Tuesday, March 13, 2018

Apa Itu Yang Dimaksud Dengan API (Application Programming Interface) ?

Apa Itu Yang Dimaksud Dengan API (Application Programming Interface) ?




Apa Itu Yang Dimaksud Dengan API (Application Programming Interface) ? - JOKAM INFORMATIKA

Ketika kita sedang menjalankan sebuah program pada komputer maupun android, maka saat itu perintah kita dilayani oleh inti dari aplikasi yaitu aplikasi programming interface. sehingga aplikasi yang anda gunakan dapat terhubung dengan aplikasi lain pada suatu internet. hal yang dilakukan api meliputi informasi dan juga komunikasi.

API - adalah singkatan dari Application Programming Interface, API sendiri adalah sekumpulan instruksi dari program yang telah dibuat sebelumnya melalui protokol yang digunakan untuk membangun sebuah aplikasi atau perangkat lunak khusus hardware tertentu. ketika API menerima perintah maka ia akan menjalankan perintah tersebut layaknya Processor pada komputer. jadi dapat disimpulkan bahwa api bertugas untuk melayani permintaan para pengguna aplikasi pada saat itu, hal ini mungkin sangat mirip dengan kinerja prosesor namun api lebih berkutat pada pelayanan di dalam aplikasi.

Salah satu contoh penggunaan api yang cukup terkenal adalah penggunaan api pada aplikasi travel atau pemesanan tiket penerbangan yang mana aplikasi dapat terhubung ke berbagai server maskapai di indonesia ataupun dunia. selain itu api juga terus mengambil dan memuat informasi yang didapat 5 menit sekali bahkan per detik untuk informasi yang ada pada pemesanan, hal ini dapat menjadikan sebuah keuntungan bagi pemilik maskapai dan juga memberikan banyak kemudahan bagi para traveler yang mana mereka tidak usah bersusah payah mencari harga kesana kemari.

Acuan utama kinerja api adalah sebuah database dari server yang memuat konten atau sebuah produk yang mana mereka dapat memperbarui konten tersebut secara berkala, konten yang otomatis dan berkala misalnya adalah data cuaca, data tiket, data berita, data kurs keuangan dan lain sebagainya.

Dengan adanya ape maka hal ini lebih memudahkan para programmer aplikasi ketika membuat programnya, bayangkan tanpa adanya api maka programmer mungkin akan dituntut untuk membuat konten nya sendiri dan juga mengsinkron kan setiap menitnya, maka dengan adanya api kode yang dimuat akan menjadi lebih ringkas dan beban kinerja aplikasi yang mengkhususkan fungsi tertentu akan ditanggung oleh server dan juga database.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan seorang programmer menggunakan metode api :
  • Portabilitas - dengan menggunakan metode api maka program yang sudah dibuat ini dapat berjalan pada operasi sistem manapun. namun apabila seorang programmer tidak menggunakan api atau dikatakan menggunakan System Call manual maka setiap operasi sistem akan berbeda kinerja dan juga pengimplementasiannya.
  • Mudah dimengerti - menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti oleh para programmer daripada jenis bahasa sistem call. hal ini sangat penting bagi mereka yang ingin membuat program besar maupun dalam tahap pengembangan.

Selain itu sistem call interface juga dapat membantu kinerja api dalam menjalankan tugasnya, sistem call akan membantu menerjemahkan perintah di dalam api, kemudian akan memanggil sistem yang diperlukan.
Ada banyak sekali penyedia layanan api secara online.


Anda dapat memanfaatkan metode api ini untuk membuat program yang lebih terstruktur dalam pengkodean nya dan tentunya kinerjanya lebih cepat.


Baca juga lainnya :



Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan di dalam artikel saya yang berjudulkan Apa Itu Yang Dimaksud Dengan API (Application Programming Interface) ?.
Semoga apa yang dapat saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mempelajari tentang dasar api.
Sekian dan Terimakasih.



Kata Kunci Terkait :
  • api documentation
  • api chat
  • api editor
  • application programming interface api
  • application programming interface certification
  • speech application programming interface download
  • Application Programmer Interface
  • java application programming interface




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments