Thursday, March 8, 2018

Apa Itu Yang Dimaksud IP (Internet Protocol) Address ?

Apa Itu Yang Dimaksud IP (Internet Protocol) Address ?




Apa Itu Yang Dimaksud IP (Internet Protocol) Address ? - JOKAM INFORMATIKA

Internet Protocol - adalah penamaan suatu komputer dengan memberikan digit nomor didalam komputer agar dapat terhubung di seluruh dunia. sehingga hal ini memungkinkan para komputer dapat bertukar data antara komputer dengan komputer lainnya, sedangkan alamat IP sebagai identitas pengenal komputer. maka alamat identitas itulah yang dijuluku sebagai IP Address.

Pada kesempatan ini saya akan membagikan pengetahuan saya dalam hal Internet Protocol Address untuk anda semuanya. Harapan saya agar setelah anda membaca artikel saya ini dapat dengan baik memahami ataupun mensetting IP address dengan baik dan benar.


IP Address (Internet Protocol Address)


IP Address adalah alamat yang berjeniskan numerik dan ini diberikan kepada sebuah komputer dan bertujuan agar komputer tersebut dapat berkomunikasi dengan perangkat lain didunia seperti handphone, komputer, tablet dan laptop. Blok yang dimiliki sebuah ip terdiri dari 4 blok desimal, dan setiap blok memiliki intensitas yang terbatas yaitu mulai dari 0 s/d 255. IP address pada setiap bloknya memiliki 8 bilangan biner, maka total semua address memiliki 32 bit biner.


Pemberian Alamat IP


IP Address pada hakikatnya tidak diberikan pada komputer akan tetapi alamat diberikan kepada sebuah interface pada komponen jaringan komputer tersebut. Misalnya, sebuah Komputer memiliki 2 interface jaringan NIC(Network Interface Card) maka card network tersebut juga akan memiliki 2 alamat IP yang berbeda, IP address didapatkan secara berbeda agar didalam pengiriman data tidak terjadi tabrakan arus data.


Bentuk Aseli IP Address


Komputer pada aselinya hanya mengenal aktivitas pengkodean On dan OFF pada digitalnya, oleh karena itu data yang bolak-balik pada sistem komputer sebenarnya adalah bersifat Biner yaitu hanya (nol atau satu).

Satu mewakili On
Nol mewakili OFF

Pada kinerjanya misalkan kita ingin mengirim ke komputer lain huruf "U" maka komputer akan membuat data yang memiliki nilai U dengan cara menciptakan rentetan bilangan biner secara cepat pada komputer dan mengirimnya melalui jaringan, setelah komputer lain menerima alamat biner maka komputer tersebut akan mengoversikan/mengubah dari alamat biner menjadi sebuah huruf agar dapat dibaca oleh pengguna komputer tersebut.

Contoh IP Address = 192.168.0.2
Maka sebenarnya adalah = 11000000.10101000.00000000.00000010

Kalau anda pelajar SMK pada jurusan Teknik komputer pastinya mengetahui cara mengonversi alamat ke biner atau sebaliknya, maka pengetahuan itu dipakai komputer untuk mengubahnya.


Versi IP Address


Versi IP Address untuk sekarang ini ada dua jenis yaitu IP Address Versi IPv4 dan IPv6.

Pada IPv4 memiliki 32bit yang berisikan 32 bit didalamnya.
Sedangkan untuk IPv6 memiliki 128bit didalamnya.


Komponen IP Address


Pada sebuah IP Address memiliki bagian Host dan Network. untuk Network adalah bagian dari IP yang menunjukan sebagai ID sebuah jaringan. Sedangkan untuk Host adalah pembeda dari jaringan lainnya yang memiliki ID atau Network yang sama.

Untuk klasifikasi digunakan Class yang berbeda yaitu :
  • Untuk Class A maka terdiri dari netmask maksimal = 255.0.0.0 yang memiliki range netmask (1 s/d 7 bit)
  • Untuk Class B terdiri dari netmask maksimal = 255.255.0.0 yang memiliki range netmask (8 s/d 15 bit)
  • Untuk Class C terdiri dari netmask maksimal = 255.255.255.0 yang memiliki range netmask (16 s/d 23 bit)
  • Untuk Class D terdiri dari netmask maksimal = 255.255.255.255 yang memiliki range netmask (24 s/d 32 bit)

Namun untuk pembatas dari IP Address ada dua setiap subnet adalah IP Address Network yang memiliki network awal beralamatkan adalah memiliki akhiran alamat 0, dan kedua adalah IP Address Broadcast.

Fungsi IP Address Network misalnya 192.168.1.0 maka untuk menentukan jalur akses kedalam jaringan misalnya Access Point atau Router, maka Router yang memiliki IP Network adalah 192.199.1.0 maka secara otomatis komputer anda akan diberikan Address network 192.199.1.x
sedangkan untuk host maka anda akan diberikan oleh IP Broadcast yaitu didalam IP yang berkumpul sebanyak 255 akan diberikan kepada anda satu sebagai host. maka anda akan mendapatkan secara random misalkan akan mendapatkan 99 maka 192.199.1.99.


Baca Juga Lainnya :



Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Apa Itu Yang Dimaksud IP (Internet Protocol) Address ?.
Semoga apa yang dapat saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain didalam hal networking tentunya IP Address.
Sekian dan Terimakasih.



Kata Kunci Terkait :
  • ip address lookup
  • ip address broadcast
  • ip address class
  • ip address cisco
  • ip address classes
  • ip address dan dns
  • ip address dns
  • ip address dns server
  • ip address email
  • internet protocol layer
  • internet protocol suite
  • internet protocol ip address
  • internet protocol definition and examples




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments