Thursday, March 15, 2018

Mail Server : Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerja Lengkap

Mail Server : Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerja Lengkap




Mail Server : Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerja Lengkap - JOKAM INFORMATIKA

Mungkin kalian sudah pernah mendengar tentang mail server, dan juga kalian tak jarang sering menggunakan akun email untuk mengirim pesan kepada kerabat maupun teman kalian bukan ? akan tetapi apakah kalian sudah paham tentang apa itu yang dinamakan mail server ? pada kesempatan ini saya akan memberikan anda beberapa pengetahuan tentang pengertian fungsi dan juga cara kerja dari mail server. simak ulasan artikel saya di bawah ini :

Mail Server - adalah salah satu terobosan terbaru yang bergerak dibidang pengiriman pesan melalui media elektronik yaitu internet. selain itu mail server juga difungsikan pada biznet untuk menyediakan layanan berupa ftp.

Program mail server dapat dijalankan pada sebuah komputer yang dioperasikan oleh seorang programmer yang khusus menangani mail server disebut post master.

Sedangkan seorang post master memiliki beberapa tugas untuk mengelola mail server di dalam komputer yaitu mengelola akun, monitoring aktivitas dan mengawasi secara administrator. adapun jenis protokol yang digunakan oleh mail server diantaranya adalah SMTP, PoP3 dan IMAP.


Protokol Email Server


  • SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) digunakan sebagai standar untuk menampung dan mendistribusikan email.
  • POP3 (Post Office Protocol v3) dan IMAP (Internet Mail Application Protocol) digunakan agar user dapat mengambil dan membaca email secara remote yaitu tidak perlu login ke dalam sistem shelll mesin mail server tetapi cukup menguhubungi port tertentu dengan mail client yang mengimplementasikan protocol POP3 dan IMAP.


Fungsi Mail Server


Mail server berfungsi sebagai pengatur ataupun penerima dari saluran data respon email ke luar maupun masuk dari para pelanggannya, maka dari itu dengan adanya mail server maka pelanggan dapat dengan mudah mengirim pesan atau pun menerima pesan secara gratis. mail server sendiri merupakan perkembangan dari pesan instan sms, namun perbedaannya adalah bahwa imel dikerjakan oleh server secara online sehingga hal ini tidak akan memakan biaya pulsa di handphone anda akan tetapi anda harus menanggung biaya internet sehingga anda akan dikenakan kuota.


Pengertian Port


Port merupakan socket atau male port, port ini terletak pada bagian hardware server yang berguna untuk tempat saluran kabel dan juga dapat berfungsi sebagai transmitter data. ada empat jenis port jaringan yaitu Port serial, Pararel port, Port SCSI dan Port USB.


Cara Kerja Mail Server


Setelah kamu mengetahui di atas tentang apa itu mail server maka kini anda dapat mengetahui tentang bagaimana sih kinerja dari mail server.

Pada tahap awal pengirim akan menulis pesan yang diinginkan lalu mengirim nya ke mail server melalui port smtp, kemudian server akan memproses permintaan anda yang di dalamnya terdapat alamat email tujuan dan juga pesan anda. setelah mail server sudah menyetujui permintaan anda secara networking maka mail server akan mengirimkan data yang anda kirimkan tersebut untuk ditujukan kepada pengguna yang dimaksud, kemudian pesan akan masuk ke dalam akun email yang sudah anda tentukan sebelumnya. setelah sampai maka penerima diwajibkan untuk memeriksa akun email yang bertujuan untuk melihat pesan yang anda kirim. akun email anda akan menampilkan data yang sudah anda kirim melalui browser penerima dengan menggunakan bahasa html agar dapat tampil pada browser.



Banyak penyedia service email secara gratis, biasanya mereka memberikan batasan maksimum atau bisa dikatakan limit per hari untuk transaksi pesan elektronik anda.
Apabila anda ingin memiliki service email yang tidak ada batasan nya atau unlimited maka anda dapat membelinya menggunakan uang anda. anda akan menemukan fitur premium yang dapat anda nikmati dari penyedia layanan email tersebut.


Baca juga lainnya :



Mungkin cukup sekian penyampaian di dalam artikel saya yang berjudulkan Mail Server : Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerja Lengkap.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang seluk beluk mail server.
Sekian dan terima kasih



Kata kunci terkait :
  • mail server debian
  • mail server ubuntu
  • mail server yahoo
  • mail server apple
  • bluehost email server
  • mail server checker
  • mail server checking
  • mail server definition
  • mail server einrichten
  • mail server for ubuntu
  • mail server for outlook 2016
  • mail server for outlook 2018




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments