Thursday, April 19, 2018

Apa Itu Yang Dimaksud LAN (Local Area Network) Lengkap

Apa Itu Yang Dimaksud LAN (Local Area Network) Lengkap




Apa Itu Yang Dimaksud LAN (Local Area Network) Lengkap - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika mungkin ada beberapa yang sudah mengetahui tentang LAN ? LAN kebanyakan dianggap sebagai jenis dari kabel yang digunakan pada jenis jaringan ini. Selain itu jenis jaringan ini kebanyakan digunakan oleh Warnet.

Lalu apa yang disebut dengan LAN itu?

Berikut ini artikel yang menjelaskan tentang LAN,

LAN - adalah singkatan dari Local Area Network, jenis jaringan ini lebih aman karena menggunakan kabel ketimbang jenis jaringan infrastruktur yang tidak memakai kabel alias non-wired. Jenis jaringan ini bisa menggunakan berbagai jenis kabel yang mendukung jaringan tentunya, kabel yang digunakan biasanya adalah :
  • Kabel POE
  • Kabel UTP
  • Kabel Fiber Optic
  • dll


Dengan menggunakan kabel maka tidak akan ada pihak yang menyadap secara langsung, karena untuk mengakses jaringan harus menembus komputer utama atau menggunakan kabel jaringan. Berbeda dengan jenis jaringan infrastruktur yang dapat dibobol hanya dengan menggunakan password untuk terkoneksi ke titik point. Meski demikian pula anda juga harus mengeluarkan biaya ekstra untuk installasi jenis jaringan ini, karena akan membutuhkan kabel yang jumlah mapun panjangnya sesuai dengan ukuran ruangan yang anda pakai dan juga jumlah komputer yang ada.

Jenis jaringan ini dapat berinteraksi dengan pengguna yang sama terhubung di jaringan yang sama. Namun apabila terjadi gangguan atau tidak sedang terhubung maka jangan harap bisa berkomunikasi dengan komputer tersebut.

Untuk menghubungkan semua perangkat biasanya para kabel akan disambungkan dengan menggunakan Hub/Switch agar saling terhubung.

Berikut ini adalah kelebihan dan juga kekurangan dari penggunaan jenis jaringan LAN :


Keunggulan


  • Aman
Jenis jaringan LAN adalah jenis paling aman karena sifatnya yang lokal, karena memustahilkan orang lain menyelinap kedalam jaringan anda secara yang anda gunakan adalah kabel untuk terhubung.

  • Arus Data Stabil
Karena perantara kabel maka dapat dipastikan loss koneksi anda sangat minim, karena menggunakan perantara seperti tembaga untuk media komunikasi. Akan jauh lebih stabil apabila anda menggunakan teknologi terbaru yakni Fiber Optic. Jadi penggunaan data bisa lebih hemat.


Kekurangan


  • Biaya
Untuk installasi jenis jaringan ini maka anda dibutuhkan biaya yang tidak sedikit karena untuk kebutuhan pengkabelan, perawatan, perangkat keras pendukung dan lain sebagainya.

  • Diam Ditempat
Jenis jaringan ini banyak dipakai untuk komputer yang menetap di satu tempat, sehingga untuk laptop dan handphone tidak disarankan memakai jaringan ini. Akan tetapi bukan berarti tidak boleh.

  • Membutuhkan Keahlian
Untuk menginstall jenis jaringan ini maka dibutuhkan keahlian, karena apabila dalam penginstallan tidak dibekali keahlian maka kesalahan sedikit saja dapat menyebabkan komputer tidak dapat tersambung dengan baik. misalnya adalah urutan warna kabel, perangkat yang digunakan, settingan IP dan lain sebagainya.

Berbeda dengan jenis infrastruktur yang memungkinkan para perangkat terhubung dengan menyambungkan ke titik akses server yakni Access Point.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Apa Itu Yang Dimaksud LAN (Local Area Network) Lengkap.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang apa itu yang dinamakan dengan LAN atau Local Area Network.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • lan and wan
  • lan calculator
  • lan dan wan
  • lan driver windows 10
  • lan fix




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments