Tuesday, February 27, 2018

Pengertian Lengkap Virus Trojan Pada Komputer

Pengertian Lengkap Virus Trojan Pada Komputer




Pengertian Lengkap Virus Trojan Pada Komputer - JOKAM INFORMATIKA

Trojan Horse - Atau istilah dalam bahasa indonesia adalah Kuda Trojan adalah suatu file yang dapat menginfeksi suatu sistem komputer sehingga dapat merusak kinerja utama sistem. Trojan kinerja dasarnya adalah melumpukan sistem dengan cara mencekal sistem-sitem yang dapat menghentikannya seperti antivirus, firewall, blocker dan lain sebagainya. Setelah hal itu sudah terpenuhi maka tujuan berikutnya adalah tentang bagaimana trojan dapat bekerja untuk mendapatkan semua informasi yang ada didalam komputer tersebut secara menyeluruh baik kedalam sistem penyimpanan, sistem akun ataupun sistem lainnya yang memiliki informas khusus milik si korban.

Sehingga dengan adanya file yang dirancang khusus untuk mencuri data penting pengguna maka si pelaku akan lebih mudah mencuri data tanpa harus kerepotan. Sedangkan cara kerjanya adalah virus masuk dengan cara dibagikan oleh si pelaku, dan korban tidak menyadarinya bahwa itu adalah file trojan namun ia tetap mendownloadnya file tersebut. kemudian ia menjalankan file tersebut maka hakikatnya yang berjalan adalah virus dan juga tampilan file. hal ini dimaksudkan adalah apabila anda mendownload kalkulator.exe dan ketika sudah jalan maka yang terlihat memang kalkulator nampak seperti biasanya, namun di belakang aktivitas tersebut juga jalanlah trojan kedalam sistem.

Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa kinerja trojan tidak dapat diketahui dikarenakan memang menyusup bersama proses kinerja file. Trojan biasanya dapat bertahan selamanya didalam sistem anda apabila anda tidak menghilangkannya atau mengetahuinya.

Trojan juga dikendalikan oleh pelakunya didalam komputer lain dengan cara mengkoneksikan diri komputer pelaku dengan komputer si korban menggunakan DNS dan IP yang sudah di sinkronisasikan secara public sehingga komputer walaupun dari belahan dunia manapun dapat terkoneksi dengan komputer pelaku secara mudah.

Berikut ini adalah jenis Trojan yang mengambil data korban :

Pencuri Password


Trojan jenis ini dapat dimanipulasi oleh si pembuat atai pelaku untuk mendapatkan akun si korban, ia akan memanfaatkan sistem keamanan agar si korban dapat terjerat dengan mudah. misalnya memanfaatkan winlogon.exe atau system32.exe, maka apabila program tersebut berjalan di komputer, biasanya korban menganggap hal ini sudah bagian dari keamanan sehingga korban akan memasukan password secara langsung tanpa menaruh curiga sedikitpun karena dianggap itu semua adalah kinerja sistem yang lumrah.

Keylogger


Trojan jenis ini biasanya di dasarkan untuk fokus mendapatkan aktivitas terbaru pada keyboard pengguna, trojan ini dapat dikatakan phising atau rekaman tulisan kita secara langsung pada aplikasi yang kemudian dikirimkan apa yang sudah kita tulis atau aktivitas terbaru kepada email si pelaku.

Remote Administration Tools (RAT)


RAT ini adalah virus trojan paling berbahaya karena pada hakikatnya dapat mengontrol user dari jarak jauh secara penuh tanpa sepengetahuan korban, hal yang biasanya dilakukan pelaku adalah mengintip password yang tersimpan didalam browser, melihat pada kamera depan, mengambil data didalam hardisk atau memformat disk tersebut dan lain sebagainya yang biasa dapat dilakukan Administrator(pemilik) komputer.

Ransomeware


Ransomeware adalah trojan paling mematikan diantara semua trojan, trojan ini dapat mengenkripsi file anda secara menyeluruh di dalam hardisk maupun internal anda, anda tidak akan dapat membuka semua data penting anda mapun program lainnya yang juga termasuk golongan data program. apabila virus ini sudah menginfeksi komputer anda maka dapat dipastikan anda tidak dapat melakukan aktivitas apapun didalam komputer anda karena sistem sudah termanipulasi, selain merusak data trojan ini juga meminta tebusan berupa uang yang dikirim melalui Bitcoin untuk menutupi identitas mereka. setelah mereka mendapatkan uangnya dari anda maka mereka akan mengembalikan data yang sudah terenkripsi secara online(kalau mereka ingin melakukannya).


Mengatasi Trojan

  • Antivirus
Dengan cara anda memakai antivirus maka anda dapat terlindungi dari serangan trojan yang dapat diselipkan kedalam file yang bahkan sangat tidak dicurigai oleh sistem. Antivirus yang mempunyai keamanan yang baik sangat anda butuhkan untuk mengawasi kinerja lalu lintas dengan kinerja antivirus firewall dan perangkat lunak. karena pasalnya trojan mengeksekusikan jarahan data milik kita untuk dikirimkan ke pembuatnya(pelaku) dengan menggunakan DNS dan juga port didalam komputer kita yaitu TCP maupun UDP. maka kedunya dapat dilihat oleh firewall dan netstat.

  • Update Keamanan Sistem
Update keamanan yang diselenggarakan operasi sistem memang sangat penting untuk kelangsungan suatu sistem operasi, pembuat sistem operasi biasanya akan menganalisi daripada celah atau bug yang ada didalam OS nya, apabila ada maka pihak OS akan memperbarui dan menambal celah tersebut kemudian akan dibagikan kepada public supaya dapat digunakan oleh pengguna di seluruh dunia. untuk sistem windows sendiri anda dapat mengupdate package secara mudah hanya sekali klik update sistem windows.


Mengantisipasi Trojan


Cara mengantisipasi memang sangat penting ketimbang mengatasi diatas, karena pasalnya mengantisipasi lebih baik daripada mengobati. Anda juga dapat mengatasinya dengan cara membaca Tips Agar Tidak Terkena Ransomeware Atau RAT sedangkan untuk cara lainnya adalah anda harus berhati-hati ketika mengunduh suatu file atau konten apapun didalam internet(musik, gambar dan data), karena trojan dapat disisipkan kedalam file berjeniskan apa saja. anda harus mengunduh pada situs resminya yang sudah terpercaya, karena situs abal-abal bukan menjadi pedoman utama dan menjamin file yang dibagikan 100% aman.


Baca Juga Lainnya :



Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Pengertian Lengkap Virus Trojan Pada Komputer.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat memberikan manfaat kepada anda maupun orang lain wawasan tentang bahaya, dampak dan juga pengertian dari Trojan.
Sekian dan Terimakasih.



Kata Kunci Terkait :
  • Ransomeware
  • Ransomware sample
  • ransomware tracker
  • ransomware definition
  • ransomware news
  • ransomware recovery
  • ransomware 2017
  • ransomware antivirus
  • antivirus ransomware
  • ransomware attack
  • ransomware alert
  • apple ransomware
  • ransomware attacks
  • ransomware blocker
  • ransomware best practices
  • ransomware backup
  • ransomware cases
  • ransomware canada
  • carbonite ransomware




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments