Monday, March 19, 2018

Termux : Fungsi Dan Cara Menggunakannya

Termux : Fungsi Dan Cara Menggunakannya




Termux : Fungsi Dan Cara Menggunakannya - JOKAM INFORMATIKA

Saya pekan ini mendapati sebuah request dari seseorang yang menggunakan contact us pada website ini yang saya rasakan bersumber dari Group Whatsapp yang menanyakan tentang perbedaan Terminal Emulator dengan Termux.
Mungkin sobat sudah sangat tahu dengan aplikasi yang bernama terminal emulator, akan tetapi apakah sobat pernah mencoba tetangga dari aplikasi terminal emulator tersebut yang bernama Termux. Termux merupakan perkembangan dari terminal emulator, Termux juga memiliki fitur yang tak kalah menarik daripada terminal emulator.

Termux di dalam menginstal aplet lebih cepat daripada gnu root, meskipun package Termux kalah lengkap dengan Gnu Root yang memiliki banyak package. akan tetapi masih banyak peminat dari aplikasi Termux.

Termux - Adalah sebuah aplikasi terminal yang berbasis linux environment debian, Termux juga mendukung perangkat yang bekerja pada arsitektur 32-bit atau 64-bit dengan spesifikasi minimal operasi sistem yang dimiliki adalah Versi 5.0/keatas (Lolipop/up).

Kebebasan lainnya juga dapat dirasakan semua pengguna karena Termux mendukung sistem operasi yang belum memiliki root ataupun yang sudah di-root, maka anda tak perlu khawatir meskipun handphone anda belum anda root.


Cara Menggunakan Aplikasi Termux


Cara penggunaan aplikasi Termux sangatlah mudah sekali, sobat dapat mendownload nya pada google play store. coba juga tidak perlu memikirkan biaya aplikasi karena developer membebaskan biaya agar semua orang dapat mendownload dan menggunakannya.

Setelah anda selesai mendownload dan menginstal maka aplikasi tersebut akan menginstal package yang dibutuhkan dan terbaru pada saat itu. proses instalasi tersebut tidaklah memakan waktu yang sangat lama karena cukup satu menit instalasi package tersebut akan selesai.

Kemudian tahap berikutnya apabila semua sudah selesai, maka anda harus mengupdate. Update pada linux sama saja dengan kita mengupdate windows yaitu menambah fungsi dan package dari server sehingga kita akan lebih leluasa tentunya. anda dapat menggunakan perintah berikut ini untuk mengupdate Termux anda :

apt update && apt upgrade



Fungsi Aplikasi Termux


Fungsi dari aplikasi Termux beraneka ragam, Termux adalah jebolan dari distro linux debian maka penggunaannya dapat difungsikan untuk jaringan. berikut ini adalah fungsi dari aplikasi Termux.
  1. Termux bisa di gunakan sebagai SSH Client.
  2. Termux dapat digunakan untuk hacking.
  3. Termux dapat digunakan sebagai local server.
  4. Termux bisa di gunakan untuk menjalankan Python, Ruby, Perl dan PHP.
  5. Termux dapat digunakan sebagai media berinternet.
  6. Termux bisa di gunakan sebagai aplikasi teks editor berbasis terminal.
  7. Termux bisa di gunakan sebagai media untuk membobol jaringan.
Dan masih banyak lagi fungsi yang dimiliki oleh aplikasi ini yang tentunya sangat berguna bagi pengguna, dan mungkin juga anda dapat menemukan fungsi baru yang anda temukan apabila anda berkontribusi pada perkembangan Termux.

Selain itu, Termux juga dapat mendukung distro lain karena aplikasi ini menggunakan base linux debian, berikut ini merupakan daftar distro yang dapat berjalan pada aplikasi Termux :
  • Ubuntu
  • Kali Linux
  • Blackarch Linux
  • Fedora
  • Arch Linux
  • Red Hat


Perintah Aplikasi Termux


Untuk perintah aplikasi ini mungkin agak mirip dengan perintah yang diterapkan pada sistem operasi linux pada umumnya, untuk login anda pada sistem operasi yang ada di komputer maka anda dapat menggunakan sudo ataupun su. sedangkan pada aplikasi ini maka anda dapat menggunakan perintah :

tsu

Perintah ini membutuhkan akses routing pada handphone anda, apabila anda ingin menginstallnya maka install dengan perintah berikut ini :

apt install tsu


Sebelum anda menjalankan aplikasi ini maka anda diwajibkan untuk mengetahui perintah dasarnya :
  • $ ls
Adalah perintah dasar untuk mengetahui keadaan pada suatu directory tertentu.

  • $ pkg install
Adalah perintah untuk menginstal suatu paket/package.

  • $ python
Adalah perintah untuk menjalankan suatu program yang memiliki bahasa pemrograman.

  • $ nano
Adalah perintah dasar untuk mengedit suatu file atau script.
untuk menginstal nya anda dapat melakukan :

$ pkg install nano


  • $ chmod
Adalah perintah untuk mengganti permission atau akses.

  • $ clear
Adalah perintah untuk membersihkan tulisan yang ada pada layar aplikasi.

  • $ cd
Adalah perintah untuk berpindah directory.

  • $ php
Adalah perintah untuk menjalankan sebuah script pemrograman php.
Untuk menginstallnya :

$ pkg install php


Sebenarnya masih banyak perintah lainnya yang belum sempat saya tulis karena terbarunya waktu penulisan, anda dapat mencari informasi kepada forum aplikasi Termux untuk mengetahui perintah lainnya yang lebih unik.


Baca juga lainnya :



Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan di dalam artikel saya yang berjudulkan Termux : Fungsi Dan Cara Menggunakannya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui apa itu dan fungsi dari Termux.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • terminal emulator android commands
  • terminal emulator commands android list
  • terminal emulator commands
  • terminal emulator codes
  • terminal emulator debian




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments