Saturday, April 28, 2018

Apa Itu Yang Disebut Dengan Dalvik Cache Pada Android ?

Apa Itu Yang Disebut Dengan Dalvik Cache Pada Android ?




Apa Itu Yang Disebut Dengan Dalvik Cache Pada Android ? - JOKAM INFORMATIKA

Bagi sobat Jokam Informatika pastinya tidak mengenal betul tentang apa itu yang dimaksud dengan istilah Dalvik Cache. Karena istilah ini tidak banyak di teliti semua orang karena menyangkut hardware atau sebuah metode pembaca berkas didalam suatu perangkat keras seperti Handphone. Maka dari itu kita akan sama-sama membahas apa itu yang dinamakan Dalvik Cache Android.

Simak artikel dibawah ini untuk mengetahuinya,

Dalvik Cache - Merupakan sebuah metode yang digunakan perangkat seluler untuk membaca Cache sebuah aplikasi,

Apa itu Cache ?
Baca selengkapnya Disini :

Sebuah aplikasi android pada umumnya memiliki ektensi file ".apk" dan aplikasi itu dianggap android sebagai paket lengkap untuk kebutuhan menjalankan aplikasi, sedangkan didalam Komputer kita kenal dengan istilah paket ".zip atau .rar" mereka sama berfungsi menyimpan file penting yang berguna bagi pengguna dan file tersebut dalam keadaan terbungkus oleh kompress winrar. Sehingga apabila paket tersebut baik Android ataupun Komputer diuraikan (Android = Diinstall, Windows = Ekstrak) maka akan keluarlah isi dari paket tersebut berupa file.

Pada windows, kita dibebaskan menempatkan file sesudah terkestrak sesuai keinginan kita baik di folder yang sama atau berbeda. Akan tetapi utuk android diberlakukan penempatan khusus setelah aplikasi paket terinstall maka akan disimpat di tempat tertentu dan kita tidak dapat mengubah settingan penyimpanan tersebut (Biasanya ditempatkan pada sistem Root) sehingga hal ini menghindari seseorang yang ingin usil dengan aplikasi anda seperti menghapus beberapa fungsi atau mengubah source aplikasi.

Setelah diekstrak pada windows, dan Android aplikasi terinstall maka kita dapat menggunakan file yang sudah terekstrak/terinstall seperti biasanya dengan cara membuka aplikasi install-an atau file ekstrak-an. Sehingga apabila kita ingin menggunakan aplikasi atau file kembali maka kita tidak perlu menginstall paket atau mengestrack kembali, karena semuanya sudah dilakukan sebelumnya dan tinggal menggunakan saja.

Sedangkan Dalvik Cache berfungsi untuk membaca Cache yang sudah tersimpan didalam handphone didalam Root yang berektensi ".dex"

Sehingga setelah penggunaan dan sebelum menggunakan aplikasi maka dalvik cache membaca file tersebut didalam root untuk keperluan penggunaan. File ini biasanya tersimpan didalam folder "/data/dalvik-cache" dan sobat dapat memeriksanya dengan menggunakan aplikasi file manager yang mendukung untuk memasuki direktory root. Karena letaknya berdekatan dengan root maka file cache dapat terbaca dengan cepat, dan proses ini difungsikan untuk menjembatani antara layer applikasi dengan Sistem operasi perangkat.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Apa Itu Yang Disebut Dengan Dalvik Cache Pada Android ?.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Dalvik Cache.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments