Wednesday, March 14, 2018

Kartu Kredit : Pengertian, Komponen, Jenis Dan Fungsi Lengkap

Kartu Kredit : Pengertian, Komponen, Jenis Dan Fungsi Lengkap




Kartu Kredit : Pengertian, Komponen, Jenis Dan Fungsi Lengkap - JOKAM INFORMATIKA

Kartu Kredit - Di negara Indonesia, pamor kartu kredit sebagai alat transaksi non-tunai selain kartu ATM secara bertahap terus meningkat. data yang sudah terekam oleh bank indonesia sampai akhir maret 2017 tahun lalu jumlah pengguna kartu kredit beredar di indonesia mencapai 18 juta keping kartu kredit.

Bila dibandingkan pada tahun 2010 silam yaitu sebanyak 13 juta kartu kredit, jadi dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan pengguna kartu kredit mencapai 10 sampai dengan 30% per tahun.

Kebijakan terbaru yaitu pada awal juni 2017, sistem regulator pembayaran memangkas bunga kartu kredit menjadi 2,20% dari angka sebelumnya yaitu 2,95%. hal ini diharapkan agar para pengguna dapat lebih semangat bertransaksi memakai kartu kredit mereka dan diharapkan dapat merangsang pertumbuhan pemakai lebih cepat.

Kartu kredit merupakan kartu yang berbentuk persegi yang berbahan dasar kan plastik dan diterbitkan oleh bank atau perusahaan pengelola kartu kredit yang sudah ter verifikasi oleh suatu negara, dan perusahaan memberikan kepada pengguna sebuah kebebasan bertransaksi secara mudah dengan sistem kredit atau membayar di akhir dengan diberikan bunga sesuai ketentuan masing-masing perusahaan kartu kredit.

Di dalam penggunaannya pengguna dibebaskan menggunakan secara keseluruhan atau pun hanya beberapa persen, akan tetapi tak jarang pula ada suatu perusahaan yang memberikan sebuah peraturan yang mana kartu kredit harus digunakan di atas batas minimum.

Di indonesia sendiri saat ini ada 24 penerbit kartu kredit yang terdiri dari 22 bank dan dua perusahaan keuangan non-banking, berikut ini merupakan daftar nama penerbit kartu kredit di negara indonesia :
  1. BANK ANZ INDONESIA
  2. BANK BUKOPIN
  3. BANK ICB BUMIPUTERA
  4. BANK CENTRAL ASIA
  5. BANK CIMB NIAGA
  6. BANK DANAMON INDONESIA
  7. BANK ICBC INDONESIA
  8. BANK MAYBANK INDONESIA
  9. BANK MANDIRI
  10. BANK MEGA
  11. BANK NEGARA INDONESIA
  12. PAN INDONESIA BANK LTD
  13. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO)
  14. BANK PERMATA
  15. CITIBANK
  16. THE HONGKONG & SHANGHAI BANGK CORP
  17. BANG OCBC NISP
  18. STANDARD CHARTERED BANK
  19. BANG UOB INDONESIA
  20. BNI SYARIAH
  21. BANK SINARMAS
  22. AEON CREDIT SERVICE
  23. BANK QNB KESAWAN
  24. PT. SHINHAN INDO FINANCE


Bentuk Kartu Kredit



Bentuk umum dari kartu kredit yang ada di indonesia adalah berbentuk persegi, berbahan dasar plastik mika dan juga dilengkapi beberapa fitur di bawah ini,

Tampak Depan :

  • Chip
Chip ini berguna untuk fungsi keamanan, chip ini biasanya diletakkan dibagian depan muka kartu. dan chip ini juga dapat meng enkripsi data yang keluar sehingga transaksi anda lebih aman dan tidak terjadi kecurangan.

  • Nomor Kartu Kredit
Nomor ini biasanya berisi 16 digit dan terletak di muka kartu

  • Nama Pemegang Kartu
Nama ini juga dapat dijadikan acuan keamanan bagi anda, maka tak jarang apabila anda ingin membayar sesuatu belanjaan maka anda akan ditarik ktp identitas anda dan kecocokan kepada kartu kredit yang anda gunakan.

  • Nama Penerbit Kartu Kredit
Nama penerbit ini biasanya sama dengan bank yang anda gunakan pada saat pembuatan kartu kredit.

  • Masa Berlaku Kartu Kredit
Pada sisi depan tampak muka, anda akan menjumpai tulisan kecil yang terbaca month/years yang berarti bulan dan tahun masa berlaku kartu kredit tersebut.

  • Logo Jaringan Kartu Kredit
Logo jaringan ini mengidentifikasi bahwa jaringan mana yang anda gunakan, sedangkan di indonesia memiliki lima jaringan kartu kredit yaitu " Union Pay, BCA, JCB, Mastercard dan VISA.


Tampak Belakang :

  • Magnetic Stripe
Komponen ini berfungsi apabila anda sedang berada di luar negeri maka anda tetap dapat menggunakan kartu kredit anda untuk bertransaksi.

  • Panel Signature
Adalah tempat untuk meng verifikasi kepemilikan dengan cara membutuhkan tanda tangan di dalamnya.

  • Nomor Verifikasi (CVV)
  • Alamat Penerbit beserta Keterangan Penting lainnya


Pihak Kartu Kredit



Ada beberapa pihak yang bersangkutan di dalam penggunaan maupun pembuatan sebuah kartu kredit,

  • Pemegang Kartu Kredit
Adalah seseorang yang sudah memenuhi syarat untuk menggunakan kartu kredit, baik persyaratan utama, persyaratan administrasi, identitas dan juga persyaratan lainnya yang dibutuhkan.

  • Penerbit Kartu Kredit
Adalah sebuah perusahaan ataupun lembaga perbankan yang dapat melayani atau menerbitkan kartu kredit.

  • Jaringan Kartu Kredit
Yaitu organisasi penengah antara merchant dan penerbit kartu kredit, mereka akan memangkas sebesar 0,1% dari transaksi kartu kredit yang sudah dilakukan. pemangkasan ini bisa dinamakan dengan biaya administrasi ataupun jasa pembayaran.

  • Merchant
Adalah tempat pembayaran yang anda lakukan, seperti ketika anda berada di mall, restoran atau tempat lainnya yang menyediakan Mesin ATM atau EDC.


Jenis Kartu Kredit


Ada beberapa pilihan dari jenis kartu kredit yang ada di indonesia, setiap jenis dari kartu kredit tentunya memiliki keunggulan ataupun fitur yang berbeda-beda tergantung kebutuhan yang anda inginkan. berikut adalah beberapa jenis kartu kredit yang ada di indonesia :


Kartu Kredit Reguler

Adalah jenis kartu kredit yang diterbitkan oleh bank atau perusahaan penerbit kartu kredit yang biasa digunakan orang pada umumnya, selain itu kartu kredit ini memiliki layanan yang tersebar di seluruh indonesia. fitur yang ditawarkan ada empat yaitu klasik, gold, platinum dan titanium. pilihan tersebut juga dipertimbangkan dari kemampuan pendapatan pemegang kartu kredit.

Kartu kredit reguler ini juga memiliki jaringan internasional yaitu visa dan mastercard yang mana keduanya dapat anda gunakan pada saat anda sedang berada di luar negeri.


Kartu Kredit Korporasi

Kartu kredit korporasi adalah kartu kredit yang diterbitkan oleh bank yang menargetkan untuk digunakan seorang eksekutif sebuah perusahaan atau petinggi negara sehingga kartu ini dapat bermanfaat untuk menyokong kelancaran aktivitas dalam kerja sebuah perusahaan atau negara. limit atau batas pemakaian kartu kredit korporasi ini biasanya berintensitas kan cukup besar sekali.


Kartu Kredit Affinity

Kartu ini merupakan produk kartu kredit yang diterbitkan untuk ditujukan sebagai penunjang kerjasama antara bank penerbit dengan berbagai institusi atau organisasi tertentu, biasanya penerbit akan mendapatkan kartu kredit secara eksklusif yaitu sesuai keinginan yang diajak kerjasama.

Pada umumnya penerbitan kartu kredit affinity ini bertujuan untuk rangka kampanye tertentu. sedangkan organisasi yang diajak kerjasama biasanya adalah perguruan tinggi atau universitas, komunitas hobi dan organisasi ikatan alumni tertentu.

Di Indonesia sendiri bank BNI termasuk bank yang paling banyak merilis kartu kredit tersebut, Misalkan BNI-UI Card merupakan kerjasama antara BNI dengan universitas indonesia.


Kartu Kredit Co-Branding

Kartu kredit ini biasanya diterbitkan untuk menunjang suatu pembiayaan produk, kartu kredit ini diperuntukkan bagi mereka yang senang ber jual beli dengan memanfaatkan diskon. maka penerbit akan memfasilitasi pemegang kartu agar bisa menikmati promo spesial dari mereka bagi para pemegang jenis kartu kredit ini.

Contoh dari kartu kredit co-branding antara lain adalah : Garuda-BNI visa dan platinum, Permata Hero Card, Mandiri Hypermart Card.


Kartu Kredit Private Label

Kartu kredit ini memiliki jaringan sendiri sehingga tidak membutuhkan jaringan kartu kredit internasional seperti mastercard dan visa. sehingga keunggulan kartu kredit ini yaitu membebankan biaya pada pemegang kartu yang sangat murah. namun kekurangan dari kartu kredit ini tidak dapat digunakan secara internasional sehingga hanya dapat digunakan di area yang memiliki kartu mesin tertentu. namun fitur yang dimilikinya tidak kalah dengan kartu kredit reguler pada umumnya.



Dengan berkembangnya zaman maka kita tidak perlu menyimpan uang ataupun repot-repot menghitung biaya pengeluaran kita, dengan adanya kartu kredit anda bebas membeli atau bertransaksi tanpa memikirkan biaya yang anda tanggung pada saat itu, akan tetapi pada akhir bulan anda wajib untuk melunasi kredit yang anda gunakan pada sebulan penuh tersebut.
Kartu ini jelas dapat mengurangi kejahatan karena perampok tidak akan bisa menguras uang kita di dalam kartu plastik tersebut, akan tetapi kita masih dapat menggunakannya untuk membeli atau bertransaksi apapun yang kita inginkan.


Baca juga lainnya :



Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan di dalam artikel saya yang berjudulkan Kartu Kredit : Pengertian, Komponen, Jenis Dan Fungsi Lengkap.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan ini dapat memberikan manfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengenal tentang pengetahuan kartu kredit.
Sekian dan Terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • credit card icon
  • credit card size
  • credit card cvv
  • credit card cvv number
  • credit card dimension
  • credit card example numbers
  • credit card example number
  • credit card font
  • credit card fake number and cvv2
  • card number mastercard
  • card number american express
  • card number and name
  • card number amex
  • card number credit card
  • discover card number customer service
  • american express credit card login
  • american express atm
  • american express application status
  • american express code
  • american express customer service
  • american express centurion concierge
  • american express dispute




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments