Thursday, March 22, 2018

Traffic Source Website : Pengertian, Asal, Jenis Dan Cara Menganalisanya

Traffic Source Website : Pengertian, Asal, Jenis Dan Cara Menganalisanya




Traffic Source Website : Pengertian, Asal, Jenis Dan Cara Menganalisanya - JOKAM INFORMATIKA

Mungkin sobat sudah tidak asing dengan yang namanya Traffic ? namun kalian sudah tahu apa belum tentang pengertian maupun deklarasi dari Traffic tersebut, bagi kalian yang memiliki sebuah website maka hal ini sangat penting bagi kalian untuk diketahui. selain itu semua traffic juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk menganalisa peluang pada website.

Traffic dapat berasal dari berbagai belahan dunia dan juga dari berbagai Device, simak artikel di bawah ini untuk mengetahuinya,


Asal Sumber Traffic


Di dalam sebuah internet, asal mula dihasilkan sebuah traffic itu adalah kunjungan dari manusia. akan tetapi ada pula traffic yang berasal dari robot penelusuran, secara nyata penggunaan robot yaitu sebuah script atau pengkodean yang diletakkan pada suatu device. sedangkan script tersebut dapat otomatis meninggalkan sebuah jejak pada sebuah website tanpa harus pemiliknya mengunjungi website, hal ini yang menyebabkan hal ini terjadinya sebuah traffic berasal dari robot atau tidak real.

Robot ini biasanya digunakan oleh banyak orang yang menargetkan traffic melonjak demi meraih popularitas, namun tak jarang juga ada seseorang yang mampu mencapai popularitas tersebut tanpa menggunakan robot. mereka dapat menggerakkan banyak orang untuk menyukai ataupun mengunjungi halaman yang ia miliki. orang tersebut biasanya sudah dikenal banyak masyarakat atau sering ber promosi sehingga tak jarang banyak orang yang dapat mengetahui produk atau mengikutinya.

Harapan kebanyakan para Developer sebuah website adalah memiliki pengunjung yang nyata dan tinggi, akan tetapi bukan berarti kunjungan robot tidak begitu penting bagi website. robot yang penting bagi website misalnya adalah yahoo, google dan yandex. dengan adanya robot penelusuran tersebut maka website mereka dapat dipastikan akan lebih terkenal pada saat banyak orang mencari artikel yang mereka maksud.


Menganalisa Traffic Website


Bagi seseorang developer website, menganalisis traffic dari sebuah website yang ia miliki adalah sebuah keharusan yang harus dijalani. karena dengan cara menganalisa maka kita dapat mengetahui peluang maupun kekurangan dari website yang kita miliki. pihak google juga sudah menyediakan sarana untuk menganalisa traffic setiap hari yang datang pada website kita, anda dapat menggunakan google analytics untuk menganalisa traffic website anda. keunggulan dari sarana ini adalah tidak memerlukan biaya alias gratis, selain itu penggunaannya pun juga termasuk mudah bagi semua orang.

Dengan menganalisa sebuah traffic pada website anda maka anda dapat mengetahui dan juga dapat membedakan antara pengunjung asli maupun robot, sangat percuma apabila website kita memiliki pengunjung yang banyak akan tetapi kesemuanya adalah robot spam. sedangkan peluang terbesar pada bisnis online adalah pada pengunjungnya yang real manusia atau bukan robot.

Menurut saya, lebih baik memiliki pengunjung yang tidak seberapa akan tetapi murni manusia daripada banyak tetapi berasal dari robot. pada suatu saat juga website yang memiliki pengunjung beberapa tersebut juga akan memiliki pengunjung yang tinggi apabila konten yang dimuat menarik dan dibutuhkan banyak pengguna internet.


Jenis-Jenis Traffic


  • Direct Traffic
Direct traffic adalah kunjungan yang murni dari manusia, akan tetapi keunikan dari traffic ini adalah langsung mengunjungi pada website anda tanpa melalui perantara search engine. hal ini dapat disimpulkan bahwa pengunjung langsung menuju pada website anda.
Berikut ini adalah faktor dari direct traffic :
  1. Pengunjung setia
  2. Nama domain anda mudah diingat dan tidak ribet.
  3. Website anda sudah tenar.

  • Referral Traffic
Traffic ini merupakan jenis traffic yang berasal dari manusia dan robot, kinerja dari traffic ini adalah kunjungan visitor yang kita dapatkan pada website kita berasal dari rujukan website lain. misalnya website kita sudah terindex oleh google sehingga website kita tayang pada muka google atau halamannya.

Maka ketika seseorang mengklik website kita di dalam halaman google, pada saat itu juga kita mendapatkan rujukan dari google yang mengarah pada website kita. hal inilah yang disebut dengan referral traffic atau website yang disarankan oleh website lain.

  • Traffic Source
Adalah tipe traffic yang bersumber dari selain website, misalnya adalah game, aplikasi seluler ataupun komputer dan email. sumber dari traffic ini memang jarang sekali terjadi pada sebuah internet, akan tetapi traffic dari sumber ini juga tak kalah bersaing dengan traffic yang mengandalkan sebuah website.

  • Traffic Internal Source
Traffic ini paling banyak digunakan oleh seseorang developer untuk mengimbangi dan menguatkan kekuatan website mereka di mata pengunjung. kinerja dari traffic ini adalah menyediakan tautan yang bersumber pada website anda sendiri dan ditempatkan pada sebuah website tersebut, sehingga ketika ada seseorang yang mengklik link maka mereka akan berpindah ke tempat lain akan tetapi masih dalam website yang sama.

Perpindahan tempat yang masih sama website ini disebut dengan istilah lain bounce, dan apabila rating bounce anda semakin tinggi maka website anda semakin baik di mata pengunjung. akan tetapi apabila bounce rate anda rendah maka website anda semakin tinggi di mata search engine.

Apabila anda menargetkan untuk memastikan diri di halaman search engine posisi pertama maka anda harus memiliki Bounce Rate yang rendah, akan tetapi apabila anda memiliki konten yang menarik bagi pengunjung biasanya bounce rate anda tinggi.


Penyedia Analisis Traffic



Untuk mengetahui seberapa baik traffic anda maka anda dapat memasang kedua komponen penyedia layanan analisis traffic yang cukup terkenal ini di dalam website anda, yaitu :



Baca juga lainnya :



Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan di dalam artikel saya yang berjudulkan Traffic Source Website : Pengertian, Asal, Jenis Dan Cara Menganalisanya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang dasar dari traffic.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • visitor counter wordpress
  • visitor book format
  • visitor counter for blog
  • visitor counter php mysql
  • visitor experience
  • visitor epass
  • visitor e600 visa online applications
  • visitor extension
  • jumlah pengunjung website
  • cek pengunjung website




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments