Friday, March 2, 2018

Pengertian Dan Fungsi Lengkap VPS (Virtual Private Server)

Pengertian Dan Fungsi Lengkap VPS (Virtual Private Server)




Pengertian Dan Fungsi Lengkap VPS (Virtual Private Server) - JOKAM INFORMATIKA

VPS - Adalah kepanjangan dari Virtual Private Server, VPS layaknya server yang besar namun VPS dapat dibagi menjadi beberapa bagian untuk dijadikan virtual mesin. VPS juga ditugaskan untuk melayani klientnya dalam kebutuhan server atau tasking, sehingga diperlukan spesifikasi server yang baik untuk kinerja yang baik. Pada umumnya VPS banyak digunakan untuk Cloud Computing, Apps server, Web Server dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu, VPS juga dibekali kemampuan layaknya komputer dan juga server yang bekerja dengan menggunakan System Operasi didalamnya. sehingga akan memudahkan penggunanya didalam melakukan beberapa management server maupun tasking. Kemudahan yang ditawarkan oleh VPS adalah dapat dikendalikan dengan mudah meski anda tidak melihat server sebenarnya namun anda dapat mengendalikan dengan menggunakan aplikasi Remote Desktop Connection pada windows contohnya adalah putty dan untuk linux adalah Terminal.

Harga dari VPS mungkin akan terbilang mahal, namun apabila anda seorang pebisnis maka tidak akan keberatan akan hal itu karena selain service yang dapat diacungi jempol juga koneksi yang ditawarkan juga sangat mumpuni.

Berikut ini adalah Dasar dari sebuah VPS :
  • VPS beroperasi seperti halnya server yang terpisah
  • VPS memiliki tasking, user direktory dan juga menyediakan hak full root access untuk kebebasan penggunanya.
  • Seiap VPS memiliki IP address, Port, filtering dan routing rule sendiri.
  • VPS dapat bekerja sebagai konfigurasi, tasking dan storage aplikasi dan software.
  • VPS juga dapat difungsikan untuk menghapus, menambah datau memodifikasi file apa saja, termasuk juga file yang ada didalam root.
  • VPS dapat diinstallasikan softaware, aplikasi dan masih banyak lain sebagainya.

Source VPS :
  • CPU Core
  • CPU Usage
  • RAM
  • Disk Storage

Spesifikasi dari VPS agak mirip dengan spesifikasi laptop namun di acukan hanya kepada grafis, penyimpanan dan koneksi saja. Ada berbagai jenis dari VPS, sehingg hal itu juga akan mempengaruhi harga dari sebuah VPS masing-masing tergantung dari sebagus atau sebesar apa spesifikasi tersebut. Selain itu anda tidak perlu khawatir tentang server anda yang akan mati atau apapun, karena server akan terus terhubung secara realtime kedalam internet. Untuk mengaksesnya anda dapat menggunakan Remote Desktop Connection (RDC) yang biasanya sudah disediakan oleh windows di komputer anda.

VPS menyala secara Realtime dan anda menghawatirkan terjadi kerusakan? maka anda tidak perlu khawatir karena pasalnya VPS sudah terawat oleh pihak perusahaan penyedia VPS tersebut sehingga server VPS anda akan tetap terjaga, selain itu perusahaan akan memperbaiki, mengupgrade atau menyetting apa saja yang perlu untuk dirawat. Namun anda jangan khawatir kehilangan tentang data yang ada didalam server VPS anda. dikarenakan perusahaan akan sangat mengerti bahwa mereka tidak berhak menghapus data user mereka.
VPS juga dapat leluasa di setting dan di management oleh user root.

Persewaan VPS terdiri dari 2 macam yakni,
  • VPS Managed - adalah server yang masih kosong dan hanya diberi IP Address, root dan juga password.
  • VPS Unmanaged - adalah server yang sudah terinstall Operating system dan lainnya yang sesuai kebutuhan pengguna.

Fungsi VPS (Virtual Private Server)

  • Web Hosting
Web Hosting adalah salah satu fungsi yang paling banyak digunakan oleh para penggunanya karena mereka menggunakan disk untuk dijadikan sebagai web hosting. VPS juga sangat cocok bagi perusahaan atau website level menengah seseorang. Penggunaan VPS juga cocok untuk menjalankan website maupun penyimpanan file kebutuhan pengguna seperti halnya website download aplikasi. maka dengan disk yang besar maka anda tidak perlu ragu akan hal ini.

  • Backup Data
Backup Data adalah fungsi khusus yang menjamin anda untuk menyimpan data anda secara terpisah, kemudian anda dapat menggunakan kembali saat anda sedang membutuhkan data saat data anda hilang atau ada yang sedang rusak karena sebuah faktor.

  • File Server
File Server adalah fungsi dari disk VPS, dengan adanya disk tersebut maka anda dapat bebas menyimpan, mengambil kembali isi dari file didalam server anda secara online.

  • Host Server
Sebagai Host Server yang cocok untuk mereka yang menginginkan keamanan data koneksi pada internet mereka, selain itu hal ini juga cocok untuk controller server CCTV dan lain sebagainya yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

  • Hosting Applications
Aplikasi Hosting adalah media yang hampir sama dengan Web Server, namun hosting ini khusus untuk tasking syntax oleh aplikasi. dan ini tentu tidak sembarang server hosting dapat menjalankan beberapa perintah untuk aplikasi server.


Bagi anda yang mempunyai sebuah Blog atau Website maka anda sangatlah cocok didalam penggunaan VPS untuk kebutuhan komersial website anda, apa yang sudah anda dapatkan akan sebanding dengan harga VPS yang ditawarkan apabila website anda sangat profesional. maka dalam hal biaya akan tidak membebani anda.
Selain itu, sebuah website komersial tentu membutuhkan sebuah aplikasi pendukung atau file apapun. maka dengan adanya VPS tersebut dapat menjadikan bisnis anda lancar terkendali.

Jadi, itulah semua fungsi yang memang tidak banyak dimiliki oleh hosting, dengan memiliki server maka anda akan lebih leluasa dalam menjalankan bisnis anda yang menguntungkan.


Lalu, siapa sajakah yang menjadi Pengguna VPS (Virtual Private Server) ?


Website Terkenal


Pada dasarnya untuk website yang biasa memang sudah cocok bagi anda pemilik website, namun bagi anda pemilik website dengan angka banjiran pengunjung setiap hari maka hosting sudah tidak mumpuni dalam hal ini, website anda jauh akan lebih lega apabila anda menggunakan VPS sebagai hostingnya, dikarenakan VPS jauh menjurus kepada server dengan memiliki banyak kapasitas maupun disk space. Selain itu processor juga mendukung kecepatan akses server oleh pengunjung.

Layanan Web Hosting


Keunggulan lainnya adalah VPS dapat dipecah menjadi beberapa Server Virtual yang kemudian dapat dipakai oleh para client agar mereka dapat membuat website mereka.

Layanan Cloud Storage


Keunggulan dari VPS juga memiliki disk yang terbilang sangat besar, jadi memungkinkan anda membuat sebuah website yang berkemampuan menyimpan banyak file dengan berbagai ukuran didalamnya. salah satu contoh Penyimpanan Awan adalah google drive. hal ini jarang dapat dilakukan hosting-hosting biasa karena pada umumnya mereka dibatasi oleh penyimpanan disk dari penyedia hosting mereka. sehingga untuk penyimpanan mereka sangat dibatasi.

Pemerintah atau Lembaga


Biasanya mereka menggunakan fungsi yang sangat penting bagi mereka yaitu e-mail, database dan file storage. hal ini dapat dijamin oleh perusahaan VPS pada keamanan mereka tidak diragukan, karena mereka akan memisahkan data yang dimiliki pengguna user kedalam private server secara terpisah dari user yang lain. sehingga keamanan data akan tetap terjaga dengan biaya yang terbilang mudah untuk mereka.

Streaming Audio Video


VPS juga dapat dijadikan media server penyimpanan yang kuat dan tangguh dengan memiliki kapasitas yang tinggi, selain itu fungsi tasking yang sangat mendukung menjadikan server ini dapat dijadikan sebagai media streamin pembuka data audio video file. contoh penggunaan dari VPS ini untuk kebutuhan tersebut adalah TV Online, Youtube, MP3 player dan Lain sebagainya yang dapat dilakukan dengan streaming.

Aplikasi Khusus


Aplikasi membutuhkan penyimpanan dan juga tasking support untuk menjalankan apa yang sedang berada di disknya yang kemudian dapat diakses oleh aplikasi anda sebagai permintaan pengguna aplikasi, hal ini meliputi Aplikasi VPN, Aplikasi Game, Aplikasi Forex dan lain sebagainya.


Namun perlu ditekankan, bahwa untuk mengakses sebuah VPS apabila anda ingin lancar didalam penggerakan cursor atau proses maka koneksi anda harus stabil dan cepat, karena anda layaknya mengontrol sebuah komputer server dari jauh maka koneksi anda perlu dipertanyakan apabila terjadi kelambatan gerak mouse atau tasking.
Jadi kesimpulan adalah bahwa lemot terjadi dari koneksi anda, karena pasalnya koneksi VPS sudah sangat kencang sekali sebagai server sehingga sangat tidak masuk akan sekali apabila lemot di asumsikan penyebabnya berasal dari server.
Kinerja VPS pun tidak dipertanyakan dalam segi apapun,


Baca Juga Lainnya :



Mungkin cukup sekian dari penyampaian saya yang berjudulkan Pengertian Dan Fungsi Lengkap VPS (Virtual Private Server).
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang belum terlalu mengenal salah satu komponen kelas menengah ini.
Sekian dan Terimakasih



Kata Kunci Terkait :
  • virtual private server vs shared hosting
  • virtual private server windows
  • virtual private server wiki
  • virtual private server australia
  • virtual private server hosting free
  • best virtual private server hosting
  • virtual private server cheap
  • vps server linux
  • vps server australia
  • vps server canada
  • vps server china
  • vps server cloud
  • vps dedicated server hosting
  • server dedicated hosting
  • dedicated server auction
  • dedicated server benefits
  • dedicated server bluehost
  • dedicated server css




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments