Wednesday, March 7, 2018

Apa Itu Yang Dimaksud Sistem Operasi Lengkap ?

Apa Itu Yang Dimaksud Sistem Operasi Lengkap ?




Apa Itu Yang Dimaksud Sistem Operasi Lengkap ? - JOKAM INFORMATIKA

Sistem Operasi - Dalam bahasa inggris adalah Operating System adalah sebuah perangkat lunak pendukung sebuah komputer agar dapat bekerja secara baik dengan cara mengatur sumber daya baik dari RAM, Keyboard, Mouse, Harddisk dan lain sebagainya dari perangkat keras (Komputer) tersebut sehingga perangkat lunak tersebut dapat berinteraksi secara normal pada umumnya. Fungsi lain mengatakan bahwa sistem operasi juga dianggap sebagai jurik atau bertindak sebagai daemon untuk program kerja komputer.

Tanpa adanya dukungan dari sistem operasi maka dapat dipastikan manusia tidak dapat menggunakan atau mengoperasikan komputer tersebut secara baik dan normal. Namun, pengguna hanya dapat mengoperasikan Booting saja. Hal ini tentu tetap tidak ada gunanya karena booting tidak dapat membantu aktivitas anda seperti aplikasi, pekerjaan atau semacamnya. karena booting adalah settingan dari komputer dan bukanlah sistem kinerja layaknya Sistem Operasi.

Sistem operasi juga memiliki tugas penting untuk menghitung komponen yang paling sering digunakan, komponen yang di kontrol dapat disebut sebagai nyawa utama sebuah komputer. karena tanpa komponen ini maka komputer tidak ingin dihidupkan, komponen yang dimaksud adalah RAM(Random Access Memory), Penyimpanan data, Input Output(I/O Source) ini meliputi MouseKeyboard, dan komponen lainnya.

Pada saat Sistem Operasi sudah diinstall dengan baik maka komponen hardware yang dimaksud untuk bekerja akan langsung mengidentifikasikan dirinya kepada Operasi Sistem tersebut, sehingga mereka dapat dikendalikan oleh Sistem Operasi secara tetap, dan anda pun dapat mengendalikan Sistem Operasi itu juga untuk menggerakan atau menghentikan hardware yang dimaksud.


Penjabaran Sistem Operasi


Sistem operasi bertugas sebagai media untuk mengontrol dan memanagement perangkat keras dan lunak seperti halnya aplikasi atau komponen yang berhubungan pada komputer, hampir semua komponen digerakan dan dapat dihentikan pada komputer, akan tetapi ada beberapa dampak yang dapat timbul apabila anda menjalankan atau menghentikan program atau komponen yang salah.

Secara umum, sistem operasi adalah lapisan paling pertama yang berada pada memori komputer, sehingga tak heran apabila anda menyalakan komputer maka booting beserta Operasi Sistem akan dahulu tampil di layar muka komputer anda. sedangkan untuk program pendukung lainnya dapat berjalan apabila sistem operasi sudah berjalan dengan baik pada saat pertama dinyalakan kemudian sistem operasi akan menjalankan perintah sesuai prosedur yang sudah anda tetapkan sebelumnya.

Layanan yang biasa pengguna lakukan pada komputer mereka adalah mengakses disk, menjalankan Tasking atau tugas, memasukan input atau output pada port dan lain sebagainya. Bagian yang dapat menjalankan semua program yang dimaksud adalah "Kernel" Sistem Operasi.

Apabila didalam sistem komputer terbagi menjadi beberapa lapisan maka sistem operasi berguna sebagai penghubung antara lapisan hardware dengan software yang ada didalam komputer tersebut. Sistem operasi melakukan semua tugas penting yang diembankan oleh pengguna komputer kepada sistem operasi, selain itu kemampuan lainnya sistem operasi dapat menjalankan program yang berbeda secara bersamaan, namun hal ini tidak lepas oleh penyimpanan RAM yang berguna menyimpan kinerja kedua atau lebih program tersebut sehingga pengguna dapat bolak balik memeriksa program yang sudah berjalan tanpa harus membuka ulang atau menutup yang lainnya. Namun apabila anda menginginkan daya simpan yang luar biasa dan kinerja yang baik maka anda harus memiliki hardware RAM yang mumpuni pula berdasarkan besar kapasitasnya. Selain itu sistem operasi juga dapat mengintegrasikan Input/Output agar dapat bekerja sesuai input yang ada dan menyampaikan output sebenar-benarnya data tanpa adanya manipulasi.

Selain itu, untuk mendapatkan akses yang tepat maka Sistem Operasi akan memproses permintaan user kedalam CPU(Central Processing Unit). Apabila proses sudah dimasukan dan CPU akan memverifikasi perintah dan mengakhirinya apabila ada verifikasi ulang dari software yang berkaitan. Bisa dikatakan CPU merupakan komponen yang paling banyak menerima alur data setiap kegiatan komputer, maka apabila komputer tersebut memiliki processor yang baik maka CPU baik pula, dan kinerja akan lebih cepat apabila processor yang anda miliki cukup bagus.

Berikut ini adalah bagian dari Sistem Operasi :
  • Mekanisme Booting - yaitu meletakkan kernel ke dalam memory.
  • Kernel - yaitu inti dari sebuah sistem operasi.
  • Command Interpreter atau shell - yang bertugas membaca input dari pengguna.
  • Pustaka-pustaka - yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
  • Driver - untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.

Kemampuan lainnya Sistem Operasi adalah dapat menjalankan lebih dari 2 aktivitas secara bersamaan dan ini dinamakan dengan Multi-Tasking (Keluarga Sistem Operasi UNIX).


Processor


Prosesor merupakan salah satu hal yang terpenting didalam sebuah sistem operasi maupun komponen komputer, karena dengan adanya bantuan Processor maka semua kegiatan dapat terselesaikan dengan baik, processor sendiri dapat menjalankan banyak sekali intruksi disetiap detiknya, bahkan untuk sistem operasi yang berat mungkin akan membuat processor anda cukup hangat karena terlalu banyaknya perintah yang di sodorkan kepada Processor komputer anda.

Setiap proses yang dijalankan akan mendapatkan ID Process masing-masing sehingga dapat mengelompokan intruksi tanpa adanya tabrakan intruksi mengingat banyaknya permintaan intruksi dari sistem operasi yang anda pakai. pada penggolongan ID Proses ini didapat sebelumnya pada PCB (Proccess Control Block) didalam processor. Proses yang diprioritaskan terlebih dahulu akan mendapatkan eksekusi paling dahulu daripada yang lain. akan tetapi anda sistem operasi juga dapat mengubah nilai prioritas yang diapatkan tergantung keadaan yang ada, misalkan saja program yang diprioritaskan sedang mengalami gangguan misalnya (Not Responding atau sedang korup data) maka sistem operasi dapat mengalihkan prioritas kepada program lainnya, sehingga hal ini tetap aman untuk aktivitas anda karena anda juga dapat kembali mengakses program sebelumnya yang gagal mendapatkan prioritas tasking sebelumnya yang not responding atau korup dengan cara menutup program prioritas lainnya apabila anda menghendaki hal ini.


Status Proses


Jenis status yang biasa diberlakukan processor untuk memberitahukan pengguna bahwa program dengan memiliki ID sekian sedang dalam keadaan tertentu, penyematan status pada Prosesor biasanya ada 3 macam sebelum diberitahukan kepada pengguna yaitu :
  • Ready - yaitu status di mana proses siap untuk dieksekusi pada giliran berikutnya.
  • Running - yaitu status di mana saat ini proses sedang dieksekusi oleh prosesor.
  • Blocked - yaitu status di mana proses tidak dapat dijalankan pada saat prosesor siap/bebas.


Peningkatan Layanan


Semakin berjalannya waktu maka pihak Operasi Sistem akan menambah atau mengurasi sesuai prosedur mereka demi kenyamanan penggunanya, hal ini dilakukan mereka apabila mereka menerima saran, kendala ataupun bug yang didapat pada saat itu. Jadi, mereka pun menambah fungsi lain yaitu fungsi Internet, Game player, atau bahkan Program Pembuat Program didalam komputer.

Program juga bisa saling berkomunikasi dengan program lainnya yaitu Application Programmming Interfae (API). dengan adanya API maka aplikasi dengan mudah dapat berhubungan dengan Sistem Operasi maupun perangkat dan program lainnya secara terus menerus.


Daftar Sistem Operasi Windows


  • Microsoft Windows
  1. Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x)
  • Windows 9
  1. Windows 95
  2. Windows 98
  3. Windows ME
  • Windows NT
  1. Windows NT 3.x
  2. Windows NT 4.0
  3. Windows 2000
  4. Windows XP
  5. Windows Server 2003
  6. Windows Vista
  7. Windows Server 2008
  8. Windows 7 (Rilis tahun 2009)
  9. Windows 8 (Rilis Oktober 2012)
  10. Windows 10 (Rilis Juli 2015)


Baca Juga Lainnya :


Fungsi Utama Sistem Operasi


  • Sistem operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan menarik serta nyaman untuk digunakan para penggunanya.
  • Sistem operasi memungkinkan sumberdaya yang bermanfaat lainnya pada komputer digunakan secara efisien.
  • Sistem operasi yang disusun/diprogram sedemikian rupa memungkinkan menerima perubahan/pengembangan baru yang efektif dan efisien dari para pengguna, dapat melakukan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang telah di publikasikan kepada umum.



Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Apa Itu Yang Dimaksud Sistem Operasi Lengkap ?.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat untuk anda maupun semua orang yang ingin mengetahui tentang Sistem Operasi Komputer.
Sekian dan Terimakasih.



Kata Kunci Terkait :
  • operating system level virtualization
  • operating system android list
  • operating system aix
  • operating system cisco
  • operating system course
  • windows os comparison
  • computer background
  • computer based assessment
  • computer benchmark
  • computer dwg
  • computer system analyst
  • computer system check
  • computer system categories



PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments