Saturday, April 28, 2018

Bootloader Android : Pengertian, Kenapa Terkunci Dan Jika Terbuka

Bootloader Android : Pengertian, Kenapa Terkunci Dan Jika Terbuka




Bootloader Android : Pengertian, Kenapa Terkunci Dan Jika Terbuka - JOKAM INFORMATIKA

Bagi sobat Jokam Informatika pastinya sudah tidak asing apabila kalian sering sekali mengotak-atik sistem Android. Hal ini akan kalian jumpai saat mengotak-atik handphone dengan tujuan untuk Root handphone bukan?, selain itu sobat juga akan menjumpai apa itu istilah TWRP, CWM, Fastboot, Flash dan Lain sebagainya. Akan tetapi mimin akan membahas tentang "Bootloader" yang tentunya kerabat dari mereka semua.

Oke langsung saja simak artikel dibawah ini,

Bootloader - dalam metode sistem operasi, Bootloader difungsikan pada saat sistem operasi handphone sudah mulai berjalan. Sistem ini sudah diakui dan cukup membantu sehingga sudah dipercaya untuk ditanamkan pada sistem operasi baik Handphone, Laptop, Komputer maupun perangkat elektronik lainnya yang memakai OS(Operating System).

Pada umumnya Bootloader adalah packet penunjuk untuk booting kernel OS dan kebanyakan dari mereka memiliki debuging modifikasi sendiri-sendiri, Selain itu untuk cara membukanya setiap perangkat pastinya berbeda tergantung pabrik pembuatnya. Fungsi lain Bootloader adalah melindungi perangkat dari penyalahgunaan yang mengakibatkan ketidak berfungsiannya sistem operasi secara normal, hal ini bisa disebabkan karena menginstall applikasi, paket, Custom ROM, dan lain sebagainya yang dapat merusak sistem operasi. Nah, Bootloader tersebut dapat menangani gangguan tersebut apabila Bootloader dalam keadaan masih Lock atau "Terkunci", sedangkan apabila Bootloader dalam keadaan Unlock atau "Terbuka" maka pengguna sudah atau dapat dibebaskan mengakses sampai terdalam device tersebut yaitu termasuk mengotak-atiknya Namun, pengguna harus sadar dampak dan resiko yang akan timbul apabila terjadi kesalahan penggunaan.

Karena tak sedikit orang yang ingin mengotak-atik handphone miliknya sehingga pihak pembuat handphone menyodorkan sebuah opsi dalam bentuk Bootloader sebagai persetujuan dan perlindungan. Pengguna yang ingin bebas menggunakannya karena merasa seluler mereka yang memiliki OS Android adalah sebuah sistem yang Open Source alias (semua orang berhak mendalami/memodifikasi), mereka pun memilih mengekplorasi sistem dengan setuju knsekuensi kerusakannya.

Bootloader Terkunci (Lock Bootloader)

Sebuah pabrik perangkat yang bergerak dalam hal ini memiliki sebuah metode yakni dengan mengunci Bootloader device maka dapat dipastikan seseorang pengguna tidak akan bisa berpindah ROM atau mengotak-atik perangkatnya, Maka pengguna mau tidak mau harus menggunakan Sistem operasi yang sudah terpasang tersebut. Akan tetapi bukan berarti tidak ada cara mengakali dengan cara bypass, flash unlock, dll. Namun perlu diingat bahwasannya apabila Bootloader sudah terbuka maka garansi tidak akan berlaku, keamanan perangkat menurun, dll sebagainya.

Bootloader Terbuka (Unlock Bootloader)

Akan tatapi keuntungan yang anda dapatkan adalah anda dapat menginstall ROM sesuka anda, dapat mengeksplorasi sistem, mendapatkan akses untuk root, dll sebagainya. Metode pada setiap perangkat masing-masing prodak tentu berbeda-beda didalam membuka Bootloader, maka dari itu sobat bisa mencari cara untuk membuka Bootloader sesuai spesifikasi handphone sobat di Search Engine seperti Google, Yahoo Search dan Bing.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Bootloader Android : Pengertian, Kenapa Terkunci Dan Jika Terbuka.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Bootloader.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • bootloader huawei
  • bootloader linux
  • burn bootloader arduino uno
  • bootloader code huawei
  • bootloader unlock allowed no




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments