Wednesday, March 21, 2018

Port USB : Pengertian Dan Kegunaannya

Port USB : Pengertian Dan Kegunaannya




Port USB : Pengertian Dan Kegunaannya - JOKAM INFORMATIKA

Mungkin kalian sudah tidak asing dengan yang namanya Port USB, Port ini biasanya banyak dipakai kebanyakan orang untuk bertransaksi file maupun dokumen yang mereka kehendaki, dengan perkembangannya zaman maka Port yang ada pada komputer dapat dimanfaatkan sebagai media tukar data. Selain itu, kini handphone juga sudah dilengkapi dengan Port khusus USB. Port ini merupakan perkembangan dari Port sebelumnya, sehingga port USB dapat dikatakan lebih cepat daripada Port pendahulunya.

Teknologi USB pada era sekarang sudah mencapai versi yang ketiga, tentunya diharapkan versi yang terbaru ini dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Port USB - adalah kependekan dari Universal Serial Bus, USB dirancang dapat melakukan koneksi dengan peripheral berbagai jenis digital. jenis digital yang dimaksud adalah kamera, printer, komputer, cakram disket dan lain sebagainya. Port USB dapat dikatakan sudah mampu menggantikan pendahulunya yaitu serial port dan parallel port. karena meninjau dari segi kecepatan port ini yang lebih cepat daripada keduanya. selain itu komponen ini dapat digunakan sebagai transmitter arus bolak-balik oleh kedua peripheral.

Selain itu Port USB juga sudah dapat dijadikan sebagai alat untuk mengisi daya, karena kabel USB sudah dirancang dapat menghantarkan arus listrik. port ini pertama kali dirilis pada tahun 1996.

berikut ini merupakan versi USB :
  • USB 1.0
  • USB 2.0
  • USB 3.0


Versi USB


  • USB 1.0
Adalah versi yang paling tua atau pertama kali dirilis kan pada tahun 1996, kecepatan USB versi ini sebesar 1,5 Megabit/s dan maksimal 12 Megabit/s.

  • USB 2.0
Merupakan versi yang kedua, versi ini diperkenalkan pada tahun 2000 pada bulan april. pada versi ini memiliki peningkatan daripada sebelumnya di dalam hal kecepatan yaitu 280 Megabit/s dan dibatasi dengan kecepatan maksimum 480 Megabit/s.

  • USB 3.0
Adalah versi yang terbaru, versi ini dirilis kan pada tahun 2008 november dan ditetapkan pada konverensi Developer USB pada tanggal 17. pada versi ini memiliki superspeed kecepatan minimal 3,2 Gigabit (400 Megabyte) dan kecepatan maksimum 5 Gigabit.



Seiring berkembangnya zaman mungkin versi yang saya cantumkan ini akan bertambah karena setiap tahun versi yang ada akan direvisi dan diperbaiki maupun ditambah fitur maupun kecepatan yang mengikuti perkembangan zaman gadget maupun peripheral lainnya.


Baca juga lainnya :



Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan di dalam artikel saya yang berjudulkan Port USB : Pengertian Dan Kegunaannya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang port maupun peripheral USB.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments