Monday, March 12, 2018

Apa Itu Yang Dimaksud Dengan RAM (Random Access Memory) ?

Apa Itu Yang Dimaksud Dengan RAM (Random Access Memory) ?




Apa Itu Yang Dimaksud Dengan RAM (Random Access Memory) ? - JOKAM INFORMATIKA

Mungkin banyak dari kalian yang sudah mengetahui tentang apa itu ram, RAM biasanya dipakai oleh komputer dan handphone untuk memproses data mereka. sebelum anda membeli perangkat laptop dan handphone pastinya anda akan memeriksa spesifikasi ram yang ada di dalamnya dalam hal ini anda akan memeriksa berapa kapasitas yang ada di dalam ram tersebut. semakin besar kapasitas ram maka akan semakin baik pula komponen hardware tersebut bekerja secara optimal. lalu seperti apakah yang dinamakan dengan ram dan untuk apa fungsinya?

RAM (Random Access Memory) - adalah sebuah komponen yang ada di dalam komputer ataupun handphone yang mana komponen tersebut dapat dijadikan sebagai acuan untuk pemrosesan data. RAM juga dapat dikatakan sebagai memori utama komponen device. kemampuannya yang dapat memproses data secara tepat maka komponen ini dipercaya untuk mengatasi semua arus data cache. selain itu, ram juga difokuskan untuk menyimpan data-data yang diakses sebelumnya yang belum tersimpan pada harddisk anda.maka ketika komputer atau laptop anda secara mendadak mati daya maka secepatnya menyimpan data yang ada. anda pasti akan sangat jengkel sekali apabila komputer anda mendadak mati dan data yang anda buat secara susah payah tiba-tiba hilang maka hal ini sangat membuat anda geram.

ram merupakan salah satu perangkat yang paling cepat akses nyam untuk sampai ke pada motherboard daripada memori penyimpan dan yang lainnya. hal ini terjadi karena letak dari ram lebih dekat kepada motherboard daripada komponen penyimpanan lainnya maka konektivitas nya tidak dapat diragukan.

meski demikian, salah satu kekurangan dari ram adalah data tidak dapat bertahan lama karena jenis memori ram pada dasarnya menyimpan data secara tidak permanen alias sementara.


Fungsi RAM (Random Access Memory)


Komponen suatu perangkat pada dasarnya memiliki fungsi yang berbeda-beda, hal ini juga dapat berlaku pada ram. berikut ini adalah fungsi ram yang dapat anda ketahui :

  • Pembaca data
Sebelum sebuah data dari harddisk dapat terbaca, maka tugas utama rama gala sebagai pembacanya. karena apabila data yang anda tidak dibaca doang kan dapat dipastikan mengakses lainnya dapat berjalan secara lama.

untuk penjelasannya yaitu, ketika pengguna komputer meminta data yang ada di dalam hardisk sekarang akan segera merespon dan mengambil santai yang ada di dalam hadits untuk dijadikan sebuah cache. sehingga pengguna dapat membuka data file secara cepat tanpa harus menunggu lama.

Karena sudah dijelaskan sebelumnya, susahnya kecepatan koneksi ram kepada motherboard lebih cepat ketimbang koneksi hardisk ke motherboard.

  • Penyimpan Sementara
apabila anda membuka program pengolah kata kemudian memasukkan kata yang anda inginkan, maka data yang anda masukkan tersebut apabila anda menginginkan untuk mengakses atau melihatnya maka data tersebut dapat ditampilkan kembali.

hal ini adalah salah satu keunggulan yang dapat anda manfaatkan, manfaat ini sangat dirasakan bagi anda yang menjadi pengguna perangkat untuk keperluan kantor.

  • Kapasitas RAM
Memori tentunya memiliki sebuah kapasitas yang dijadikan acuan untuk penyimpanan di masa yang akan datang. hal ini juga berlaku untuk ram, yang mana apabila ukuran ram tersebut besar maka kinerja yang dimilikinya juga menjadi sangat cepat.

apabila komputer anda ketika mengakses program, video ataupun game secara lelet maka dapat dipastikan kapasitas yang ada pada RAM anda sangat sedikit atau kecil. akan tetapi, anda dapat mengatasi hal ini dengan cara menambah kapasitas di dalam hardware anda dengan cara menambahkan ram baru, sehingga anda akan mempunyai dua ram dalam satu hardware. namun pastikan dahulu bahwa di komputer anda memiliki slot untuk menambah kapasitas ram,

sedangkan untuk penambahan kapasitas ram pada handphone, masih mustahil untuk dilakukan karena pada umumnya komponen yang ada di dalam handphone masih belum memiliki slot untuk berguna sebagai tempat menambah ram.


Baca Juga Lainnya :



Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan di dalam artikel saya yang berjudulkan Apa Itu Yang Dimaksud Dengan RAM (Random Access Memory) ?.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat untuk anda maupun orang lain yang membutuhkan informasi ini.
Sekian dan Terima kasih.



Kata Kunci Terkait :
  • ram booster pc
  • ram benchmark
  • ram cleaner pc
  • ram car
  • ram dual channel
  • ram function
  • random access memory history
  • random access memory architecture




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments