Sunday, April 8, 2018

11 Macam Perangkat Hardware Input Device Pada Komputer Serta Penjelasannya Lengkap

11 Macam Perangkat Hardware Input Device Pada Komputer Serta Penjelasannya Lengkap




11 Macam Perangkat Hardware Input Device Pada Komputer Serta Penjelasannya Lengkap - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika sudah tahukah diluar kepala tentang apa saja hardware yang dianggap sebagai komponen Input Komputer ? Apabila sobat belum mengetahui maka dengan senang hati saya akan membagikan apa saja komponen yang dianggap sebagai input device untuk komputer. Hal ini perlu diingat karena dapat sobat gunakan untuk menyebutkan sebuah perangkat apabila ditanya seseorang, menghadapi ujian atau sedang di suruh membeli sebuah hardware baru untuk menggantikan hardware yang sudah rusak.

Ada banyak sekali alat input yang dapat kita ketahui, berdasarkan cara terhubungnya ada 2 yakni secara langsung dan menggunakan perantara. Adapun perangkat yang secara langsung biasanya bersifat universal yakni Mouse dan juga Keyboard. Sedangkan yang menggunakan perantara software untuk beroperasi adalah selain keduanya. Oke langsung saja kita menuju kedalam topik pembahasan tentang apa saja Hardware Input Device Komputer ?.

Hardware Input Device - Adalah salah satu komponen yang dapat menunjang kinerja komputer, pasalnya komponen umum atau utama komputer masih dasar dan apabila anda ingin mengfungsikan komputer untuk kegiatan tertentu anda yang terlepas dari hal umum biasanya akan membutuhkan suatu komponen tambahan komputer untuk memasukan perintah atau sebuah data kepada komputer anda misalnya : komputer kasir, komputer penyeleksi barang, komputer desai grafis dan lain sebagainya.

Perintah yang masuk biasanya akan berupa code yang dapat dimengerti oleh komputer, namun tenang saja karena biasanya perangkat input memakai sebuah software agar komputer sobat dapat menyesuaikan dengan perangkat sehingga perankat dapat bekerja secara optimal.

Lalu apa sajakah perangkat tersebut ? 

Berikut ini adalah Perangkat Hardware Input Device Komputer :

1. Mouse

Mouse merupakan perangkat yang wajib digunakan dan paling banyak digunakan bagi user yang memanfaatkan banyak klik sana dan klik sini misalkan : desainer grafis, gamers, dan mahasiswa. Komponen ini akan menggerakan cursor di dalam monitor kemana saja seperti yang diinginkan oleh user sendiri. Bentuknya yang mungil dan memiliki kabel kecil di ujungnya menjadikan benda ini sebagai tikus atau dalam bahasa inggris yaitu mouse.

Komponen ini memiliki 3 jenis perintah yakni scroll yang terletak di bagian tengah yang berguna untuk naik dan turun pada suatu halaman website, Klik kanan sebagai perintah pilihan lainnya, dan Klik kiri sebagai perintah untuk menyeleksi pilihan atau perintah langsung kepada objek tombol maupun titik tertentu.

Komponen ini biasanya langsung dihubungkan kabelnya kepada komputer sudah dapat digunakan langsung, dengan berkembangnya zaman di bidang perangkat mouse, mouse kini dikembangkan dengan cara wirelles yakni dapat digunakan tanpa adanya kabel sehingga anda tidak akan direpotkan dengan adanya kabel yang merepotkan. Akan tetapi kekurangan dari teknologi ini adalah harus menggunakan baterai sebagai daya penghantar untuk terhubung ke hotspot utama agar dapat berfungsi.

2. Keyboard


Keyboard merupakan salah satu perangkat masukan yang paling banyak digunakan para pengguna untuk memasukan perintahnya kedalam komputer, biasnya mereka adalah seorang yang banyak menulis yaitu : Pekerja kantor, Guru, Programmer dan lain sebagainya. Perangkat ini memiliki banyak huruf pada tombolnya dan setiap tombol tentunya memiliki kode biner tertentu yang hanya dapat dimengerti oleh komputer, komputer akan mengubah kode tersebut menjadi sebuah huruf atau simbol tertentu yang berbentuk ASCII kedalam tampilan monitor.

Seiring berkembangnya zaman, keyboard juga menyesuaikan era digital yang modern. Maka pabrik keyboard merancang trobosan baru yakni keyboard wirelles yang dapat digunakan di area tak berdekatan dengan komputer, selain itu tombolnya juga ditambah dengan fungsi yang biasanya ditujukan untuk seorang gamers agar betah bermain gamenya.

Dahulu tombol keyboard memang tidak nyaman ketika digunakan, akan tetapi sekarang tombolnya dapat dikatakan sangat baik sehingga apabila anda ingin menulis cepat sangat bisa sekali menggunakan keyboard terbaru.

3. Joystick

Joystick adalah perangkat sangat khusus yang ditujukan untuk user yang gemar sekali bermain game, tombol yang digunakan pada perangkat ini tidak terlalu meribetkan pengguna sehingga tidak membuat bingung pengguna dan tentunya akan lebih membuat pengguna nyaman didalam bermain game kesukaannya sendiri maupun bersama dengan orang lain.

Keunikan dari perangkat ini adalah menggunakan kontroller jenis analog yang dapat diguakan untuk sembarang arah secara 360 derajat. Joystick sendiri dapat di genggam oleh kedua tangan pada saat bermain.

Akan tetapi ada pula jenis Joystick yang hanya digenggam 1 tangan saja seperti perseneleng mobil, akan tetapi perangkat tersebut jarang sekali dipakai oleh gamer karena jenis Joystick yang biasanya dipakai dan beredar di toko atau pasaran adalah jenis genggam 2 tangan dengan 2 kontroller analog.

4. Light Pen


Light Pen adalah perangkat masukan komputer yang digunakan untuk membuat sebuah garis tertentu yang mana garis tersebut dapat kita gunakan sebagai desain, tanda tangan atau lain sebagainya yang dapat kita manfaatkan datanya. Light Pen memiliki ujung yang dapat membentuk garis dengan cara menggesekkan pen terbut kepada alat media khusus yang satu produk dengannya (biasanya 1 paket) yakni monitor input pen.

Ketikan anda mulai menggoreskan pen maka akan tercipta seperti anda sedang menulis didalam buku atau kertas, sehingga hal ini tentunya membuat anda tidak perlu menggerakan mouse dan menahan Klik kiri agar tercipta suatu garis. Karena Light Pen hanya dengan menggores saja anda sudah bisa mendapatkan input yang anda maksud.

Biasanya alat ini digunakan para desiner grafis kontuktor, model bentuk dan para pekerja lainnya yang bergerak dalam bidang desainer grafis.

5. Scanner


Scanner adalah sebuah perangkat yang dapat memindai sebuah dokumen atau gambar nyata menjadi sebuah dokumen atau gambar data. Ini biasanya anda perlukan saat anda ingin membuat sebuah data lagi yang serupa untuk kebutuhan tertentu anda. Misalkan anda ingin melengkapi persyaratan dengan melampirkan dokumen Kartu Keluarga, KTP dan SIM maka dengan menscan tersebut anda mendapatkan gambar pindaian berupa foto yang dapat anda lampirkan.

Scanner mendukung semua warna, sebelum menggunakan scanner pastikan kertas dokumen yang akan di pindai dalam keadaan kering bersih. Karena apabila kotor dan basah tersebut dapat menyebabkan perangkat bisa rusak seiring berjalannya waktu cepat ataupun lambat.

6. Barcode Reader

Barcode Reader adalah sebuah alat yang cukup tenar di kalangan pebisnis toko swalayan besar maupun kecil sudah menggunakan alat ini untuk memproses barang di tokonya. Karena perangkat ini dapat memasukan informasi barang yang sudah ditentukan sebelumnya, sedangkan setiap barang memiliki kode tertentu yang mana kode tersebut akan memberikan informasi pada komputer perbedaan setiap barang berdasarkan jenis dan harganya. Barcode diciptakan agar pembeli tidak dapat memanipulasi karena sulit dibaca oleh mata manusia dan dapat dikenali oleh barcode reader.

Barcode reader akan membaca barcode dan memasukan hasil yang sudah di scannya kedalam komputer berupa kode yang mana kode tersebut sudah ada informasi tentang produk tersebut. Hal ini lebih memudahkan para kasir atau penjaga gudang menghitung barang dan harga yang ada.

7. CD-ROM

CD-ROM adalah sebuah perangkat keras yang dapat membaca data yang ada didalam piringan lingkaran CD, data yang ada didalam piringan optic tersebut ter-enkripsi dan dapat dilihat oleh perangkat tertentu yakni CD-ROM. Bentuk CD-ROM adalah balok melebar dengan slot yang dapat keluar dan masuk yang berguna untuk memasukan CD disk kedalamnya.

CD-ROM akan membaca data berupa enkripsi tersebut kemudian mengonversikan data menjadi data komputer yang mana data tersebut dapat dilihat oleh user melalui komputer tersebut seperti layaknya data biasanya yakni gambar, dokumen, video dan berkas pada umumnya. CD-ROM akan membaca disket dengan cara memutarkan piringa disket.

8. Modem

Modem adalah kepanjangan dari Modem Demodulator, merupakan sebuah perangkat keras yang digunakan untuk kebutuhan jaringan. Modem adalah perangkat yang dapat mengambil sebuah data yang dimiliki oleh SIM Card untuk digunakan didalam komputer layaknya handphone berinternetan. Akan tetapi tak hanya itu saja, karena Modem ternyata dapat digunakan untuk SMS juga layaknya handphone. Akan tetapi modem masih belum bisa dapat digunakan untuk telpon kepada nomor lain karena terbatasnya komponen didalam modem.

Akan tetapi hal tersebut tidak membuat para user mengeluh, karena fungsi utama dari modem adalah sebagai media data networking internet.

9. Touch Pad


Touch Pad adalah perkembangan dari mouse, touch pad biasanya berada pada komponen laptop. Touchpad memiliki sensor khusus yang dapat mendeteksi gerakan jari diatas permukaan touchpad sehingga tidak membutuhkan gerakan jauh layaknya mouse dengan cara menggeser-geser tangan dan ini jelas akan memakan sedikit beberapa ruang. Sedangkan untuk touch pad tidak demikian, karena hanya jari kita yang bergerak maka cursor akan mengikuti gerakan perintah jari kit diatas permukaan cursor.

Kekurangan dari komponen ini adalah sangat sensitif sekali dengan benda yang kasar, karena mengingat permukaan touch pad yang halus dan khusus untuk jari manusia.

10. Webcam

Webcam adalah salah satu media input video grafik yang dapat merekam aktivitas didepan komputer, meski kebanyakan laptop sudah disediakan kamera depannya akan tetapi kualitas webcam tidak dapat diragukan lagi. Webcam lebih baik dalam merekam video dan dapat menghasilkan resolusi yang tinggi.

Webcam juga memiliki ukuran yang mungkil dan ditengahnya terdapat kamera utama untuk merekam aktivitas yang dimaksud. Beratnya juga sangat ringan sehingga memudahkan kita untuk membawanya kemanapun kita mau.
Selain itu kamera Webcam ini juga dapat kita fungsikan sebagai CCTV murah dirumah kita untuk berjaga-jaga dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

11. Microphone

Microphone adalah perangkat keras yang difungsikan untuk memasukan input suara pada komputer, perangkat ini dapat menunjang proses editing suara didalam file, alat untuk acara tertentu, media komunikasi dengan player gamer lainnya dan sebagainya.

Sebuah suara memang memiliki kode tertentu agar dapat direkam dan dijadikan data yang bisa diputar kembali sewaktu-waktu. Berdasarkan kinerja terbentukany suara adalah suara yang dikeluarkan oleh manusia akan masuk melalui perangkat ini dan diproses menjadi banyak kode tertentu dan direkam oleh komputer, setelah direkam dan dimiliki data kode maka kode tersebut akan dibentuk menjadi data suara yang dapat dikeluarkan melalui output seperti layaknya suara aselinya dengan mengubah kode tersebut menjadi kode yang difahami perangkat output misalnya speaker maupun headset.


Perangkat diatas mungkin akan terus bertambah sesuai dengan berkembangnya zaman, akan ada penemuan baru pabrik pembuat perangkat demi mencukupi kebutuhan yang dibutuhkan oleh para user didalam penggunaan komputer sebagai penunjang pekerjaan mereka.


Baca juga lainnya :



Itulah yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan 11 Macam Perangkat Hardware Input Device Pada Komputer Serta Penjelasannya Lengkap.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui perangkat input komputer itu apa saja.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • input devices
  • input device dan output device
  • input device and output device
  • input device computers
  • input device digital camera
  • usb input device driver
  • input device define
  • input data
  • Input
  • input data adalah
  • input audio
  • input box
  • input checkbox
  • input data spss




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments