutuhkan hanyalah USB Debuging dan Install Via USB saja.
Jadi pada handphone saya tidak diperlukan nonaktivasi dari MIUI Optimization karena pada saat sesudah reboot karena saya nonaktifkan saat itu layar handphone saya yang bagian tepi menjadi disko, beruntung kalau tidak dari hal tersebut jadi saya tetap dapat mengaktifkan MIUI dan dapat mentesting aplikasi saya.
Bagi anda mungkin diharuskan dengan menonaktifkan, atau bisa tidak seperti demikian saya. jadi anda dapat mencoba ketiga hal tersebut saat mengalami hal itu.

Berikut ini adalah cara yang dapat anda lakukan.
  • Pertama, Nyalakan pilihan "Developer Option(Wajib)" karena tanpa aktifnya option ini maka anda tidak dapat mengaktifkan fitur terkait yaitu USB debuging dan Install Via USB tersebut. Berikut ini adalah gambarnya :

  • Kemudian, Scroll kebawah sampai anda menemukan pilihan atau opsi USB debuging dan Install Via USB dan aktifkan.

  • Lalu, copot USB anda dan pasangkan kembali serta jangan lupa tentunya untuk memilih koneksi USB jangan di set charging setelah tertancap.
Apabila sudah maka anda dapat membuild project anda dan pilih android anda sebagai media untuk testingnya(tampil).

  • Apabila sudah seperti dibawah ini saat build maka tandanya sudah berhasil dan silahkan anda menekan tombol "Install" sebelum tombol deny. (NB)Jika tidak ada namun sudah tampil maka abaikan gambar ini.

  • Terakhir, Untuk log aktivitas tersebut apabila berhasil maka akan tampil seperti berikut ini yaitu Success setelah "$ adb shell pm install -r /#dir_temp_project".


Tambahan


Apabila anda ingin Mempercepat Rendering hingga 8x Lipat cepatnya dari biasanya maka anda dapat mengaktifkan fitur "USB Debuging(Security Settings)".


  • Lalu, Anda akan dihadapkan dalam kondisi persetujuan, Pilih Next/Accept seterusnya.
  

Setelah itu anda cobalah build ulang dan rasakan kecepatannya.
Note : Untuk mengaktifkan Install Via USB dan USB Debuging(Security Settings) dibutuhkan koneksi internet dan handphone sudah dalam kondisi login di akun.



Pendapat Saya : Banyak handphone yang apabila mereka(Developer) ingin membuild dan melihatnya di handphone mereka, mereka tidak perlu login ke akun atau terkoneksi ke internet. saya heran dengan device ini, saya sangat curiga. Karena pasalnya akun dapat membackup aktivitas apabila dirasa pengguna offline, dan data berguna untuk mengsyncronisasikan data kepada server akun. Apabila dibedah dari OS MIUI ini dan ditemukan hal yang berbau pengiriman data USB ke server maka hal ini bisa dikenai hukum, karena hal ini sangat merugikan pihak Developers yang telah susah membuat program malah Source codenya tersend secara ketidak tahuan Developer tersebut kepada server. Google saja menjamin hak cipta aplikasi milik penggunanya, ini kok malah mencuri data mentahan penggunanya untuk di edit dan di olah ? ini sangat melanggar hak cipta.


Pertanyaan Saya :
- dari pendapat saya apakah mungkin saya yang salah?
- atau memang semua handphone seperti itu ?
Maklum handphone saya satu dan jarang ada yang membahas tentang kejanggalan ini di internet. bagi kalian yang memiliki handphone yang diharuskan pengaktivasian Install Via USB dan USB Debuging(Security Settings) menggunakan internet coba cantumkan di kolom komentar merk/type handphone anda, atau memang pendapat saya diatas salah maka saya bersedia menerima kritik dan saran dari anda secara sopan di kolom komentar dibawah artikel.



Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan didalam artikel Cara Mengatasi Failure [INSTALL_FAILED_USER_RESTRICTED: Install canceled by user] Pada Android Studio.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang belum mengetahui hal ini.
Sekian dan Terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments