Monday, April 9, 2018

Apa Itu Mata Uang Virtual Bitcoin ?

Apa Itu Mata Uang Virtual Bitcoin ?




Apa Itu Mata Uang Virtual Bitcoin ? - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika apakah sudah banyak yang mengenal tentang mata uang Virtual Bitcoin ini ? kebanyakan dari orang awam tidak mengetahui tentang istilah Bitcoin, ya memang dikarenakan bentuk bitcoin ini yang virtual dan berada diinternet menjadikan banyak orang tidak mengetahui keberadaannya serta berhati-hati dengan uang aseli mereka dan takut untuk menggunakan bitcoin.

Uang virtual ini mulai populer pada tahun 2009 didunia internet, pada tahun tersebut ada beberapa pengusaha menggunakannya, seiring berjalannya waktu maka penggunaannya semakin meningkat dengan adanya pengguna dari beragam jenis pekerjaan maupun jabatan yang didalam menginvestasikan uangnya tidak main-main hingga ratusan juta.

Apa Itu Bitcoin - Bitcoin mulai dikenalkan pada masyarakat umum di dunia internet pada tahun 2009, pada awalnya hanya segelintir orang saja yang menggunakannya dan harganya pada tahun tersebut terbilang sangat murah sekali. Bitcoin tercipta dari adanya kriptografi kode-kode yang sangat rumit baik pengkodean, aritmatika maupun struktur bahsanya yang tentunya hal ini hanya dapat diciptakan oleh mesin komputer.

Bitcoin terlahir awal mulanya pada tahun 2007 yang mana seorang ahli komputer yang berasal dari Jepang bernama "Satoshi Nakamoto" ingin membuat sebuah terobosan baru tentang mata uang digital yang tidak terikat oleh badan pemerintah dan negara manapun. Dan selama 2 tahun tersebut perkembangannya sudah menemui titik akhir yang membuat bitcoin sudah siap untuk dipublikasikan di media internet, maka dikenalkanlah mata uang Bitcoin pada tahun 2009.

Akan tetapi beberapa ahli menyatakan bahwa cerita tersebut adalah bualan fiktif untuk meyakinkan pengguna internet agar tidak menimbulkan persepsi yang tidak-tidak, mengingat asal-usul cerita bitcoin terlepas dari penguasaan pemerintah. Dan dikabarkan oleh seorang ahli bahwa terobosan Bitcoin mata uang virtual ini yang dibuat orang orang tertentu adalah untuk mendapatkan keuntungan didalam internet dalam jumlah yang kecil namun berlipat apabila pengguna berani membayar "fee(biaya)" per-transaksinya, meski ada pula yang gratis.

Meski demikian, hingga kini sudah terbukti makin banyaknya pengguna yang menggunakannya dari berbagai kaum sampai merambah ke negara indonesia. Dan ini membuat warga netizen sama memperbincangkan bitcoin dan memperjualkan baik didalam forum, media sosial ataupun grup online.


Penyebaran Bitcoin


Mata uang virtual bitcoin sudah tersebar di banyak negara sehingga tak heran apabila bitcoin sudah banyak digunakan banyak user, akan tetapi ada beberapa negara yang menolak keberadaan bitcoin seperti negara China dan Singapura. Negara tersebut menolak keberadaan mata uang virtual tersebut dikarenakan sistemnya yang tidak memiliki jaminan sehingga sudah pasti tidak aman apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti pencurian atau kerugian saldo bitcoin. Selain itu negara tersebut juga khawatir hal itu akan mengurangi tingkat transaksi perbankan di negara dan warga lebih gemar transaksi bitcoin, maka itu akan menyebabkan negara tidak menerima asupan dana dari masyarakat. Tentunya hal tersebut akan mengganggu kestabilan keuangan suatu negara.


Harga Bitcoin


Bitcoin pada mulanya diperkenalkan pertama kali diberikan secara gratis kepada pengguna yang berminat untuk mencobanya, selain bertambahnya pengguna yang membeli Bitcoin maka tentunya Bit akan semakin berkurang, dan ini menyebabkan coin semakin sulit ditemukan oleh komputer dan mengakibatkan harga naik begitu pula sebaliknya apabila banyak pengguna yang menjual aset bitcoin miliknya.

Hingga sekarang ini, harga bitcoin sudah mencapai angka terbesar adalah $2250 atau sekitar Rp. 250 juta rupiah per bitcoinnya. Angka tersebut dirasa sangat fantastik mengingat perkembangan bitcoin dari 2009 sampai dengan sekarang tidak kurang dari 15 tahun sudah mencapai angka sedemikiannya.

Penggunaan Bitcoin di berbagai negara kian waktu terus meningkat di berbagai negara yang asal mulanya 21 juta Bitcoin kini menjadi 50 juta Bitcoin lebih.


Kelebihan Dan Kekurangan Bitcoin


Kelebihan dari Bitcoin adalah penggunaanya yang mudah dan cepat menyebabkan transaksi lebih cepat dan tak memakan waktu, selain itu anda dapat bertransaksi tanpa dibebankan biaya seperti halnya perbankan memberlakukan biaya per-transaksinya. Bitcoin juga tidak memperlihatkan pengguna atau pemilik dari walet, sehingga apabila alamat bitcoin anda dicari maka data diri anda tidak akan muncul alias aman identitas pemilik bitcoin.

Sedangkan kekurangannya adalah tidak adanya jaminan atas kepemilikin bitcoin, sehingga pabila suatu saat bitcoin sudah benar-benar tidak dipercayai masyarakat dan pengguna sama meninggalkan bitcoin, maka uang anda yang ada didalam bitcoin bisa saja tidak ternilai sangat rendah dari nilai awal anda membelinya bahkan tidak ternilai sekalipun. Minimnya jaminan ini perlu menjadikan pertimbangan bagi anda sebelum menggunakan bitcon sebagai mata uang virtual anda.


Dengan adanya bitcoin, banyak sekali perubahan didalam kehidupan baik secara keuangan finansial maupun metode keuangan suatu negara. Ada yang dipergunakan sebagai media transaksi bisnis online, ada pula yang digunakan untuk investasi jangka panjang, ada pula yang digunakan untuk pembayaran game maupun jasa dan lain sebagainya.
Namun, tak jarang pula ada beberapa orang yang menyalahgunakan untuk kegiatan melanggar hukum mengingat tidak ada informasi diri didalam bitcoin.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Apa Itu Mata Uang Virtual Bitcoin ?.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang bitcoin mata uang virtual.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • mata uang abu dhabi
  • mata uang cambodia
  • mata uang kanada
  • blockchain explorer
  • blockchain doge
  • blockchain unconfirmed
  • blockchain capital
  • Bitcoin Pools




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments