Monday, March 12, 2018

Apa Yang Dimaksud Dengan CPU (Central Processing Unit) Lengkap ?

Apa Yang Dimaksud Dengan CPU (Central Processing Unit) Lengkap ?




Apa Yang Dimaksud Dengan CPU (Central Processing Unit) Lengkap ? - JOKAM INFORMATIKA

Mungkin anggapan dari kebanyakan kalian adalah bahwasanya CPU adalah kotak box di sebelah komputer, yaitu apabila mereka ditanya tentang kotak BOX yang ada di sebelah komputer maka mereka akan menjawab bahwasanya itu adalah CPU. padahal hakekatnya itu adalah casing dari mesin komputer. seperti apakah CPU itu ?

CPU - adalah singkatan dari Central Processing Unit, adalah salah satu komponen hardware dari komputer yang dapat melaksanakan berbagai perintah maupun data dari perangkat komputer tersebut. mikroprosesor adalah bagian lain yang sangat penting untuk CPU, sejak tahun 1970-an mikroprosesor ini dijadikan sirkuit terpadu teng dijadikan aspek penting pada penerapan sistem CPU. hingga sampai sekarang CPU merupakan bagian yang sangat dibutuhkan oleh sebuah komputer untuk memproses data maupun arus di dalam komputer.

Pada komponen processor CPU memiliki frekuensi yang berbeda. yakni untuk :
  • Satu GigaHertz (1 GHz) sama dengan 1000 MegaHertz (1000 MHz)
  • Satu MegaHertz (1 Mhz) sama dengan 1000 KiloHertz (1000 Khz)


Komponen Central Processing Unit


Bentuk umum sebuah CPU tahun ini adalah berbentuk persegi, sedangkan untuk komponen di dalamnya memiliki tiga komponen yakni :

Control Unit


Adalah komponen yang mampu mengatur jalannya atau kinerja dari sebuah program. komponen ini berada di dalam sebuah CPU,komponen ini bisa dikatakan sebagai ketua yang mengatur anak buahnya untuk bekerja. sehingga ia akan menangani beberapa permintaan atau fungsi-fungsi yang harus dieksekusi baik oleh dirinya dan 2 anggota lainnya. Control unit akan mengambil beberapa instruksi yang dimuat di dalam memori utama dan akan menentukan di mana instruksi tersebut dapat dilaksanakan. apabila control unit menjumpai instruksi yang memanfaatkan perhitungan atau perbandingan logika, maka control unit akan mengirimkan instruksi tersebut pada bagian alu. untuk menjaga agar data eksekusi tidak hilang sebelum di eksekusi maka data yang akan di proses tersebut sebelumnya sudah disimpan pada memori utama.

Berikut ini adalah daftar tugas dari control unit :
  1. Mengatur serta mengendalikan alat masukkan maupun keluaran (input dan output).
  2. Mengambil daftar instruksi maupun data yang dibutuhkan lainnya dari memori utama.
  3. Membebaskan instruksi perhitungan atau perbandingan logaritma kepada ALU.
  4. Mengawasi kinerja komponen CPU.
  5. Menyimpan hasil eksekutor ke dalam memori utama.

Register


Adalah tempat penyimpanan sementara yang memiliki kecepatan sangat tinggi. komponen ini berguna untuk menyimpan data ataupun instruksi yang akan diproses pada komponen CPU. jenis penyimpanan ini bersifat sementara.

Secara gambaran register ini dapat diibaratkan sebagai otak manusia. di mana otak tersebut dapat menyimpan berbagai informasi yang masuk melalui telinga maupun mata, sedangkan untuk alu yaitu sebagai penghitung. jadi kendali otak yaitu memiliki fungsi perhitungan yaitu perbandingan dan logika juga penyimpanan data.

ALU


Adalah singkatan dari algoritma logika unit, komponen ini bertugas untuk melakukan operasi aritmatika maupun logika bahasa dan perhitungan. komponen ini memiliki dua fungsi yang berbeda yaitu sebagai unit logika booolean dan juga penghitung aritmatika.

Tugas lain dari alu adalah melakukan sebuah keputusan dari perhitungan operasi logika aritmatika sesuai dengan instruksi yang dibebankan. operasi logika yang dimaksud meliputi 2 perbandingan operan dengan menggunakan beberapa operator logika tertentu misalkan sama dengan ( = ), kurang dari ( < ) Kurang atau sama dengan ( £ ) lebih besar dari ( > ).


Cara Kerja CPU


Saat pengguna memberikan sebuah instruksi kepada komputer maka CPU akan merespon dan memberikan instruksi yang diberikan untuk segera ditampung di program storage. kemudian apabila register sudah siap untuk menampung data proses yang akan dieksekusi maka control unit akan memilah atau mengelompokkan instruksi sebelum dibebankan kepada ALU. setelah alu memproses data yang diberikan maka perhitungan akan dimasukkan untuk ditampung di akumulator. setelah perhitungan selesai dan tersimpan di akumulator maka control unit akan mengambil hasil dari pengolahan alu yaitu yang bertempat kan di akumulator lalu ditampung kembali kepada penyimpanan working storage utama. setelah data yang tersimpan di storage siap untuk dikeluarkan maka akan ditampung kebagian output storage. maka hasil dari pemrosesan tersebut ditampilkan ke perangkat output.


Fungsi CPU


CPU berfungsi sebagai alat penghitung komputer sejak jaman dahulu, seiring berkembangnya zaman makas komponen ini di tingkatkan kinerja nya sehingga selain dapat memproses perhitungan juga dapat memproses bahasa logaritma. fungsi utama dari komponen ini adalah melakukan pemrosesan perhitungan maupun logaritma dari masukkan atau input melalui beberapa perangkat keras yang terhubung pada input device. perangkat input ini meliputi papan ketik, pemindai (scanner), tuas kendali maupun mouse. CPU bergerak berdasarkan instruksi dari perangkat lunak yang ada pada komputer tersebut. instruksi yang diberikan kemudian disimpan terlebih dahulu kepada memori fisik (MAA). yang mana untuk mengidentifikasi identitas dari instruksi maka, setiap instruksi dilabeli dengan penamaan memori atau address memori. dengan memanfaatkan alamat yang ada maka sesegera mungkin CPU memproses permintaan tersebut kemudian ditampilkan hasilnya apabila sudah selesai dihitung.

Bagian terberat sebuah instruksi adalah menghitung berbagai macam grafik yang bergerak pada suatu program hal ini meliputi seperti render video maupun bermain game. maka apabila anda gemar berkutat pada keduanya disarankan untuk anda mempunyai CPU juga graffic yang bagus.

Banyak bilangan yang dapat diproses pada sebuah komponen ini, terutama bagi program yang menggunakan perhitungan bilangan floating point dan fixed point.


Baca juga lainnya :



Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan di dalam artikel saya yang berjudulkan Apa Yang Dimaksud Dengan CPU (Central Processing Unit) Lengkap ?.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan kepada anda maupun orang lain dapat bermanfaat sewaktu-waktu ketika anda membutuhkan maupun orang lain.
Sekian dan terima kasih.



Kata kunci terkait :
  • cpu benchmark
  • cpu usage 100
  • cpu benchmark list
  • Central Processing Unit
  • central processing unit definition
  • central processing unit architecture




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments