Monday, April 9, 2018

Bounce Rate : Pengertian, Manfaat Dan Cara Menghitunya Lengkap

Bounce Rate : Pengertian, Manfaat Dan Cara Menghitunya Lengkap




Bounce Rate : Pengertian, Manfaat Dan Cara Menghitunya Lengkap - JOKAM INFORMATIKA

Bagi sobat Jokam Informatika tentu sangat asing dengan Bounce Rate apabila sobat bukan ahli website, karena pada dasarnya pengertian Bounce Rate adalah bagian dari website developer dan analisis. Oleh karena itu saya disini akan membagikan sebuah pengetahuan, yang mana mungkin apa yang sudah saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi sobat meski sobat sendiri bukan seorang website analisis, setidaknya sobat dibekali banyak ilmu lebih baik daripada tidak sama sekali yakan sobat...?

Sobat, pernahkan... Sobat berkunjung pada sebuah website entah dari google atau dari website langganan sobat sendiri ? sekali kalian mengunjungi maka bounce rate akan tercipta dari kunjungan para pengunjung yang tetap membaca atau memilih meninggalkan website dengan cara menutup tab tersebut.

Lalu seperti apakah Bounce Rate itu ? 

Simak artikel dibawah ini untuk mengetahuinya secara lengkap,


Bounce Rate - adalah presentase kunjungan pengunjung yang pernah menginjakan kakinya pada website anda, besar kecilnya bounce tergantung dari pantulan pengunjung dari website anda.


Bounce Rate Tinggi


Keadaan ini terjadi apabila pengunjung dalam 1x24 jam hanya mengunjungi 1 halaman milik anda, baik itu halaman utama atau halaman artikel milik anda. Setelah itu pengunjung akan menekan back atau menutup halaman anda. Inilah yang menjadi penyebab mengapa bounce rate anda naik, karena pengunjung unik hanya mengunjungi satu halaman anda lalu mereka memantul ke website lain.

Oleh karena itu hal ini dikatakan Bounce alias "Pemantulan".


Bounce Rate Rendah


Bounce rate dikatakan tidak terhitung apabila pengunjung tidak menutup halaman yang mereka kunjungi sehingga sampai mereka mengunjungi halaman lain akan tetapi masih dalam satu website yang sama, karena hal ini bukan pantulan ke website lain melainkan masih berkunjung di website yang sama maka hal ini terhitung sebagai kunjungan biasa. Dan apabila dihitung maka bilangan kunjungan biasa dapat menurunkan jumlah presentase bounce rate pabila pengunjung anda gemar berpindah halaman namun masih di lingkup website anda sendiri.


Apa Manfaat Bounce Rate ?


Bagi seseorang yang awam dan tidak berkecimpung pada dunia website analisis atau periklanan, mungkin akan tidak peduli besar atau kecilnya presentase dari Bounce Rate. Namun bagi mereka yang melakukannya, Bounce rate sangat berpengaruh pada kelangsungan website dan potensi yang timbul pada website mereka.

Berikut ini adalah manfaat bounce rate :

Bounce Rate Tinggi - Presentase bounce rate yang tinggi adalah hal yang tidak baik dan juga tidak buruk, namun perlu diketahui bahwa apabila bounce rate anda tinggi maka pihak pengiklan akan memilih website anda dan berani membayar anda dengan harga yang tinggi. Kenapa ? karena tingkat pantulan website anda tinggi, sedangkan faktor di tutupnya halaman anda disebabkan banyak faktor diantaranya adalah pengunjung sudah merasa terbantu atas solusi website anda. Website pemilik bounce tinggi biasanya adalah website berjeniskan keilmuan(tutorial, pengetahuan, dll) dan juga situs download.

Bounce Rate Rendah - Presentase bounce rate yang rendah adalah hal yang sangat baik, presentase ini banyak diidolakan oleh para website administrator dalam membuat sebuah website. Maka dengan predikat presentase yang rendah maka dipastikan website anda cukup menarik minat para pengunjung untuk membaca lebih banyak lagi. Biasanya website yang memiliki Bounce rate rendah adalah website berita, ulasan dan cerita.


Cara Menghitung Bounce Rate


Pada umumnya untuk menghitung bounce rate memang tidak perlu dilakukan penghitungan, karena ada banyak sekali situs dan salah satunya adalah Google Analytics yang menyediakan jasa secara gratis yang menunjukan informasi data website anda baik ranking, bounce rate, harga estimasi, pengunjung unik periode tertentu dan lain sebagainya. Namun, tentunya bagi anda ingin sekali mengetahui kinerja dari penghitungan bounce rate website sendiri secara manual bukan ? anda dapat melakukannya dengan cara bantuan kalkulaor atau manual dengan cara berikut ini :

Bounce Rate = (Total kunjungan 1 halaman : Total kunjungan semua halaman) x 100

Maka, apabila website anda mendapatkan total kunjungan 1 hari 100.000, lalu total kunjungan yang hanya 1 kali membuka website anda lalu menutupnya dan tidak melanjutkan ke halaman lain berjumlah 60.000.

Sehingga diketahuilah bahwa,
Total kunjungan 1 halaman : 60.000
Total kunjungan semua halaman : 100.000

Bounce Rate = (60.000 : 100.000) x 100
Bounce Rate = 0.6 x 100
Bounce Rate = 60% (Perhari)

Maka dapat disimpulkan bahwa bounce rate website anda adalah = 60% Perhari


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Bounce Rate : Pengertian, Manfaat Dan Cara Menghitunya Lengkap.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Bounce Rate.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • Bounce Rate
  • bounce rate google analytics
  • bounce rate checker
  • bounce rate analytics
  • bounce rate average
  • bounce rate checker tool
  • bounce rate explained




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments