Thursday, April 12, 2018

Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Shell ?

Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Shell ?




Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Shell ? - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika tahukah kalian dengan istilah Shell pada sistem operasi komputer ? namun bukan shell untuk nebas index yah gaes... akan tetapi sebuah komponen penting yang dimiiki oleh sistem operasi sehingga hal ini dikatakan sangat penting bagis Operating System sobat dan tidak merugikan pihak manapun seperti shell script.

Sobat yang sudah mendalami atau paham tentang operasi sistem dan atributnya mungkin sudah mengenal apa itu shell, namun buat sobat yang belum mengenalnya maka artikel ini sangat cocok bagi sobat untuk memperluas pengetahuan. Simak ya sobat artikel saya dibawah ini untuk mengetahuinya,

Shell - adalah sebuah program yang berguna untuk menerjemahkan perintah user agar dimengerti oleh sistem, sehingga komponen ini dapat menjembatani user dengan sistem dalam bekerja. pada umumnya shell menggunakan perintah user sebagai media untuk menjalankan perintah kedalam system yang mana dapat dilakukan oleh pengguna yang mengerti bahasa command shell.

Pada sebuah sistem operasi user bisa dapat melakukan banyak perintah didalam menggunakan komputer, maka user tidak akan terlepas dari perintah pada shell. Selain itu shell juga dapat difungsikan untuk perintah dasar maupun perintah luar yang dapat membuat dokumen, menjalankan sebuah file dan lain sebagainya.

Pada sistem Linux shell dikenal dengan Shell, kalau di dalam sistem windows sendiri shell dikenal dengan command promt dan shell (dikarenakan windows memiliki CMD dan dapat menjalankan Shell melalui aplikasi khusus).

Pada sebuah kinerjanya agar membuat sobat paham maka berikut ini adalah kinerjanya :

User > Shell > Kernel > Output

Maka, ketika user melakukan sebuah perintah kepada Shell pada waktu itu juga shell akan menyampaikannya pada kernel sebelum di proses kepada output.

Untuk tampilan shell adalah sebagai berikut ini :

  • Windows

  • Linux

Apabila sobat masih bingung maka analoginya seperti berikut ini :
Sobat menulis surat (User) untuk si A dan si B, dan sobat menaruhnya kedalam kotak surat (Shell), kemudian pihak kantor pos (Kernel) akan mengirimnya kepada si A dan si B yang sobat tulis sebelumnya. dan setelah sampai pada si A (Internal) dan si B (Eksternal) maka surat akan dibuka secara otomatis oleh mereka (Output).


Bagaimana ?
Mengerti bukan ?


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Shell ?.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Shell System Operasi.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • Shell Command
  • shell commands
  • shell command linux
  • shell command windows
  • shell commands in linux




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments