Tuesday, March 13, 2018

Pengertian, Jenis dan Fungsi Network Interface Card (NIC) Lengkap

Pengertian, Jenis dan Fungsi Network Interface Card (NIC) Lengkap




Pengertian, Jenis dan Fungsi Network Interface Card (NIC) Lengkap - JOKAM INFORMATIKA

NIC - adalah singkatan dari Network Interface Card, atau biasa orang teknisi menyebutnya dengan Lan Card. yaitu sebuah perangkat Ethernet Card dan berguna untuk menyediakan media penghubung antara komputer dengan jaringan, pada umumnya komponen ini berada pada internal board. namun tak jarang juga pabrik memproduksi ethernet card untuk digunakan secara terpisah yaitu eksternal card.

Untuk jenis NIC yang paling banyak beredar di dunia terbagi menjadi dua jenis yaitu NIC yang bersifat fisik dan NIC yang bersifat logis. contoh nick yang bersifat fisik adalah NIC ethernet, token ring dan lain sebagainya. sementara untuk NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan juga Dial-up Adapter. semua komponen tersebut merupakan komponen network adapter, setiap komponen yang berbeda juga memiliki alamat identitas yang berbeda. sedangkan untuk penamaan alamat yang dipakai oleh network adapter ini dinamakan dengan MAC address.

Fungsi Network Interface Card (NIC)


Perangkat ini memiliki dua fungsi utama yang berbeda yaitu :
  • Sebagai jembatan penyambung kabel jaringan dengan motherboard komputer.
  • Sebagai komponen penyedia alamat identitas jaringan fisik komputer.

Jenis-Jenis Network Interface Card


Komponen ini merupakan salah satu perangkat jaringan yang bekerja pada sesi Layer Physical dan juga data link, komponen ini berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan perangkat jaringan lainnya agar komputer bisa mendapatkan akses internet maupun data. untuk menghubungkan nya biasanya komputer membutuhkan kabel utp dan juga Konektor RJ45, tak lupa sebagai sumbernya maka anda harus memiliki hub with dan juga modem ataupun ISP yang sudah tersedia.

Kebanyakan komponen ini sudah diproduksi melekat pada internal motherboard oleh pabrik komputer dan juga laptop, akan tetapi tak jarang juga banyak komputer yang belum memiliki Lan Card tersebut sehingga kita dituntut untuk membeli komponen tersebut dan memasang nya secara mandiri.

Berikut ini adalah komponen yang berjenis kan network interface card :

PCI Adapter


PCI adalah singkatan dari peripheral komponen interonnect, komponen ini dirilis pertama kali pada tahun 1992 dan masih banyak dipakai sampai sekarang untuk kebutuhan komputer desktop yang belum memiliki sebuah lan card di dalamnya. ada dua PCI yang dipasarkan, yaitu komponen menggunakan kabel, dan juga komponen secara wireless.

USB Wireless Adapter


USB adalah singkatan dari universal serial bus adalah komponen terbaru yang memiliki desain asimetris dan didesain sebagai alat yang sangat praktis karena dapat digunakan pada slot usb. komponen ini mudah digunakan karena memiliki kemampuan PnP yaitu Plug and Play, sehingga anda hanya perlu menancapkan saja tanpa harus mematikan komputer terlebih dahulu supaya komponen dapat terdeteksi. komponen ini banyak digunakan karena selain praktis dan juga tidak memakan banyak ruang, selain itu komponen ini juga tidak memerlukan settingan khusus karena sudah dilengkapi dengan dhcp config.

Komponen ini juga sudah mendukung teknologi 802.11N sehingga frekuensi ini dapat digunakan oleh laptop, handphone, maupun komponen jaringan lainnya. selain itu untuk jenis band nya memiliki 2 spesifikasi band 2,4 GHz dan juga 5 GHz.

CardBus PCMCIA

Adalah Lan Card generasi lama, sehinggi sekarang hampir sudah tidak digunakan karena teknologi yang dimiliki masih dibilang sudah usang.

ExpressCard


Kartu jaringan ini merupakan perkembangan dari cardbuss sebelumnya yang sudah mulai ditinggalkan, kartu jaringan ini mulai diproduksi untuk berbagai perangkat notebook. lebih tepatnya pada tahun 2006, komponen ini dipercaya untuk sarana lan adapter pada notebook. keuntungan adapter ini adalah lebih cepat daripada pendahulunya di dalam kecepatannya. karena express card mempunyai koneksi langsung kepada sistem bass pada motherboard dengan menggunakan USB 2.0. sedangkan pendahulunya masih menggunakan controller interface yang hanya memakai interface PCI.

PCI Express USB 3.0 Adapter


Sejak 2006, sudah mulai banyak produk computer yang melengkapi motherboardnya dengan PCIexpress dengan tersedianya slot PCIe. Sekarang ini banyak produk yang memanfaatkan slot PCIe ini antara lain USB port PCI Express adapter. PCIe adapter ini mengusung port USB 3.0 SuperSpeed. Lihat juga mengenal lebih dekat USB 3.0. Salah contoh dari adapter PCIe USB 3.0 ini adalah TRENDnet 2-Port USB 3.0 PCI Express Adapter TU3-H2PIE. USB 3.0 ini PCI adapter ini mempunyai 2 port type A yang bisa digunakan pada komputer yang mempunyai slot PCI Express. Adapter ini dilengkapi dengan konektor power dari PC 4-pin untuk memberikan kekuatan power kepada perangkat USB yang terhubung kepada USB portnya. Kecepatan data transfer sungguh luar biasa sampai 5 Gbps lebih dari 10 kali lipat kecepatan transfer rate dari USB 2.0 yang hanya sampai 480 Mbps. Tentunya port USB ini bisa dipakai juga (compatible) dengan perangkat USB type 2.0. Tentunya kalau dpakai pada perangkat USB 2.0 kecepatannya yang mengikuti jenis USB 2.0. Jadi kecepatan transfer rate bisa maksimum jika menggunakan perangkat USB 3.0 juga misal external Hard disk dari Iomega eGo 2 TB USB
3.0.


Tugas utama network interface card adalah untuk mengubah sebuah aliran data paralel di dalam bus komputer menjadi bentuk data serial hingga dapat di transmisi kan di atas media jaringan untuk dapat digunakan komputer sebagai aliran internet, media yang digunakan biasanya adalah kabar UTP, kabel fiber optik dan radio cable.

Device dapat berkomunikasi dengan network interface dengan menggunakan metode input dan output yang diletakkan pada memori di dalam motherboard, kinerja nya adalah sebuah aliran data paralel akan dikirimkan kepada kartu network interface kemudian disimpan terlebih dahulu di dalam sebuah memori yang ada di dalam kartu jaringan sebelum dikirimkan menjadi beberapa frame, kemudian frame-frame tersebut akan diubah menjadi pulsa-pulsa elektronik yaitu voltage dan kuota.

Begitu pula juga sebaliknya untuk bagian komponen penerima maka akan mengkonversi dari pulsa pulsa elektronik menjadi frame-frame paralel.


Baca juga lainnya :



Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan di dalam artikel saya yang berjudulkan Pengertian, Jenis dan Fungsi Network Interface Card (NIC) Lengkap.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mempelajari tentang dasar network interface card.
Sekian dan terima kasih.



Kata kunci terkait :
  • Network interface card functions
  • network interface card ip address
  • nic adapter card
  • network adapter driver windows 8.1
  • network adapter driver for windows 7 64 bit free download
  • network adapter driver windows
  • network adapter driver for windows 7 ultimate 64 bit
  • network adapter definition
  • network adapter drivers for windows xp
  • network adapter for window 7
  • pci to pci adapter
  • pci network adapter driver windows 7
  • pci adapter for desktop




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments