Thursday, April 19, 2018

GUI (Graphical User Interface) : Pengertian, Sejarah, Keunggulan Dan Kekurangannya

GUI (Graphical User Interface) : Pengertian, Sejarah, Keunggulan Dan Kekurangannya




GUI (Graphical User Interface) : Pengertian, Sejarah, Keunggulan Dan Kekurangannya - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika yang tidak terjun di dunia IT pastinya sangat awam dan asing dengan istilah GUI, karena ini biasanya di jelaskan hanya pada seseorang yang sedang belajar Sistem Operasi Komputer. Jenis GUI ini adalah perkembangan dari sistem operasi agar para pengguna dapat dengan nyaman menggunakan komputer mereka baik bermain game, melihat video, melihat gambar dan lain sebagainya. Selain itu pengguna dari komputer lebih banyak dari mereka diabawah 25 tahun sehingga mereka akan lebih menyukai tampilan yang menarik dan elegan.

Dengan adanya perkiraan minat tersebut maka pihak salah satu pengembang sistem operasi bernama Microsoft membikin sebuah sistem operasi untuk komputer. Dan fantastik, penggunaan Windows mulai disukai masyarakat pengguna komputer dan mereka berpendapat bahwa penggunaannya yang mudah (tidak ribet), nyaman di pandang, menarik dan kompatible dengan banyak perangkat.

Lalu, Bagaimanakah sejarah lahirnya GUI(Graphical User Interface) ? 
Dan, Apa saja keunggulan dan kekurangannya ?

Baca seelengkapnya artikel dibawah ini untuk mengetahuinya,

GUI - adalah kepanjangan dari Graphical User Interface, yakni antarmuka grafis pada output monitor. Metode ini mulai di kembangkan pada sistem komputer generasi ke-4 dikeluarkan ke pemasaran. Hal ini berbarengan dengan keluarnya TV tabung berwarna hitam-putih. Pada pembuatannya memanfaatkan teknologi kartu grafik video.

GUI adalah salah satu media virtual visual yang dapat menjadikan gambar tertentu maupun klik di bagian tertentu menjadi sebuah perintah yang menggerakan Operasi Sistem. Sehingga pengguna tidak membutuhkan perintah tertentu yang biasa dilakukan pada Sistem Operasi berjeniskan CLI(Command Line Interface) menggunakan teks pada Shell. Sehingga dengan adanya GUI tersebut maka pengguna tidak harus mengingat beberapa perintah seperti pada CLI yang mana perintah tersebut beranekaragam, tentunya anda tidak dapat mengingat semua bukan ? namun, kebanyakan orang dapat mengingat harus mengeklik bagian mana saja pada komputer karena GUI memang nyatanya lebih memudahkan user didalam menggunakan komputer.


Sejarah GUI


Awal mula GUI lahir memiliki tahapan yang rumit, karena pada waktu dahulu penggunaan komputer harus menggunakan perintah menggunakan keyboard saja, dan monitor sebagai output tulisan tersebut. Tidak ada gambar yang menarik seperti sekarang ini sedikitpun karena dahulu memang teknologi masih sangat minim karena hardware yang belum terlalu mumpuni. Hal ini berlaku untuk berbagai program yang ingin berjalan tak terkecuali. Tentu saja ini dirasa oleh banyak pengguna maupun pihak pengembang sangat tidak praktis, merepotkan dan tidak canggih. Maka dari itu para pengembang Sistem Operasi pada waktu itu ingin agar penggunanya yang tidak ahli(awam) juga turut mengoperasikannya tak hanya orang IT yang ahli saja.

Maka, hal itu melahirkanlah Sistem Operasi yang digadang bernama GUI tersebut. Sistem operasi pertama kali yang mengembangkan metode GUI adalah peroduksian perusahaan terkemuka Apple yakni MachintOs, OS ini menjadi pelopor sistem operasi lainnya untuk turut bersaing dan mengembangkan OS GUI versi masing-masing. Maka, sekarang kita dapat menjumpai banyak sekali OS yang menggunakan metode GUI. Akan tetapi ini bukan salah satu metode wajib karena meski demikian masih ada juga penggemar CLI yakni hanya menggunakan perintah Shell, karena ini dirasa oleh mereka menantang dan membuat mereka menjadi pribadi yang cerdas serta tidak manja(instant) karena mereka menyukai proses. Hal ini tidak terlalu menjadi masalah yang besar karena pengguna bebas menentukan cara mereka dan selera.

Selain itu, metode ini juga sudah mulai digunakan oleh produk seluler handphone maupun gadget. Selain gadget, penggunaan GUI sudah mulai digunakan pada perbankan untuk memudahkan pengguna perbankan sehingga nasabah hanya perlu memasukan nominal mereka tanpa harus memasukan perintah untuk melakukan transaksi.


Keunggulan GUI


Ditinjau dari kinerjanya GUI memiliki keunggulan yang dapat anda ketahui diantara lain adalah :
  1. Tampilan Menarik
  2. Memudahkan Pengguna Dan Tidak Merepotkan
  3. Dapat Menampilkan Data Grafik (Video, Game, Gambar dll)

Kekurangan GUI


Ditinjau dari kinerjanya GUI memiliki kekurangan yang dapat anda ketahui diantara lain adalah :
  1. Lebih Berat Prosesnya
  2. Boros Daya
  3. Menjadikan Pengguna Pemalas


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan GUI (Graphical User Interface) : Pengertian, Sejarah, Keunggulan Dan Kekurangannya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang GUI(Graphical User Interface).
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments