Friday, March 30, 2018

Belajar Pemrograman HTML Optgroup Tag Element

Belajar Pemrograman HTML Optgroup Tag <optgroup> Element




Belajar Pemrograman HTML Optgroup Tag Element - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika pastinya asing sekali dengan tag Optgroup bukan ? Optgroup adalah salah satu cara untuk mengelompokan suatu pilihan didalam form select agar lebih mudah didalam penulisan juga penggunaanya. Bagi sobat yang kerap menggunakan form berbasis pilihan seperti form bulan dan tahun lahir misalnya. Nah, Optgroup bertindak untuk menyeleksi pilihan tersebut kepada dirinya menjadi satu tempat yang ada didalam form.
Seperti apakah Optgroup itu ?

Simak artikel dibawah ini untuk mengetahuinya,

Optgroup <optgroup> - Merupakan salah satu element penting didalam penulisan sebuah form untuk pemilihan, biasanya dipakai untuk mengkategorikan pilihan menjadi lebih enak dilihat oleh user. yakni, item pilihan yang akan di control tersebut pada <option> element di jadikan menjadi kelompok tertentu dengan cara menggunakan Optgroup, selain itu Optgroup juga dapat dilabeli untuk mempermudahkan pencarian pada code maupun kerja server.

Tata cara penulisan <optgroup> diwajibkan harus berada didalam element <select>, sedangkan <option> tag element berada didalam tag <optgroup>.


Atribut HTML Tag <optgroup> Element


disabled
Ini ditujukan agar grup option tersebut tidak dapat diseleksi, hal ini dipakai apabila anda melarang user menggunakan select pada form anda.
Value : disabled

label
Digunakan untuk melabeli nama grup, anda dapat memasukan label sesuai kehendak anda dan harus berbeda dengan form lain agar sesuatu yang tidak diinginkan terjadi misalnya bentrok data dan lain sebagainya.
Value : teks


Contoh penerapan dari tag HTML legend adalah sebagai berikut ini :

<form>

 <p>Hewan Paling Menyeramkan Menurut Anda ?</p>
 <label>Hewan Menyeramkan :
 <select name="hewan">
  <optgroup label="Hewan Darat">
   <option value="singa">Singa</option>
   <option value="ular">Ular</option>
   <option value="kalajengking">Kalajengking</option>
   <option value="ulat">Ulat</option>
  </optgroup>
  <optgroup label="Hewan Air">
   <option value="hiu">Ikan Hiu</option>
   <option value="buaya">Buaya</option>
   <option value="kodok">Kodok</option>
   <option value="kepiting">Kepiting</option>
  </optgroup>
 </select>
 </label>

</form>


Baca juga lainnya :



Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan di dalam artikel saya yang berjudulkan Belajar Pemrograman HTML Optgroup Tag <optgroup> Element.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin belajar tentang pemrograman html form legend.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • optgroup label
  • Optgroup
  • optgroup jquery
  • optgroup tag
  • optgroup in html
  • optgroup example
  • optgroup tag in html




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments