Thursday, March 22, 2018

Bagian-Bagian Komponen Mouse Komputer

Bagian-Bagian Komponen Mouse Komputer




Bagian-Bagian Komponen Mouse Komputer - JOKAM INFORMATIKA

Mungkin sobat Jokam Informatika sudah tidak asing dengan yang namanya Mouse Komputer ? Mouse adalah salah satu hardware input komputer, dengan adanya mouse maka anda dapat menggerakkan kursor yang ada di layar monitor anda. Mouse dalam bahasa indonesia memiliki arti yaitu tikus, karena bentuknya yang mirip dengan tikus dan memiliki ekor yaitu kabel. bagi kalian yang gemar memainkan game maka kalian tidak akan terlepas dari yang namanya hardware yang satu ini.

Mouse sendiri memiliki banyak jenis dari yang termurah sampai yang termahal, selain itu ada juga mouse yang dilengkapi dengan merekam aktivitas yang mana dapat menjalankan aktivitas tanpa adanya gerakan atau klik dari penggunanya. penggunaan mouse haruslah pada tempat yang datar agar sensor yang dihasilkan dapat bekerja dengan baik didalam mouse. namun apakah kalian sudah mengetahui komponen yang ada di dalam mouse ini ?

Mouse dibedakan menjadi dua jenis yaitu Mouse Ball dan Optical Mouse,


Mouse Ball


Mouse Ball merupakan generasi tertua, karena hardware ini masih belum terlalu modern dikarenakan masih belum adanya sensor khusus untuk mendeteksi gerakan. kekurangan dari perangkat ini adalah ukurannya yang besar dan beban nya yang terlalu berat daripada mouse optical.
berikut ini adalah gambar beserta komponen nya :


Keterangan :
  1. Tombol Klik Kiri.
  2. Tombol Scroll Up/Down.
  3. Tombol Klik Kanan.
  4. Kabel Koneksi Ke PS/2 Socket Di Komputer.
  5. IC (Integrated Circuit Type Analog) mouse untuk menggerakkan mouse dan di lanjutkan ke sinyal digital untuk dikirim ke komputer.
  6. X-axis pendeteksi ketika mouse akan di geser ke kanan dan kiri.
  7. Y-axis pendeteksi ketika mouse akan di geser ke depan dan belakang.
  8. Rubbur ball, bola yang akan menerima geseran dan menghasilkan sudut x dan y yang dikirimkan pada pendeteksi Axis Electrolytic capacitor.
  9. Socket.
  10. Capasitor.
  11. Resistor.


Optical Mouse


Adalah jenis perangkat mouse terbaru dan sudah canggih daripada pendahulunya yang masih menggunakan bola untuk mendeteksi gerakan, komponen ini menggunakan sensor cahaya yang dipantulkan kepada mouse pad. kelebihan mouse ini ketimbang mouse jenis lain adalah beban nya yang ringan dan ukurannya yang relatif kecil sehingga nyaman untuk dipegang.
berikut ini adalah gambar beserta komponen nya :


Keterangan :
  1. Roda Scroll Up/Down
  2. Tombol Klik Kanan
  3. LED (obscured by wheel).
  4. Potentiometer (Scroll Controller)
  5. Tombol Klik Kiri
  6. Resistor
  7. Mica Kapasitor
  8. Electrolytic Kapasitor
  9. Prism bends light
  10. IC CHIP yang mendeteksi peneriman dari LED sehingga di terjemahkan oleh IC tersebut
  11. Resistor
  12. Cable USB Ke Komputer
  13. LED Light



Mungkin inilah komponen yang dapat saya jelaskan dari kedua hardware mouse pada artikel kali ini.
NB : bagi kalian yang tidak dapat service atau membenarkan mouse(bukan teknisi mouse) maka jangan pernah membuka mouse tanpa keahlian khusus, karena apabila terjadi hal yang tidak diinginkan maka mouse dapat mengalami malfungsi atau bahkan kerusakan.


Baca juga lainnya :



Mungkin itulah yang dapat saya bagikan di dalam artikel saya yang berjudulkan Bagian-Bagian Komponen Mouse Komputer.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang dasar komponen mouse.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • mouse recorder
  • mouse server
  • mouse and keyboard recorder
  • mouse accuracy
  • mouse cursor
  • mouse click test




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments