Tuesday, March 20, 2018

Mesin EDC : Pengertian, Jenis, Fungsi Dan Cara Menggunakannya

Mesin EDC : Pengertian, Jenis, Fungsi Dan Cara Menggunakannya




Mesin EDC : Pengertian, Jenis, Fungsi Dan Cara Menggunakannya - JOKAM INFORMATIKA

Seiring berkembangnya suatu zaman, maka kemudahan didalam transaksi layanan keuangan juga semakin canggih dan mudah. salah satu kecanggihan teknologi yang ada saat ini adalah adanya mesin EDC (Electronic Data Capture) yang dapat membantu anda untuk melakukan transaksi keuangan demi ke perlu pembayaran anda. dengan adanya kemudahan ini maka anda tidak perlu membawa uang ke mana-mana, selain itu dengan adanya mesin ini maka penjual tidak usah repot-repot menghitung jumlah kembalian. karena mesin ini dapat membayar dengan cara menginput kan nilai yang pas atau sesuai dengan pembayaran.

Selain itu dengan adanya mesin ini maka di dompet anda hanya dibutuhkan kartu saja yang berisikan saldo perbankan anda. akan sangat merepotkan sekali apabila memiliki dompet yang tebal.

Selain itu mesin EDC juga tidak melayani pembayaran tunai saja, akan tetapi mesin ini juga dapat digunakan untuk transaksi pembayaran belanja, pembayaran biaya tol, pembayaran rekening listrik atau air, pembayaran tiket pesawat dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah artikel yang menjelaskan tentang paparan penjelasan tentang mesin EDC.

EDC - adalah singkatan dari Elektronik Data Capture. mesin ini dapat kita jumpai di tempat pembayaran atau kasir yang disediakan oleh outlet yang tersebar di berbagai daerah, selain itu mesin ini dapat kita jumpai di supermarket, mall ataupun hotel.

Dengan adanya mesin ini maka kita dapat terbantu untuk melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit kita, bentuk dari mesin edc ini adalah berbentuk balok, memiliki tombol untuk menginput dan juga layar pada sisi mukanya.

Mesin EDC dikeluarkan oleh pihak bank dan disebar kepada seluruh pelosok kota yang memiliki outlet pembayaran, biasanya mereka akan bekerjasama. Pihak outlet juga memilih pembayaran ini karena kebanyakan semua orang sudah memilih tren keuangan mereka yang lebih modern yaitu pada perbankan.


Cara Menggunakan Mesin EDC


Untuk cara menggunakannya juga sangatlah mudah, cara penggunaannya mirip dengan menggunakan mesin atm. akan tetapi perbedaan dari mesin edc ini adalah dengan cara digesek. jika anda bingung tentang menu yang berbahasa inggris maka anda dapat meminta tolong untuk dijelaskan oleh pemilik outlet atau merchant pembayaran.

Mesin EDC juga sudah support untuk digunakan pada kartu debit ataupun kartu kredit, berikut ini adalah mekanisme kinerja untuk melakukan transaksi menggunakan mesin EDC :
  • Pastikan anda ingin membeli suatu barang
  • Kemudian bawa kartu anda ke kasir
  • Kemudian kasir akan memasukkan jumlah uang yang akan dibayarkan
  • Lalu kasir akan meminta anda untuk menginput kan pin kartu anda pada mesin.
  • Kemudian bc kan kartu pada mesin. apabila transaksi berhasil maka mesin akan mengeluarkan struk bukti transaksi dari mesin.
  • Lalu pihak kasir akan meminta anda untuk menandatangani struk transaksi tersebut sebagai verifikasi bahwa yang melakukan transaksi adalah anda sendiri.

Perlu diketahui apabila jenis dari rekening kartu anda adalah Kartu Debit maka saldo yang di dalam rekening akan terpotong otomatis sesuai dengan jumlah pembayaran.
Dan apabila jenis dari kartu rekening anda adalah Kartu Kredit maka jumlah pembayaran tersebut akan ditambahkan ke daftar tagihan pada kartu kredit anda.


Jenis Error Mesin EDC


  • PLEASE TRY AGAIN
Error ini biasanya disebabkan oleh: Reversal, line telepon, sinyal dari GPRS yang tidak bagus. Cara penanganannya relatif mudah, Anda tinggal restart saja mesin EDC dengan menekan FUNCTION 3 ENTER kemudian masukkan password, mesin akan mati dan akan hidup dengan sendirinya. Dan error pun akan hilang sehingga transaksi bisa dilanjutkan.

  • LINE IDLE
Error ini terjadi karena adanya macam macam penyebab seperti : line telpon mati atau suara yang kurang jernih, bisa juga karena ada reversal sebelumnya. Kemungkinan lain setingan pada PABX yang tidak sesuai. Penanganannya sama dengan error di atas yaitu restart dengan menekan tombol function 3 enter kemudian password 3636 enter kemudian mesin akan mati dan akan hidup dengan sendirinya setelah langkah ini dilakukan ternyata tidak berhasil silahkan hubungi bank penerbit mesin EDC. Berarti mungkin 3 faktor di atas bukan penyebabnya.

  • REVERSAL
Error artinya tidak semua transaksi sukses, transaksi yang tidak sukses disebabkan oleh berbagai macam faktor sehingga membutuhkan reversal. Untuk mengetahui adanya  reversal bisa dilihat dengan cara menekan function 1 dan enter. Setelah dilayar muncul tulisan reversal maka langkah berikutnya adalah menghapusnya dengan cara menekan tobol function kemudian 99 enter dan tekan 99 lagi dan diikuti 3 angka nomor mesin di bagian akhir.


Jenis Mesin EDC


Hampir setiap bank mengeluarkan mesin EDC sesuai versinya masing-masing dan disediakan bagi mereka yang mengajukan permohonan kepemilikan mesin EDC. Syarat dan ketentuan yang di terapkan setiap bank dalam memberikan mesin EDC berbeda-beda. Mesin EDC sendiri dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu :

Pertama,
Fixed Line yaitu EDC yang menggunakan line telpon dari telkom dan untuk biaya berlanggangan akan dibayarkan ke Telkom. Tipe ini adalah default dari jenis mesin EDC. Komunikasi data menggunakan beroptik yang disediakan oleh Telkom. Biaya komunikasi per sekali transaksi biasanya adalah Rp250,-. Harga ini tergantung dari Telkom sendiri bisa berubah-ubah sesuai ketentuan Pihak Telkom.

Kedua,
GPRS yaitu EDC yang tergantung pada sinyal selular, tapi sumber powernya menggunakan listrik PLN jadi harus selalu tersambung pada stop kontak PLN. Cara kerjanya memakai SIM card seperti handphone dan harus selalu tercolok ke stop kontak sebagai pengganti pemakaian baterai. Tipe ini yang sekarang dipergunakan di outlet-outlet yang tidak mempunyai line telepon fixed line.

Ketiga,
GPRS Mobile yaitu EDC yang juga memanfaatkan sinyal seluler namun tidak harus dicolok ke stop kontak karena menggunakan baterai jadi bisa diisi ulang dan praktis dibawa kemanapun biasanya dipergunakan hanya untuk pameran.


Akan tetapi anda harus selalu berhati-hati agar data anda tidak dicuri, karena banyak pihak sekarang ini memasang alat scanner pada tempat gesekan yang berbentuk sangat kecil. alangkah baiknya anda tidak menggeser kan kartu anda, karena di bawah ada fitur memasukkan kartu seperempat nya saja karena kebanyakan kartu sudah memiliki tips sehingga mereka bisa memanfaatkan dengan cara menggeser atau memasukkan kartu.


Baca juga lainnya :



Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan di dalam artikel saya yang berjudulkan Mesin EDC : Pengertian, Jenis, Fungsi Dan Cara Menggunakannya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengenal tentang apa sih itu mesin edc.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • mesin edc bca
  • edc bri
  • edc bni
  • edconnect
  • edc china
  • edc canada
  • edc definition
  • edc engineering
  • edc finance
  • edc full form




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments