Saturday, March 24, 2018

Baterai CMOS : Pengertian, Kinerja, Masalah Dan Cara Mengatasinya

Baterai CMOS : Pengertian, Kinerja, Masalah Dan Cara Mengatasinya




Baterai CMOS : Pengertian, Kinerja, Masalah Dan Cara Mengatasinya - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika tentunya sangat asing dengan yang namanya Baterai CMOS, biasanya sobat hanya mengenal baterai tanam, batu baterai, dan juga baterai balok. namun tahukah kalian bahwa baterai cmos sangat berguna bagi komputer maupun laptop. ukuran dari baterai CMOS sendiri cukuplah unik yaitu berbentuk kepingan pipih dan bertempat di dalam CPU (Central Processing Unit) tepatnya di Motherboard.

Dari zaman pertamanya dibuat komputer sampai zaman sekarang ini baterai cmos masih tetap digunakan pada komponen komputer, maka hal ini membuat kita bertanya-tanya tentang apa sih sebenarnya baterai cmos itu dan fungsinya apa saja ?
Apabila pendapat kalian menganggap bahwa baterai ini seperti halnya baterai pada umumnya yang menyimpan daya maka sobat salah besar. lalu apakah keunikan dari baterainya CMOS ini ?

Simak artikel di bawah ini untuk mengetahuinya,

Baterai CMOS - adalah singkatan dari Baterai Complementary Metal Oxide Semiconcuktor, yakni baterai yang dikhususkan untuk komputer agar bios maupun pengaturan di dalam komputer tetap tersimpan dan terus berjalan meskipun tidak dialiri daya sekalipun.

Pada dasarnya semua motherboard memang dilengkapi dengan bios, dan ada pula komputer yang berjenis baru menggantikan bios dengan BIOS UEFI. adapun penempatan settingan bios itu disimpan ke dalam chip motherboard.

Saat komputer kamu sedang dinyalakan, maka bios menggerakan Power On Self Test (POST) untuk memeriksa perlengkapan hardware sebelum operasi dijalankan. maka apabila perlengkapan dan komponen hardware komputer kamu sudah lengkap maka biasakan menjalankan operasi sistem yang ada di Harddisk sobat pada saat installasi.

Untuk masuk ke dalam sistem bias maka diperlukan cara khusus untuk memasuki nya, yaitu dengan memencet tombol tertentu pada saat sebelum Booting terjadi.

Nah, baterai cmos berfungsi untuk memberi aliran jatuh daya pada motherboard agar semua komponen yang penting tidak mati, karena apabila suatu komponen penting tersebut mati maka data yang ada di dalamnya dapat dipastikan akan hilang terutama data pada ram yang berisikan cache.


Kinerja Baterai CMOS


Baterai Cmos berfungsi untuk memberikan daya pada motherboard dan menyimpan semua settingan yang ada pada bios. settingan tersebut meliputi diagnosis, tanggal atau waktu dan juga settingan milik anda sendiri pada bios.


Meskipun demikian sepele, namun fungsinya dapat kita rasakan pada saat kita menjumpai masalah seperti halnya padamnya listrik. tanpa adanya baterai cmos maka apa yang sudah anda kerjakan akan hilang pada saat Random Access Memory (RAM) tidak mendapatkan aliran catu daya listrik. sehingga untuk inilah baterai cmos tetap digunakan pada semua komputer atau laptop.


Masalah Baterai CMOS


Semua komponen pastinya pernah mengalami masalah, baik masalah dari internal maupun eksternal yang dapat merusak komponen. hal ini juga berlaku untuk baterai cmos. masalah yang dihadapi biasanya adalah :
  • CMOS Battery Failure
  • CMOS Read Error
  • CMOS Checksum Error
  • CMOS Checksum Bad


Cara Mengatasi Baterai CMOS


Penyebab di atas biasanya adalah baterai kehabisan daya, yang bisa anda lakukan adalah dengan cara :
  1. Tetap menyalakan sampai komputer masuk ke dalam operasi sistem.
  2. Biarkan saja komputer anda tersambung pada daya listrik selama satu jam agar baterai cmos mendapat suplai daya dari listrik.
  3. Kemudian matikan komputer dan masuk ke dalam settingan BIOS untuk mengatur ulang settingan yang sudah hilang karena terjadinya masalah ini.


Untuk mengatur waktu secara akurat anda dapat membaca artikel ini : Cara Merubah Waktu(Timezone) Ke USA Pada Windows 7


Namun apabila cara diatas masih gagal maka dapat dipastikan baterai CMOS anda mengalami kerusakan, yang anda butuhkan adalah mengganti baterai cmos dengan yang baru. perlu diingat bahwa apabila anda ingin membeli baterai cmos baru, maka anda harus membawa baterai cmos yang sudah rusak untuk mengetahui tipe dari baterai milik anda. karena jenis baterai cmos di pasaran sangatlah banyak dan setiap motherboard tentu tidak support berbagai jenis baterai cmos, hal ini juga untuk menghindari ketidakcocokkan baterai setelah anda pasang pada motherboard.


Baca juga lainnya :



Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan di dalam artikel saya yang berjudulkan Baterai CMOS : Pengertian, Kinerja, Masalah Dan Cara Mengatasinya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengenal tentang baterai cmos.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • Cmos jumper
  • Cmos and
  • CMOS PC
  • CMOS Laptop




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments